Selasa, 25 Januari 2022 / 21 Jumadil Akhir 1443 H

Kesehatan

Usia Bertambah, Tetap Lakukan Pola Hidup Sehat

Antara
Aktif berolah raga merupakan bagian dari cara hidup sehat.
Bagikan:

STUDI terbaru dari Northwestern Medicine menyebutkan, orang dewasa berusia 30 dan 40 tahunan yang tak lagi melakukan pola hidup tak sehat, dapat membalikkan perkembangan alami penyakit arteri koroner mereka.

“Belum terlambat. Jika saat muda Anda melakukan kebiasaan yang tak sehat, bukan berarti Anda sudah tamat. Anda masih bisa membuat perubahan yang bermanfaat bagi jantung,” ujar ketua penelitian Bonnie Spring, seperti dilansir siaran pers Northwestern University.

Para ilmuwan juga menemukan, orang yang berhenti melakukan kebiasaan sehat lalu beralih ke kebiasaan yang lebih buruk seiring bertambahnya usia mereka, maka akan mengalami kerugian yang terukur atas kondisi arteri koroner.

“Jika Anda tidak mengikuti gaya hidup sehat, Anda akan melihat bukti-bukti risiko penyakit jantung,” kata profesor kedokteran preventif di Northwestern University Feinberg School of Medicine itu.

Para ilmuwan meneliti perilaku gaya hidup sehat, klasifikasi, dan penebalan arteri koroner pada lebih dari 5.000 orang partisipan.

Para partisipan ini terlibat dalam studi Coronary Artery Risk Development in Young Adults (CARDIA).

Studi dilakukan saat partisipan berusia 18 hingga 30 tahun, dan dilakukan kembali pada 20 tahun setelahnya.

Pada awal studi, hanya kurang dari 10 persen partisipan yang melaporkan dirinya melakukan perilaku gaya hidup sehat, seperti tidak menjadi gemuk, tidak merokok, aktif secara fisik dan diet sehat.

Namun, pada 20 tahun kemudian, sekitar 25 persen dari mereka melaporkan telah menambahkan setidaknya satu perilaku gaya hidup sehat.

Empat puluh persen dari para partisipan justru tak lagi melakukan sejumlah perilaku gaya hidup sehat, lalu beralih ke perilaku yang lebih buruk seiring bertambahnya usia mereka.

“Tak lagi melakukan kebiasaan yang sehat memiliki dampak negatif yang terukur pada arteri koroner mereka,” kata Spring, yang juga dilansir Antara.

“Setiap penurunan faktor gaya hidup sehat menyebabkan kemungkinan lebih besar terdeteksinya klasifikasi arteri koroner dan penambahan ketebalan intima-media,” tambahnya.*

Rep: Insan Kamil
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Menkes: HIV Meluas, Baru Ngomong Kondom Sudah Didemo

Menkes: HIV Meluas, Baru Ngomong Kondom Sudah Didemo

Penyanyi Rock Cenderung Mati Muda

Penyanyi Rock Cenderung Mati Muda

Ini Cara Praktis Mengatasi Bau Mulut

Ini Cara Praktis Mengatasi Bau Mulut

Beragam Manfaat Buah Anggur yang Jarang Diketahui

Beragam Manfaat Buah Anggur yang Jarang Diketahui

Sedikit Bergerak, Jusru banyak Resiko Penyakit

Sedikit Bergerak, Jusru banyak Resiko Penyakit

Baca Juga

Berita Lainnya