Untuk Sehat, Butuh 7 Porsi Sayuran dan Buah Sehari

Kata peneliti, mereka yang makan tujuh atau lebih porsi buah dan sayuran setiap hari memiliki risiko terendah dari setiap penyebab penyakit.

Untuk Sehat, Butuh 7 Porsi Sayuran dan Buah Sehari

Terkait

BERAPA banyak Anda mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari? Lima kali? Agaknya porsi sebanyak itu masih belum cukup untuk melindungi tubuh dari penyakit.

Para ahli menyarankan untuk mengkonsumi buah dan sayuran tujuh kali dalam sehari. “Kami bahkan menemukan hubungan terbalik yang kuat antara konsumsi buah dan sayuran, dan semua penyebab kematian,” kata para peneliti dalam laporannya pada Journal of Epidemiology and Community Health, yang dikutip Detroit Free Press, Senin (2/6/2014). Kata peneliti, mengkonsumsi sayuran lebih baik daripada buah.

“Mereka yang makan tujuh atau lebih porsi buah dan sayuran setiap hari memiliki risiko terendah dari setiap penyebab penyakit,” kata para peneliti yang dipimpin Oyinlola Oyebode dari University College London.

Namun masalahnya, kata mereka, banyak yang sudah tahu makan cukup buah dan saruran, tetapi masih sulit melakukannya: sulit dalam mengubah kebiasaan, kurangnya motivasi, serta kurangnya waktu dan biaya.

“Tujuh porsi sayuran terdengar seperti banyak, hidangkanlah dalam porsi agak kecil. Setengah mangkok masakan daun hijau sudah cukup, kira-kira berisi selusin kecil wortel atau enam batang asparagus,” kata Andy Bellatti, seorang ahli diet terdaftar.

Namun ia menyebut, pada tahun 2010, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit melaporkan, hanya sekitar seperempat orang dewasa Amerika makan sayuran tiga kali atau lebih dalam sehari.

Pemilik katering di Los Angeles, Jennie Cook, mengatakan, mengatakan mengkonsumsi tujuh kali sayuran dan buah benar-benar tidak sulit, hanya dengan sedikit perencanaan.

“Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuatnya menjadi prioritas,” katanya. Siapkan dulu bahan-bahannya di dapur Anda. “Hal pertama yang dapat Anda lakukan di pagi hari adalah berkata, ‘Aku akan membuat arbei menarik. Untuk siangnya makan salad, dan untuk makan malam beberapa potong buah labu  dan bayam.”

Dia mengatakan, jauh lebih baik ketika dietnya sarat dengan sayuran. Idealnya tiga porsi saat makan siang, tiga saat makan malam, dan satu atau dua porsi saat sarapan.

Bellatti juga mengatakan, makan yang dimasak adalah penting. “Saya pikir prioritas makanan utama harus mengurangi tingginya makanan olahan yang telah menjadi menu pokok sehari-hari.”

Para peneliti mencatat, pentingnya makanan yang dimasak sendiri itu akan dapat memperhitungkan aspek kalori dan konsumsi garam.

Pada tahun 1990 Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan beberapa pemerintah nasional, menganjurkan makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran lima kali sehari untuk melindungi terhadap penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Makan setidaknya tujuh porsi sehari mengurangi setidaknya 42% risiko dari penyakit atas semua penyebab, 25% lebih rendah dari kanker, dan 31% lebih rendah dari penyakit jantung atau stroke. Pengurangan risiko sudah dapat dicapai dalam tahun pertama dari periode pemantauan.*

Rep: Insan Kamil

Editor: Syaiful Irwan

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik:

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !