Ahad, 28 November 2021 / 23 Rabiul Akhir 1443 H

Kesehatan

Hubungan Tak Sehat Tingkatkan Risiko Kematian

Bagikan:

KEKHAWATIRAN, konflik, dan tuntutan dalam hubungan dengan teman, keluarga, dan tetangga, dapat berkontribusi pada kematian dini, menurut studi baru di Denmark.

“Konflik terutama diasosiasikan dengan risiko kematian lebih besar tanpa melihat siapa sumber konflik,” menurut penelitian tersebut. “Kekhawatiran dan tuntutan terhubung dengan risiko kematian jika terkait dengan pasangan atau anak-anak.”

Para pengangguran terutama paling rentan, menurut Rikke Lund, peneliti kesehatan publik di University of Copenhagen, dan para koleganya.

Dampak perlindungan kesehatan dari dukungan jaringan sosial dan hubungan dekat dengan keluarga dan teman diakui secara luas, tulis tim Lund dalam Journal of Epidemiology and Community Health.

“Namun konsekuensi-konsekuensi kesehatan dari aspek-aspek penuh stres dari hubungan sosial, seperti konflik, kekhawatiran dan tuntutan, kurang diketahui,” tulisnya, dilansir VOA, Kamis (29/5/2014).

Hasil penelitian terhadap 9.870 orang dewasa pada usia 30-an, 40-an, dan 50-an itu menunjukkan bahwa orang-orang yang selalu atau sering menghadapi kekhawatiran atau tuntutan karena pasangannya, memiliki risiko kematian dua kali lipat dibandingkan mereka yang jarang menghadapi hal-hal tersebut.

Para peserta yang selalu atau sering mendapat kekhawatiran atau tuntutan dari anak-anak mereka, memiliki peningkatan risiko kematian 50 persen. Konflik yang sering terjadi juga terkait dengan peningkatan risiko kematian.

Julianne Holt-Lunstad, seorang peneliti psikologi dari Brigham Young University di Provo, Utah, mengatakan, seperti halnya olahraga dan makan makanan sehat, memupuk aspek-aspek positif dari sebuah hubungan juga dapat melindungi kesehatan.

Namun tidak berarti bahwa semua hubungan tidak sempurna harus diakhiri, ujarnya.

“Isolasi sosial juga tidak baik untuk kita. Adalah penting untuk memupuk aspek-aspek positif dibandingkan dengan memfokuskan diri untuk menjauhkan orang dari kehidupan kita,” ujarnya.*

Rep: Insan Kamil
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Menkes: HIV Meluas, Baru Ngomong Kondom Sudah Didemo

Menkes: HIV Meluas, Baru Ngomong Kondom Sudah Didemo

Kurang Tidur Diperkirakan Penyebab Penyakit Alzheimer

Kurang Tidur Diperkirakan Penyebab Penyakit Alzheimer

Vitamin D Dapat Cegah Kanker Usus

Vitamin D Dapat Cegah Kanker Usus

Awas! Asap Obat Nyamuk Setara 100 Batang Rokok

Awas! Asap Obat Nyamuk Setara 100 Batang Rokok

Segelas Air Pagi Hari Membuat Berpikir lebih Tajam Sepanjang Hari

Segelas Air Pagi Hari Membuat Berpikir lebih Tajam Sepanjang Hari

Baca Juga

Berita Lainnya