Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Kesehatan

20 Fakta tentang Penyakit MERS CoV

Reuters
Virus MERS.
Bagikan:

PENYAKIT yang disebabkan virus MERS CoV (Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus) saat mewabah di Arab Saudi. Korban meninggal akibat penyakit ini diberitakan telah mencapai 163 orang. Berikut 200 fakta tentang MERS CoV, dikutip dari Ahram Online baru-baru ini:

1. Insiden pertama: Kasus pertama MERS ditemukan pada tahun 2012. Seorang pria Saudi yang memiliki empat unta adalah yang pertama terinfeksi.

2. Deskripsi: MERS adalah strain dari virus corona –sepupu penyakit mematikan SARS yang muncul pada tahun 2002, menewaskan 800 di seluruh dunia.

3. Resiko: MERS dikaitkan dengan probabilitas tinggi gagal ginjal.

4. Gejala: Cirinya demam, batuk, dada terasa ketat atau berat, muntah, diare, dan pneumonia.

5. Tingkat penularan: Virus MERS tidak terlalu menular seperti SARS, tapi mematikan.

6. Imunisasi:  Belum ada vaksin untuk MERS.

7. Asal korban tewas: Sampai saat ini MERS telah dilaporkan di 12 negara. Sepertiga dari semua kasus meninggal.

8. Korban Arab Saudi: Penduduk Kerajaan Arab Saudi merupakan bagian terbesar dari kasus, dengan total 520 orang terkena MERS, dan 163 di antaranya meninggal (18 Mei).

9. Peningkatan kewaspadaan: Tingkat infeksi di Arab Saudi dua kali lipat pada bulan April dan selanjutnya meningkat sebesar 25 persen di bulan Mei.

10. Sumber virus: Unta dan kelelawar diperkirakan sebagai sumber dari virus mematikan tersebut. Penelitian sedang berlangsung mengenai hal ini.

11. Perjalanan ke Arab Saudi: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum mengeluarkan saran larangan bepergian ke Arab Saudi.

12. Sikap Mesir: Kementerian Kesehatan Mesir mengeluarkan peringatan agar tidak bepergian ke Arab Saudi, terutama untuk haji tahunan, khususnya dalam hal ini orang tua, anak-anak di bawah usia 15, dan mereka yang menderita jantung atau penyakit pernapasan.

13. Mitos: Menggunakan detektor thermal di bandara bukan merupakan bentuk pencegahan efektif, setelah masa inkubasi virus mencapai hingga 14 hari.

14. Produk unta: WHO telah mengeluarkan peringatan terhadap mengkonsumsi produk unta mentah atau susu unta.

15. Pernyataan resmi Arab Saudi: Arab Saudi mengeluarkan saran kepada warga untuk memakai sarung tangan dan masker ketika mendekati unta. Mencuci tangan dengan bersih setelah itu, dan didihkan susu unta dan masak benar-benar daging unta sebelum dikonsumsi.

16. Mesir terinfeksi: Satu-satunya yang telah mengkonfirmasi terkena kasus MERS adalah Mesir. Seorang pria 27 tahun telah bertemu dengan pamannya yang terinfeksi MERS di Arab Saudi. Pamannya kemudian meninggal, dan pemuda, yang berasal dari Delta, berada dalam kondisi stabil.

17. Kasus di Port Said:  Kematian seorang wanita dari Port Said, Mesir, awalnya diduga terkena MERS, tetapi ternyata tidak.

18. Perlindungan: Kewaspadaan agar tidak tertular virus MERS CoV termasuk aturan dasar kebersihan: tidak berbagi alat kuliner atau sikat gigi, menghindari kontak dekat dengan orang-orang yang terlihat sakit, mencuci tangan sesering mungkin atau dengan menggunakan pembersih dan antisepktik tangan. Gunakan tisu jika batuk dan bersin dan membuangnya. Juga secara teratur membersihkan dan mensterilkan tombol-tombol pintu, remote kontrol, dan benda-benda lain yang digunakan secara kolektif.

19. Pengobatan: Sampai belum ada obat dikembangkan. Pengobatan berfokus pada menghilangkan gejala.

20. Negara-negara yang terkena kasus MERS: Yang telah mengkonfirmasi di Arab Saudi, Amerika Serikat, Mesir, Yordania, Inggris, Malaysia, Tunisia, Prancis, Qatar, Oman, Kuwait, UEA, dan Italia .*

Rep: Insan Kamil
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Kurang Tidur bisa Ganggu Sel Otak

Kurang Tidur bisa Ganggu Sel Otak

Bank ASI dan Implan Tubuh Bakal Jadi Bahasan Bahtsul Masail Fatayat NU

Bank ASI dan Implan Tubuh Bakal Jadi Bahasan Bahtsul Masail Fatayat NU

Larangan dan Dampak Penularan Penyakit

Larangan dan Dampak Penularan Penyakit

Berada di Dekat Perokok Pembuluh Darah Anak Dapat Rusak Permanen

Berada di Dekat Perokok Pembuluh Darah Anak Dapat Rusak Permanen

Pepsi dan Coca-Cola Hindari Peringatan Kanker

Pepsi dan Coca-Cola Hindari Peringatan Kanker

Baca Juga

Berita Lainnya