Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Kesehatan

Bertindak Positif Perpanjang Hidup Pasien Jantung

ilustrasi
Dr Suzanne: "Orang yang positif pasti akan berusaha memikirkan kesehatan dirinya, dan menolong dirinya sendiri"
Bagikan:

Hidayatullah.com—Anda punya masalah dengan penyakit jantung? Berperilakulah yang positif dalam kehidupan sehari-hari.  Sebuah studi menyebut perilaku positif juga mampu memperpanjang hidup para pasien sakit jantung.

Riset di Denmark yang menyebut pasien yang sudah mengidap sakit jantung lebih dari lima tahun mempunyai peluang 42 persen lebih rendah untuk meninggal bila mampu berperilaku positif dalam kesehariannya.

Dari studi diketahui pasien sakit jantung yang mampu berperilaku positif, cenderung berolahraga dua kali lebih banyak. Para peneliti sendiri belum menentukan apakah perilaku positif yang membuat mereka termotivasi untuk menjalankan gaya hidup sehat dan berolahraga, atau kegiatan olahraga yang membuat pikiran mereka segar sehingga selalu berperilaku positif.

Profesor Cardiac Psychology di Tilburg University, Belanda, Susanne Pedersen mengatakan secara umum yang sangat berpotensi membuat seseorang mengalami serangan jantung adalah mood yang buruk dan depresi berkepanjangan.

Penelitian tersebut dilakukan di sebuah rumah sakit di Denmark dan melibatkan 600 pasien sakit jantung coroner. Pasien diminta menjawab pertanyaan tentang bagaimana mood mereka dan seberapa sering mereka berolahraga

Berdasarkan survei yang dijawab semasa hidup pasien, dari 80 pasien yang meninggal dunia, 30 orang mengaku selalu berpikir dan berperilaku positif. Sementara itu 50 orang lainnya mengaku sebaliknya.

Dr Suzanne Steinbaum, kardiologis di Lenox Hill Hospital di New York, menjelaskan pikiran dan perilaku positif dapat menurunkan hormon stres, sehingga membuat mood seseorang lebih baik. Inilah yang akhirnya akan menjadikan banyak hal dalam hidup yang bersangkutan menjadi lebih baik, misalnya dalam hal pola dan menu makanan, pola tidur, dan lainnya.

“Menurut saya, orang yang positif pasti akan berusaha memikirkan kesehatan dirinya, dan menolong dirinya sendiri,” kata Steinbaum, dilansir JPNN dari Livescience, Sabtu (12/10/2013).

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Circulation: Cardiovascular Quality and Outcomes  ini memang tidak mengamati secara detail durasi dan intensitas olahraga yang dilakukan pasie,n sehingga berpengaruh pada harapan usia hidup yang lebih panjang.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Penelitian Ilmuwan: Puasa Bermanfaat Bagi Kesehatan

Penelitian Ilmuwan: Puasa Bermanfaat Bagi Kesehatan

Teh Hijau Dapat Cegah Kanker Pankreas

Teh Hijau Dapat Cegah Kanker Pankreas

Herbal untuk Demam Berdarah

Herbal untuk Demam Berdarah

IDI: Indonesia Harus Waspada Mutasi Covid-19 Varian Baru N439K dari Inggris

IDI: Indonesia Harus Waspada Mutasi Covid-19 Varian Baru N439K dari Inggris

Makan Sayuran dan Buah Bisa Kurangi Depresi

Makan Sayuran dan Buah Bisa Kurangi Depresi

Baca Juga

Berita Lainnya