Jum'at, 12 Februari 2021 / 30 Jumadil Akhir 1442 H

Kesehatan

Kedelai Dapat Atasi Keluhan Menopause

Bagikan:

Hidayatullah.com–Kedelai dapat membantu kaum perempuan untuk mengatasi masalah yang dikeluhkan akibat proses menopause.

“Fitoestrogen yang terkandung di dalam kedelai memiliki struktur kimia dan aktivitas biologis yang menyerupai hormon estrogen dalam tubuh,” kata dokter spesialis gizi klinik dari Santosa Hospital, dr. Abdullah Firmansah, SpGK, M.Kes, pada acara peluncuran situs soylution.co.id di Jakarta, Senin (18/03/2013).

Firman menjelaskan, struktur kimia fitoestrogen memiliki efek menyerupai estrogen alami, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit dan aneka keluhan pada masa menopause.

Pada masa menopause, hormon estrogen pada perempuan mengalami penurunan sehingga mengakibatkan siklus haid tidak teratur bahkan terhenti.

“Isoflavon adalah satu jenis fitoestrogen yang paling baik dikonsumsi pada masa menopause,” jelas Firman, dalam berita Antara.

Isoflavon yang berasal dari protein kedelai, dapat membantu menyeimbangkan kadar hormon perempuan secara alami, sehingga aman dan tidak mengakibatkan efek samping pada perempuan.

Namun Firman juga mengingatkan, selain banyak mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung fitoestrogen, perempuan juga disarankan untuk tidak stress, cukup beristirahat. dan berolahraga secara teratur untuk mengatasi keluhan akibat menopause.*

Rep: Insan Kamil
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

60 Persen Anak di Sumut  Konsumsi Makanan Berpengawet

60 Persen Anak di Sumut Konsumsi Makanan Berpengawet

Konflik dengan Teman Bisa Picu Peradangan

Konflik dengan Teman Bisa Picu Peradangan

AWAS! Rokok Merusak Sel Sperma Anda

AWAS! Rokok Merusak Sel Sperma Anda

Profesional Muda Rentan Terkena Kolesterol Jahat

Profesional Muda Rentan Terkena Kolesterol Jahat

Rokok Elektronik Juga Berbahaya

Rokok Elektronik Juga Berbahaya

Baca Juga

Berita Lainnya