Jajajan Anak di Sekolah Mengandung Zat Berbahaya

"Lima persen dari jajanan di sekolah ditenggarai mengandung makanan yang berbahaya seperti, boraks, formalin, dan rodanim, yang dapat berbahayakan kesehatan anak-anak"

Jajajan Anak di Sekolah Mengandung Zat Berbahaya

Terkait

Hidayatullah.com–Ini peringatan bagi para orangtua mudid. Dinas Kesehatan Kubu Raya, Kalimantan Barat, menghimbau mereka untuk menghindarkan anak-anak mereka terhadap jajanan di sekolah yang ditenggarai mengandung zat-zat berbahaya.

“Lima persen dari jajanan di sekolah ditenggarai mengandung makanan yang berbahaya seperti, boraks, formalin, dan rodanim, yang dapat berbahayakan kesehatan anak-anak,” kata Kasi Pengawasan Obat dan Makanan Dinas Kesehatan Kubu Raya, Wan Iwansyah, di Sungai Raya, Ahad, dikutip Antara Online.

Pihak itu memonitor dan menguji secara acak contoh-contoh penganan dan jajanan di sekolah-sekolah di lingkungan perkotaan.

Ia mencontohkan jenis makanan yang mengandung rodanim, di antaranya kerupuk yang diwarnai merah terang. Sedangkan makanan yang mengandung boraks dan formalin, ada pada mie basah dan bakso.

“Rodanim itu pewarna tekstil, tetapi malah digunakan untuk ke bahan makanan. Karena itu makanan yang mengandung zat ini diindetikkan dengan warna merah terang dan anak-anak suka dengan warna-warna yang menarik,” tuturnya.

Oleh karena itu, ia meminta peran aktif orang tua dan sekolah untuk menghimbau kepada para anak-anak agar lebih berhati-hati, tidak jajan sembarangan.

Riset Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) tahun 2010 menemukan, 45 % jajanan anak yang beredar, ternyata berbahaya karena mengandung bahan terlarang.*

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !