Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Kesehatan

Puluhan Juta Warga Amerika Gemar Pesta Miras

Bagikan:

Hidayatullah.com–Lebih dari 38 juta orang dewasa di Amerika Serikat gemar menenggak minuman keras (miras) dalam jumlah banyak rata-rata empat kali dalam sebulan, menurut laporan pusat pengendalian dan pencegahan penyakit CDC.

Menurut catatan CDC, mereka yang senang binge drinking, menenggak miras dalam jumlah banyak dalam waktu singkat, tidak semuanya pecandu alkohol.

Meskipun demikian, tren itu tetap mengkhawatirkan, sebab saat orang berada di bawah pengaruh alkohol dapat menimbulkan masalah serius, seperti kecelakaan lalulintas, kekerasan seksual serta penularan penyakit lewat hubungan seksual.

Laporan CDC menyebutkan, terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol telah mengakibatkan 80.000 kematian di Amerika Serikat setiap tahun. Akibatnya, negara pernah harus menanggung beban lebih dari USD 223,5 milyar di tahun 2006, lansir ABC News (11/01/2012).

Menurut Dr. Fulton Crews, direktur Pusat Studi Alkohol Universitas Carolina Utara di Chape Hill, orang lebih peduli dengan resiko kesehatan karena kegemukan, dibanding bahaya menenggak minuman keras.

“Kebanyakan orang tidak sadar binge drinking itu tidak sehat,” kata Crews.

Binge drinking menurut CDC, apabila seorang perempuan menenggak empat atau lebih minuman beralkohol dalam satu kali duduk. Sementara untuk pria, lima kali atau lebih dalam satu kali duduk. Namun, defeinisi itu bisa bervariasi. Menurut Institut Nasional Penyalahgunaan Alkohol dan Alkoholisme, jumlah minuman tersebut harus dikonsumsi dalam waktu dua jam atau kurang, agar bisa dikategorikan sebagai binge drinking. Atau jumlah yang dapat menjadikan darah dalam tubuh seseorang mengandung alkohol di atas tingkat yang diperbolehkan untuk mengemudi.

Binge drinking banyk dilakukan oleh orag dewasa muda berusia 18 hingga 34 tahun dan dilakukan oleh orang-orang yang berdompet cukup tebal, yang memiliki pendapatan tahunan antara USD 75.000 atau lebih per tahun.

Pelaku di atas usia 65 tahun, mengkonsumsi minuman beralkohol lebih banyak dalam satu kali duduk. Sedangkan orang dengan pendapatan di bawah USD 25.000 per tahun rata-rata menenggak delapan atau tujuh sekali duduk.

Meskipun laporan CDC tu hanya menyebutkan tentang binge drinking di kalangan orang dewasa. Namun menurut Crews, binge drinking adalah masalah besar di kalangan anak-anak usia 18 tahun ke bawah.

Dr. Marc Galanter, direktur divisi penyalahgunaan miras dan narkoba di New York University School of Medicine, mengatakan bahwa binge drinking di kalangan pemuda dapat berpengaruh buruk pada masa depan mereka. Di mana mereka akan menjadi para pecandu alkohol.

Laporan CDC tersebut disusun berdasarkan laporan tahun 2010 lewat survei telepon dan analisa jawaban dari hampir 500.000 warga Amerika Serikat yang ditanyai tentang kebiasaan mereka mengkonsumsi minuman beralkohol.*

Rep: Dija
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Kurang Konsumsi Sayur Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar

Kurang Konsumsi Sayur Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar

Remaja Belanda Stres Karena Facebook Dkk

Remaja Belanda Stres Karena Facebook Dkk

Bertengkar dengan Pasangan Dapat Tingkatkan Obesitas

Bertengkar dengan Pasangan Dapat Tingkatkan Obesitas

Berbahaya, BPOM  Larang Panitia Kurban Gunakan Tas Plastik Hitam

Berbahaya, BPOM Larang Panitia Kurban Gunakan Tas Plastik Hitam

Anal Seks Rentan Sebarkan Penyakit Menular Seksual

Anal Seks Rentan Sebarkan Penyakit Menular Seksual

Baca Juga

Berita Lainnya