Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Kesehatan

Flu? Ini Cara Mudah Menghindarinya

Bagikan:

Hidayatullah.com—Perubahan cuaca, kelelahan, dan lingkungan yang buruk, memudahkan orang terkena penyakit, terutama influenza. Influenza biasanya dikenal dengan sebutan flu, yang merupakan sebuah penyakit yang bisa diatasi dengan mudah. Meski begitu, ketika mengalami flu, orang biasanya merasa sangat menderita. Mulai dari batuk, kedinginan,demam, mual, dan bahkan muntah.

Sebenarnya, ada cara mudah yang bisa Anda ikuti sehingga Anda tak akan dengan mudah terserang flu.Lakukanlah empat hal di bawah ini seperti dikutip Antara dari health.com.

Lebih banyak berada di luar
Berada di luar dan menghirup udara segar merupakan cara termudah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal itu juga sangat baik untuk kesehatan psikologis kita yang bisa mengurangi tingkat stres.Faktanya, tingkat stres yang tinggi dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Relaksasi
Selalu sempatkan waktu untuk berelaksasi. Nikmati minum teh, menyiram tanaman atau melakukan hal lain yang membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang dan terhindar dari stres.

“Stres meningkatkan risiko terkena flu, karena hal itu menghalangi tubuh untuk memproduksi molekul cytokine,” kata Ather Ali, Assistant head of Complementary/Alternative Medicine Research dari the Yale-Griffin Prevention Research Center.

Fungsi molekul ini memicu penyakit itu bereaksi terhadap sistem kekebalan tubuh. Lebih jauh, selama menghadapi stres Anda biasanya akan mengalami masalah tidur, pola makan tidak teratur, dan pengabaian akan kesehatan.

Selalu mencuci tangan
Tangan Anda merupakan sarang virus dan bakteri. Sehingga pastikanlah setelah setelah beranjak ke kamar mandi atau keluar rumah, Anda mencuci tangan dengan sabun. Jangan lupa untuk mengeringkannya segera. Ingat, bakteri akan dengan mudah menyebar di suhu yang lembab ketimbang suhu yang kering.

Tidur yang cukup
Kekurangan tidur dapat secara kontinyu menghambat kemampuan dari sistem kekebalan tubuh. Faktanya sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah tim dari Universitas Carnegie Mellon di tahun 2009 menemukan bahwa seseorang yang tidur kurang dari tujuh jam sehari, memiliki resiko terserang flu yang mencapai tiga kali lebih tinggi ketimbang yang memiliki tidur cukup.*

Rep: Syaiful Irwan
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Autis Tak Bisa Sembuh? Siapa Bilang!

Autis Tak Bisa Sembuh? Siapa Bilang!

Wi-Fi Laptop Dapat Merusak Sperma Pria

Wi-Fi Laptop Dapat Merusak Sperma Pria

Sunat di Rumah Sunatan Tidak Perlu Menunggu Liburan

Sunat di Rumah Sunatan Tidak Perlu Menunggu Liburan

Tidak Merokok Bantu Kurangi Risiko Penyakit Tidak Menular

Tidak Merokok Bantu Kurangi Risiko Penyakit Tidak Menular

RS Wakaf Khusus Mata Pertama Berdiri di Serang, Diresmikan Sabtu

RS Wakaf Khusus Mata Pertama Berdiri di Serang, Diresmikan Sabtu

Baca Juga

Berita Lainnya