Jum'at, 24 September 2021 / 17 Safar 1443 H

Kesehatan

Berolahraga Bantu Remaja Berhenti Merokok

Bagikan:

Hidayatullah.com–Mendorong remaja agar berhenti merokok bisa jadi lebih efektif jika dibarengi dengan mengajaknya berolahraga.

Menurut hasil studi terbaru yang dimuat di jurnal Pediatrics, aktif berolahraga dapat membantu remaja perokok meninggalkan kebiasaan buruknya itu.

Dalam program No On Tobacco (NOT) yang diselenggarakan Asosiasi Paru-Paru Amerika, remaja perokok yang diajak berolahraga rata-rata tingkat berhenti merokoknya mencapai 31 persen.

Ide studi baru itu dilatarbelakangi fakta bahwa sejumlah penelitian terhadap orang dewasa menegaskan bahwa olahraga dapat membantu perokok untuk berhenti merokok.

Studi dilakukan di West Virginia di mana jumlah perokoknya cukup tinggi sementara tingkat olahraganya rendah.

“Kami merasa, sepertinya olahraga penting untuk anak-anak ini dan efek untuk tidak merokoknya bisa ditingkatkan,” kata Kimberly Horn dari fakultas kedokteran di Universitas West Virginia, Morgantown, yang memimpin penelitian itu.

Untuk membuktikan dugaan tersebut, Horn dan timnya menugaskan secara acak 19 sekolah menengah atas untuk menjalani program berhenti merokok dengan atau tanpa olahraga. Mereka disuruh memilih, lalu menjalaninya dengan didampingi fasilitator program.

Secara keseluruhan ada 233 siswa yang ikut dalam program berhenti merokok itu.

Setelah enam bulan hasil kajian itu menunjukkan, para siswa yang mengikuti program berhenti merokok dengan standar NOT ditambah olahraga rata-rata berhentinya 31 persen. Bandingkan dengan yang mengikuti program standar dengan tingkat rata-rata berhentinya 21 persen dan yang diberi sedikit pengarahan selama program berhenti merokok di bawah 16 persen.

Sayangnya, studi itu tidak mengukur sebanyak apa olahraga yang dilakukan oleh para siswa, sehingga tidak jelas perubahan fisik mereka dalam hubungannya dengan keberhasilan mereka berhenti merokok.

Namun menurut Horn, meskipun porsi olahraga yang dilakukan terbilang kecil, hal itu memberikan pengaruh positif sehingga remaja lebih mudah berhenti merokok.

Horn berharap, setelah para remaja berhasil meninggalkan kebiasaan merokok dengan bantuan olahraga, mereka tidak lantas berhenti berolahraga. Horn menyarankan agar mereka terus berolahraga, selain untuk melupakan kebiasaan buruk tersebut juga untuk menjaga agar tubuhnya itu tetap bugar.*

Rep: Dija
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Perokok Aktif dan Pasif Bisa Alami Gangguan Pendengaran

Perokok Aktif dan Pasif Bisa Alami Gangguan Pendengaran

Covid 19

Jangan Anggap Remeh, Ini Tidak Enaknya Jadi Penyintas Covid-19

Manfaat Thaharah  dalam Pencegahan Penyakit Amat Nyata

Manfaat Thaharah dalam Pencegahan Penyakit Amat Nyata

Menjaga Kebersihan Dapat Mencegah Virus

Menjaga Kebersihan Dapat Mencegah Virus

Awas! Hot Dog Sebabkan Kanker

Awas! Hot Dog Sebabkan Kanker

Baca Juga

Berita Lainnya