Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Kesehatan

Aborsi Sebabkan Gangguan Mental Wanita

Bagikan:

Hidayatullah.com–Wanita yang melakukan aborsi beresiko menderita gangguan mental yang parah. Demikian menurut hasil penelitian terbaru.

Pelaku aborsi menghadapi resiko dua kali lebih besar terkena gangguan mental dibanding perempuan lainnya. Disamping itu, satu dari setiap sepuluh kasus gangguan mental disebabkan oleh aborsi.

Hasil studi yang dilakukan akademisi Amerika Priscilla Coleman itu dipublikasikan di British Journal of Psychiatry dan mendapat dukungan dari Royal College of Psychiatrists.

Sebelumnya jurnal yang sama tiga tahun lalu, pernah mempertanyakan asumsi para pendukung kampanye dan pelaku aborsi yang menyatakan bahwa menghentikan kehamilan cenderung mengurangi daripada menaikkan resiko kesehatan perempuan.

Coleman mendasari kajiannya atas analisa terhadap 22 proyek yang berbeda dan analisa pengalaman 877.000 perempuan yang 163.831 di antaranya pernah melakukan aborsi.

“Hasilnya menunjukkan cukup konsisten bahwa aborsi berhubungan dengan peningkatan resiko masalah-masalah psikologis yang disebabkan oleh tindakan (aborsi) itu. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang melakukan aborsi mengalami 81 persen kenaikan resiko gangguan mental dan hampir 10 persen kasus gangguan mental disebabkan secara langsung oleh aborsi,” tulis laporan penelitian tersebut.

Aborsi berkaitan dengan 37 persen kasus depresi, 34 persen gangguan kecemasan, menyebabkan resiko kecanduan alkohol naik lebih dari dua kali lipat, tiga kali resiko penggunaan ganja dan memperbesar resiko bunuh diri.

Menurut Coleman, perempuan harus diberikan penjelasan mengenai resiko gangguan mental yang kemungkinan besar terjadi jika melakukan aborsi, sebelum tindakan tersebut dilakukan.*

Rep: Dija
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Susu Tak Bikin Gendut Dan Diare

Susu Tak Bikin Gendut Dan Diare

Alkohol Bikin Orang Kehilangan Rasa Humor

Alkohol Bikin Orang Kehilangan Rasa Humor

Mengkonsumsi Masakan Rumah Kurangi Terkena Diabetes

Mengkonsumsi Masakan Rumah Kurangi Terkena Diabetes

Statins Obat Penurun Kolesterol Berbahaya

Statins Obat Penurun Kolesterol Berbahaya

Yakin, Minuman Manis Sebabkan Obesitas

Yakin, Minuman Manis Sebabkan Obesitas

Baca Juga

Berita Lainnya