frontpage hit counter

Bank ASI dan Implan Tubuh Bakal Jadi Bahasan Bahtsul Masail Fatayat NU

Kongres ke XVI Muslimat NU akan mengagendakan kasus-kasus kekinian

Bank ASI dan Implan Tubuh Bakal Jadi Bahasan Bahtsul Masail Fatayat NU

Terkait

Hidayatullah.com–Pimpinan Pusat Muslimat NU bekerjasama dengan Pimpinan Wilayah Muslimat NU Propinsi Lampung akan melaksanakan Kongres ke XVI bertempat di Asrama Haji Bandar Lampung tanggal 13-18 Juli 2011.

Kongres kali ini mengambil tema Revitalisasi Institusi Layanan Muslimat NU, Khidmah untuk Perempuan Indonesia.

Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, terdapat empat agenda dalam kongres yang meliputi evaluasi pelaksanaan program periode 2006-2011, menyusun program periode 2011-2016, membahas Renstra Periode 2011-2026 dan memilih Pimpinan Pusat masa bakti 2011-2016.

“Yang sudah disepakati adalah Bahsul Matsail mengenai dinamika yang muncul di masyarakat baru-baru ini,” ujar Ketua Pimpinan Pusat Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa, dikutip Republika.

Soal bank ASI dianggap menarik, kata Khofifah, dikarenakan saat ini banyak orang, termasuk di kalangan muslim, yang memiliki pendapat sangat longgar terkait pengadaan persediaan susu tersebut. Dalam Bahtsul Masail nanti, Muslimat NU akan mengundang narasumber dari MUI dan dari UIN, masing-masing adalah Ma’ruf Amin, Ali Mustofa Ali Yakub (MUI), Huzaiman T. Yanggo, dan Zaitunah Subhan (UIN).

“Nanti kami akan membahas segala seluk-beluk bank ASI, dari soal pendonornya, soal penerimanya, sampai soal kemuhrimannya,” kata mantan menteri negara pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak tersebut.

Bahsul Matsail nanti juga akan membahas mengenai implan tubuh yang saat ini sedang ramai diperbincangkan gara-gara sosok Malinda Dee. Juga akan dibahas dalam forum tersebut cangkok organ yang saat ini di beberapa negara seperti Cina dan Australia telah lazim dilakukan.

Kongres Muslimat NU yang akan berlangsung Asrama Haji Bandar Lampung pada 13-18 Juli mendatang selain dihadiri sebanyak 3.000 peserta juga direncanakan akan dihadiri delapan menteri yang telah melakukan MoU dengan Muslimat NU, yakni menteri pendidikan nasional, menteri pertanian, menteri kehutanan, menteri sosial, menteri kesehatan, menteri pemberdayaan perempuan, menteri agama, dan menteri usaha kecil dan menengah.

Kongres juga akan membahas pokok-pokok pikiran dan rekomendasi untuk peningkatan peran Muslimat NU, baik internal maupun eksternal, membahas bahtsul masil diniyah untuk masalah yang dihadapi perempuan serta pembuatan master plan Muslimat NU.*

Rep: Akbar Muzakki

Editor: Cholis Akbar

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !