Ahad, 5 Desember 2021 / 29 Rabiul Akhir 1443 H

Tokoh Pemersatu Umat dari Malang

Tokoh Pemersatu Umat dari Malang Tokoh Pemersatu Umat dari Malang Tokoh Pemersatu Umat dari Malang Tokoh Pemersatu Umat dari Malang Tokoh Pemersatu Umat dari Malang Tokoh Pemersatu Umat dari Malang Tokoh Pemersatu Umat dari Malang Tokoh Pemersatu Umat dari Malang Tokoh Pemersatu Umat dari Malang

Hidayatullah.com– Persatuan kaum Muslimin merupakan topik yang gencar diangkat oleh dua tokoh Muslim di kawasan Malang Raya, Jawa Timur. Keduanya adalah Abdul Wachid Ghozali (Gus Wachid) dan Abdullah Sholeh Ali Hadrami (Abdullah Hadrami).

Gus Wachid merupakan Pimpinan Pondok Pesantren As-Salam di Desa Bunut, Tunjung Tirto, Singosari, Kabupaten Malang. Dia punya cita-cita ingin mempersatukan umat Islam.

Gus Wachid berpendapat, berbagai ormas dan gerakan Islam seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan gerakan Salafi memiliki kesamaan, yaitu sama-sama Muslim dan bersaudara. Dia menyerukan agar berbagai gerakan keislaman tetap saling menjaga persatuan.

“Untuk bisa begitu memang (dengan menjaga) komunikasi,” ujarnya saat ditemui Hidayatullah.com di pesantrennya belum lama ini, Kamis (5/6/2014).

Begitu pula dengan Abdullah Hadrami, ia menilai perbedaan antar gerakan Islam tak perlu dikedepankan. Bahkan menurutnya, sekat-sekat kebangsaan atas umat Islam semestinya tidak ada.

“Dalam Islam, kami tidak pandang bulu. Tidak ada istilah dalam negeri dan luar negeri. (Umat) Islam adalah satu tubuh, mereka adalah saudara kami semuanya,” ujar dai yang rutin mengisi pengajian di lembaga pemasyarakatan (Lapas) ini.

Abdullah Hadrami juga dikenal kerap melancarkan dakwahnya via jejaring sosial, seperti Facebook, WhatsApp, dan sebagainya.

“Saya biasanya pakai HP ini,” ujarnya seraya menunjukkan sebuah smartphone kepada Hidayatullah.com saat dikunjungi di kediamannya, Kawasan Embong Arab, Kota Malang.

Media ini sempat menemaninya berdakwah di Lapas Klas I Malang dan di Masjid At-Taqwa, Sukoharjo.*

Foto dan teks: Muh. Abdus Syakur/Hidayatullah.com

Rep: Muhammad Abdus Syakur
Editor: Muh. Abdus Syakur

Berita Terkait

Donald Trump Hina Pengungsi, Anaknya Samakan Pendatang dengan Permen

Donald Trump Hina Pengungsi, Anaknya Samakan Pendatang dengan Permen

Berlindung dari Neraka

Berlindung dari Neraka

paul pogba puasa

Tetap Puasa Saat Bermain, Paul Pogba: “Allah Membantu Kami,”

Kedudukan Rakyat di Mata Umar bin Khathab

Kedudukan Rakyat di Mata Umar bin Khathab

Zimbabwe Bangun Gedung Parlemen Megah Dibiayai China

Zimbabwe Bangun Gedung Parlemen Megah Dibiayai China

Baca Juga

Berita Lainnya