Ahad, 28 November 2021 / 23 Rabiul Akhir 1443 H

Singgah di Masjid Cheng Hoo Kutai Kartanegara

Singgah di Masjid Cheng Hoo Kutai Kartanegara Singgah di Masjid Cheng Hoo Kutai Kartanegara Singgah di Masjid Cheng Hoo Kutai Kartanegara Singgah di Masjid Cheng Hoo Kutai Kartanegara Singgah di Masjid Cheng Hoo Kutai Kartanegara Singgah di Masjid Cheng Hoo Kutai Kartanegara Singgah di Masjid Cheng Hoo Kutai Kartanegara Singgah di Masjid Cheng Hoo Kutai Kartanegara Singgah di Masjid Cheng Hoo Kutai Kartanegara Singgah di Masjid Cheng Hoo Kutai Kartanegara

Hidayatullah.com– Masjid Muhammad Cheng Hoo atau dikenal Masjid Cheng Hoo juga ada di Kalimantan Timur (Kaltim). Dalam suatu perjalanan dari Balikpapan menuju Samarinda, Hidayatullah.com sempat singgah ke masjid tersebut.

Masjid ini beralamat di pinggir jalan poros Balikpapan-Samarinda, KM 20, Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Jika dari Balikpapan, letaknya di sebelah kiri jalan.

Corak warnanya sebagaimana Masjid Cheng Hoo yang memang banyak tersebar di Indonesia, yaitu perpaduan merah-kuning-hijau. Begitu pula dengan ornamen dan arsitektur indoor dan outdoor-nya.

Yang agak berbeda, Masjid Cheng Hoo Kukar ini kubahnya tidak berkhas bangunan China, seperti Masjid Cheng Hoo di Surabaya. Kubahnya seperti halnya kubah masjid ‘biasa’. Bisa dikatakan, Masjid Cheng Hoo Kukar perpaduan antara arsitektur China dan Indonesia.

Sabtu (23/08/2014) pagi jelang siang itu, media ini mendapati sejumlah al-Qur’an wakaf dari donatur Baitul Maal Hidayatullah (BMH) – Yayasan Wakaf Al-Qur’an Suara Hidayatullah di lemari masjid tersebut.

Dalam laman humas.kutaikartanegarakab.go.id disebutkan, Masjid Cheng Hoo Kukar dibangun pada tahun 2006 dan selesai tahun 2007. Tanah bangunan masjidnya merupakan hasil swadaya dari masyarakat Batuah serta hibah dari Wili Susanto. Khusus untuk bangunan masjid merupakan bantuan dari H Muhammad Jos Soetomo, yang juga pembina masjid tersebut.

Adapun papan namanya bantuan dari Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak, sedangkan pagar merupakan bantuan sosial dari Pemkab Kukar.

Masjid ini diresmikan oleh Wakil Bupati Kukar HM Guhfron Yusuf, mewakili Bupati Kukar Rita Widyasari, pada Ahad (9/9/2012).*

Foto dan teks: Muh. Abdus Syakur/Hidayatullah.com

Rep: Muhammad Abdus Syakur
Editor: Muh. Abdus Syakur

Berita Terkait

Kado Ulang Tahun untuk Polri

Kado Ulang Tahun untuk Polri

Serdadu Bayaran Blackwater Divonis Bersalah atas Pembunuhan di Baghdad 2007

Serdadu Bayaran Blackwater Divonis Bersalah atas Pembunuhan di Baghdad 2007

Wamenag: Tak Ada Sanksi Majelis Taklim yang Enggan Mendaftar

Wamenag: Tak Ada Sanksi Majelis Taklim yang Enggan Mendaftar

Refleksi 2017 FKUB: Tak Ada Kasus Intoleransi di Jakarta

Refleksi 2017 FKUB: Tak Ada Kasus Intoleransi di Jakarta

Campuri Urusan Internal, Sudan Usir Pimpinan UNFPA

Campuri Urusan Internal, Sudan Usir Pimpinan UNFPA

Baca Juga

Berita Lainnya