Kamis, 9 Desember 2021 / 4 Jumadil Awwal 1443 H

Menikmati Transportasi Laut di Kota Minyak [2]

Menikmati Transportasi Laut di Kota Minyak [2] Menikmati Transportasi Laut di Kota Minyak [2] Menikmati Transportasi Laut di Kota Minyak [2] Menikmati Transportasi Laut di Kota Minyak [2] Menikmati Transportasi Laut di Kota Minyak [2] Menikmati Transportasi Laut di Kota Minyak [2] Menikmati Transportasi Laut di Kota Minyak [2] Menikmati Transportasi Laut di Kota Minyak [2] Menikmati Transportasi Laut di Kota Minyak [2]

Tiap kelotok mengangkut sekitar 5 unit sepeda motor. Uniknya, cara mengangkut sepeda motor dengan tangan kosong.

 

Hidayatullah.com– Selain kapal ferry, ada pula perahu kelotok dan speedboat sebagai moda transportasi laut di Teluk Balikpapan. Perahu bermotor yang terbuat dari kayu ini melayani rute Balikpapan –  Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim).

Tarifnya cuma Rp 8 ribu  per penumpang tanpa sepeda motor. Jika membawa sepeda motor, dikenakan Rp 33 ribu sekali menyeberang. Waktu tempuhnya lebih cepat dari kapal ferry, sekitar 20 menit. Jika naik speedboat tentu lebih cepat lagi, tarifnya sekitar Rp 15 ribu.

Pada Selasa (25/3/2014) lalu, Hidayatullah.com menumpang perahu kelotok dari dermaga Penajam, PPU menuju Dermaga Kampung Baru Tengah, Balikpapan Barat. Dermaga kelotok di Penajam berdekatan dengan dermaga speedboat dan pelabuhan ferry. Sedangkan di Balikpapan, pelabuhan ferry berjarak puluhan kilometer dari dermaga speedboat dan kelotok.

Dalam satu kali perjalanan, biasanya tiap kelotok bisa mengangkut sekitar 5 unit sepeda motor dan puluhan penumpang. Uniknya, cara mengangkut naik dan turun sepeda motor ke perahu dengan tenaga-tenaga tangan manusia, tanpa ada jembatan khusus.

Perahu kelotok ini beroperasi setengah hari, biasanya mulai pukul 07.00 Waktu Indonesia Tengah (WITA) hingga jelang matahari terbit.

Untuk naik kelotok, kadang diperlukan nyali yang cukup. Sebab perahu lebih mudah terombang-ambing jika ombak sedang tinggi.*

Foto dan teks: Muh. Abdus Syakur/Hidayatullah.com

Rep: Muhammad Abdus Syakur
Editor: Muh. Abdus Syakur

Berita Terkait

Mursy Lantik Para Menteri Baru Kabinet Reshuffle

Mursy Lantik Para Menteri Baru Kabinet Reshuffle

Pemimpin Partai Islam Tunisia di Pengasingan Berencana Pulang

Pemimpin Partai Islam Tunisia di Pengasingan Berencana Pulang

Rujukan Pas para Pengagum Filsafat agar Tetap Jernih

Rujukan Pas para Pengagum Filsafat agar Tetap Jernih

Anwar Ibrahim Akan Bebas dalam Waktu Dekat

Anwar Ibrahim Akan Bebas dalam Waktu Dekat

Kiriman Tenda Palestina Dibajak Zionis

Kiriman Tenda Palestina Dibajak Zionis

Baca Juga

Berita Lainnya