Kamis, 2 Desember 2021 / 26 Rabiul Akhir 1443 H

Memotret Kemesraan Mentari dan Kabel Listrik

Memotret Kemesraan Mentari dan Kabel Listrik Memotret Kemesraan Mentari dan Kabel Listrik Memotret Kemesraan Mentari dan Kabel Listrik Memotret Kemesraan Mentari dan Kabel Listrik Memotret Kemesraan Mentari dan Kabel Listrik Memotret Kemesraan Mentari dan Kabel Listrik Memotret Kemesraan Mentari dan Kabel Listrik Memotret Kemesraan Mentari dan Kabel Listrik Memotret Kemesraan Mentari dan Kabel Listrik Memotret Kemesraan Mentari dan Kabel Listrik

Hidayatullah.com– Salah satu yang diminati para pecinta fotografi adalah memotret matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset). Namun, tak jarang momen memotret keduanya didapati secara tidak sengaja dan dalam kondisi kurang nyaman.

Misalnya saat berada di wilayah baru, Anda mungkin iseng-iseng keluar rumah pada pagi hari, ternyata mentari sedang siap-siap terbit. Terbetiklah ide mengabadikannya.

Bagaimana jika kondisi di sekitar lingkungan Anda menghalangi pemotretan. Seperti banyaknya kabeli listrik melintang dan rerimbunan pepohonan? Jangan cemas! Jika memang terpaksa dan tak sempat mencari posisi yang bagus, potret saja momen tersebut. Daripada hilang sia-sia, bukan?

Agar foto tetap menarik, bidikkan kamera dengan komposisi dan sudut pandang sebaik mungkin sesuai selera Anda. Untuk memotret sunrise dan sunset lebih baik menggunakan lensa jarak jauh,  misalnya lensa tele 70-300mm.

Seperti momen yang dipotret Hidayatullah.com dari lantai dua gedung Radio Mitra 97FM, Jalan Wukir no 4 Temas, Kota Batu, Jawa Timur. Jumat (6/6/2014) pagi itu, tampak indahnya pemandangan sunrise di punggung Gunung Arjuna (lihat gambar 1-5).

Sebelumnya, media ini sempat memotret matahari yang akan terbenam di barat pulau Jawa. Saat itu Hidayatullah.com dalam perjalanan di atas jalan tol Cikampek kawasan Karawang, Jawa Barat, Selasa (27/5/2014).

Dari bis jurusan Bandung-Depok yang tengah melaju, tentu situasinya kurang pas untuk membidikkan kamera. Apalagi terdapat menara sutet di sepanjang jalan. Namun, jika posisi pemotretan dan komposisi objek yang diambil tepat, foto Anda akan menarik dilihat (lihat gambar 6-10).

Dengan begitu, Anda akan bisa menampilkan betapa indahnya ciptaan Allah berupa sang surya. Subhanallah ya…!*

Foto dan teks: Muh. Abdus Syakur/Hidayatullah.com

Rep: Muhammad Abdus Syakur
Editor: Muh. Abdus Syakur

Berita Terkait

Cerita Tokoh PKS Ditunjuk Pimpin Doa Depan Jenazah Gus Solah

Cerita Tokoh PKS Ditunjuk Pimpin Doa Depan Jenazah Gus Solah

Jumat Ini, Kaum Muslimin Diundang Ikut “Aksi Bela Al-Aqsha”

Jumat Ini, Kaum Muslimin Diundang Ikut “Aksi Bela Al-Aqsha”

Hamas Rudal

Hamas kepada ‘Israel’: Keluar Dari Masjid Al-Aqsha atau Kami Luncurkan Rudal

Urusan Keluarga Bukan Sekedar Urusan Pangan, Tapi Iman

Urusan Keluarga Bukan Sekedar Urusan Pangan, Tapi Iman

Ulama Uighur: Angkat Isu Berhentikan Kamp Konsentrasi

Ulama Uighur: Angkat Isu Berhentikan Kamp Konsentrasi

Baca Juga

Berita Lainnya