Kamis, 2 Desember 2021 / 26 Rabiul Akhir 1443 H

Keripik Lokal “Momchips” Tembus Pasar Internasional

Keripik Lokal “Momchips” Tembus Pasar Internasional Keripik Lokal “Momchips” Tembus Pasar Internasional Keripik Lokal “Momchips” Tembus Pasar Internasional Keripik Lokal “Momchips” Tembus Pasar Internasional Keripik Lokal “Momchips” Tembus Pasar Internasional Keripik Lokal “Momchips” Tembus Pasar Internasional Keripik Lokal “Momchips” Tembus Pasar Internasional Keripik Lokal “Momchips” Tembus Pasar Internasional Keripik Lokal “Momchips” Tembus Pasar Internasional Keripik Lokal “Momchips” Tembus Pasar Internasional Keripik Lokal “Momchips” Tembus Pasar Internasional umkm pertamina Keripik Lokal “Momchips” Tembus Pasar Internasional Keripik Lokal “Momchips” Tembus Pasar Internasional

PT Pertamina (Persero) terus berupaya mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia agar naik kelas, sebagaimana yang dilakukan oleh Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus).

Salah satu UMKM Mitra Binaan PT Pertamina MOR V Wilayah Jatimbalinus yang naik kelas selama tiga tahun terakhir ini, adalah CV Arjuna 999 milik Hari Mastutik.

UMKM ini memproduksi rempeyek dan aneka keripik dengan brand “Momchips”. Khusus untuk keripik, ada tiga bahan yang digunakan. Pertama, buah-buahan seperti apel, nanas, pisang, nangka, rambutan, klengkeng, durian, dan lainnya. Kedua, sayuran seperti brokoli, butternut, cabe, paprika, wortel, bayam, dan lainnya. Ketiga, ubi-ubian seperti singkong, ubi cilembu, ubi ungu, dan sejenisnya.

Yang patut dibanggakan dari UMKM lokal asal Kota Batu, Jawa Timur ini, adalah sebagian produknya telah mampu menembus pasar Internasional, di antaranya seperti Amerika, Kanada, Maladewa, Hongaria, Korea, Jepang, Australia, Belanda, Qatar, Turki, Brunei Darussalam, Malaysia, dan beberapa negara lainnya.

Sedangkan di dalam negeri, produk keripik “Momchips” telah tersebar di 200 lebih supermarket di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), dan beberapa kota lainnya.

Sebelum pandemi Covid-19 melanda negeri, setiap bulan CV Arjuna 999 mampu memproduksi sekitar 8 sampai 10 ton bahan baku menjadi aneka macam keripik. Lalu tatkala terjadi pandemi, produksinya menurun menjadi 5 sampai 7 ton. Dan kini, mulai menunjukkan adanya peningkatan kembali pada jumlah produksinya.

UMKM yang dinahkodai oleh wanita single parent ini mengalami perkembangan signifikan sejak bergabung menjadi Mitra Binaan dari PT Pertamina (2019). Selain bantuan modal, Pertamina juga melakukan pembinaan, memberikan pelatihan serta kesempatan untuk mengikuti pameran-pameran berskala lokal maupun nasional.

Pertamina pun selalu siaga untuk membantu UMKM agar bangkit sebagai wujud implementasi dari Sustainable Development Goals/SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) khususnya terkait dengan Pertumbuhan Ekonomi. Hingga saat ini, tercatat sudah ada 8.621 UMKM Mitra Binaan Pertamina di wilayah Jatimbalinus yang naik kelas selama kurun waktu 1993 sampai 2021.*

Foto dan Teks: Achmad Fazeri

Rep: Achmad Fazeri
Editor: Ibnu Sumari

Berita Terkait

Anggota DPR Dukung Gelar Pahlawan Nasional untuk KH. Sholeh Darat Semarang

Anggota DPR Dukung Gelar Pahlawan Nasional untuk KH. Sholeh Darat Semarang

Ada Ulama “Jadi-Jadian” Karena Kesalahan Ilmu

Ada Ulama “Jadi-Jadian” Karena Kesalahan Ilmu

Dubes AS Dinilai Telah Mengintervensi Indonesia soal LGBT

Dubes AS Dinilai Telah Mengintervensi Indonesia soal LGBT

PB Al Washliyah Dukung Eksistensi FPI

PB Al Washliyah Dukung Eksistensi FPI

Pemimpin Bosnia Puji Erdogan sebagai Pemimpin Besar

Pemimpin Bosnia Puji Erdogan sebagai Pemimpin Besar

Baca Juga

Berita Lainnya