Rabu, 1 Desember 2021 / 25 Rabiul Akhir 1443 H

[Iqra’] Bertafakkur di Puncak Bromo

[Iqra’] Bertafakkur di Puncak Bromo [Iqra’] Bertafakkur di Puncak Bromo [Iqra’] Bertafakkur di Puncak Bromo [Iqra’] Bertafakkur di Puncak Bromo [Iqra’] Bertafakkur di Puncak Bromo [Iqra’] Bertafakkur di Puncak Bromo [Iqra’] Bertafakkur di Puncak Bromo [Iqra’] Bertafakkur di Puncak Bromo

Hidayatullah.com– Anda tentu sudah tak asing lagi dengan objek wisata Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur. Apa yang terbayang ketika mengunjungi kawasan pegunungan ini?

Hamparan lautan Pasir Berbisik, kuda-kuda yang tampak kokoh mendaki bebukitan, langit yang cerah, bibir Bromo yang mencengangkan, lubang kawahnya yang, laa haula wala quwwata illa billah….

Selasa (24/02/2015) pagi, ketika asap belerang dari mulut kawah membumbung ke angkasa, para pengunjung tampak tak tahan menghirupnya. Sebagian bahkan tampak bergidik menyaksikan pemandangan kawah Bromo dari bibir puncaknya.

“(Seperti) neraka, (seperti) neraka,” ujar seorang pria sembari turun meninggalkan puncak Bromo.

Tentu, kengerian neraka sangat jauh lebih dahsyat dibanding “sekadar” Bromo. Namun, berkunjung ke Bromo rasanya sudah cukup bagi kita untuk bertafakkur kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Betapa, begitu kerdilnya manusia walau hanya dibandingkan dengan ciptaan-Nya berupa gunung.

Namun, di balik “kengerian” kawah tersebut, objek wisata Bromo menyimpan pemandangan lain yang eksotis. Tepatnya sebuah pegunungan yang biasa disebut “Bukit Teletubbies”. Bukit ini tampak indah dengan warna-warni hamparan rerumputan, bebungaan, dan tetumbuhan lainnya. Subhanallah.

Sayangnya, saat hidayatullah.com dan segenap kru Kelompok Media Hidayatullah mengunjungi kawasan wisata ini, keindahan mentari terbit dari balik pegunungan terhalang oleh langit yang mendung.

Bagi Anda yang belum pernah ke Bromo, sekali waktu sempatkanlah ke sini. Tentu bukan untuk bersenang-senang hingga terlena. Tapi untuk mentadabburi alam, sebagai tanda-tanda kekuasaan Allah, Tuhan Yang Maha Pencipta.*

Foto dan teks: Muh. Abdus Syakur/Hidayatullah.com

Rep: Muhammad Abdus Syakur
Editor: Muh. Abdus Syakur

Berita Terkait

haji umrah

Izin Ibadah Umrah Dibuka, DPR Imbau Pemerintah Siapkan Prokes Hingga Tekan Biaya Perjalanan ke Saudi

Yahudi dan Kaya, Roman Abramovich Mudah Dapat Kewarganegaraan Israel

Yahudi dan Kaya, Roman Abramovich Mudah Dapat Kewarganegaraan Israel

Berpacu dengan Misionaris di Papua

Berpacu dengan Misionaris di Papua

Menag Yaqut Sambut KNEKS yang Luncurkan Sinergi Akselerasi Pengembangan UMKM Industri Halal

Menag Yaqut Sambut KNEKS yang Luncurkan Sinergi Akselerasi Pengembangan UMKM Industri Halal

Di Persidangan PM Israel Bantah Dakwaan Korupsi

Di Persidangan PM Israel Bantah Dakwaan Korupsi

Baca Juga

Berita Lainnya