frontpage hit counter
Ini Dia Desa Bebas Asap Rokok Pertama di Dunia Ini Dia Desa Bebas Asap Rokok Pertama di Dunia Ini Dia Desa Bebas Asap Rokok Pertama di Dunia Ini Dia Desa Bebas Asap Rokok Pertama di Dunia Ini Dia Desa Bebas Asap Rokok Pertama di Dunia Ini Dia Desa Bebas Asap Rokok Pertama di Dunia Ini Dia Desa Bebas Asap Rokok Pertama di Dunia Ini Dia Desa Bebas Asap Rokok Pertama di Dunia Ini Dia Desa Bebas Asap Rokok Pertama di Dunia Ini Dia Desa Bebas Asap Rokok Pertama di Dunia

Ini Dia Desa Bebas Asap Rokok Pertama di Dunia

Hidayatullah.com– Indonesia selama ini disebut-sebut sebagai syurganya industri rokok dan para perokok. Namun, anggapan ini seakan hendak dimentahkan oleh Desa Bone-Bone.

Ini adalah desa yang bebas dari asap rokok pertama di dunia. Desa ini terletak di Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Desa Bone-Bone berada di kawasan perbukitan, dikelilingi perkebunan dan persawahan. Udaranya sejuk dan segar.

Di tempat ini banyak atribut kampanye menjaga kesehatan dengan tidak merokok, baik di rumah-rumah warga maupun di sarana publik seperti sekolah.

Di pintu gerbang masuk desa terdapat tulisan larangan merokok dan mengonsumsi minuman serta narkoba.

Jika warga berkumpul, jangan harap ada terhidang asbak rokok, apalagi rokoknya.

Anak-anak Desa Bone-Bone sudah merasakan pendidikan sejak SD. Lulus dari sini, mayoritas mereka sekolah ke sebuah pesantren di Macoppa.

Nuansa religius cukup terasa di desa ini. Shalat berjamaah di masjid rutin dilaksanakan warganya.

Para Muslimahnya pun mengenakan jilbab.

Suasana keagamaan itu juga terasa di area sawah. Saat mereka berkebun, jika masuk Zhuhur, misalnya, mereka menghentikan aktifitasnya.

Mereka pun mendirikan shalat di berbagai tempat di persawahan. Termasuk di gubuk-gubuk yang tersedia.

Foto-foto diambil pada 14-15 Agustus 2015. [Lihat juga suasana di Lambara]*

Foto dan teks: Muh. Abdus Syakur/Hidayatullah.com

Baca Juga