Hidayatullah.com http://www.hidayatullah.com Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran Sat, 12 Oct 2019 20:34:27 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.8 61797197 Syabab Hidayatullah Jatim Adakan Jambore Bela Negara http://www.hidayatullah.com/berita/berita-dari-anda/read/2019/10/12/172064/syabab-hidayatullah-jatim-adakan-jambore-bela-negara.html Sat, 12 Oct 2019 16:14:11 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=172064

"Sangat berbahaya, bila generasi muda Muslim tidak peduli dengan persoalan bangsa. Negara ini bisa hancur, sebab generasi pelanjutnya tidak menyiapkan diri dengan matang"

The post Syabab Hidayatullah Jatim Adakan Jambore Bela Negara appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com– Animo tingginya minat generasi muda untuk hijrah, menjadi penekanan tersendiri oleh Kabid Dakwah dan Sosial Hidayatullah, Jawa Timur, Ridho Suripto.

Hal itu disampaikannya, ketika memberi sambutan pada pembukaan ‘Jambore Bela Negara,’ Syabab Hidayatullah Jawa Timur, yang bertempat di kampus Pondok Pesantren Hidayatullah, Probolinggo (11/10/2019).

“Fenomena ini harus disambut oleh Syabab Hidayatullah,” gugahnya.

Ustadz Ripto, begitu sosok itu akrab disapa, menuturkan, bahwa hal itu menjadi mementum penting bagi generasi muda untuk melakukan perubahan yang lebih baik.

Untuk itu, harapnya, Syabab Hidayatullah harus hadir. Mengambil bagian dalam membimbing para Sahabat Hijrah, yang setiap hari terus bertambah.

“Buatlah program-program yang akan mendukung proses hijrah sahabat-sahabat kita itu,” usulnya.

Karena itu, mantan Ketua DPD Hidayatullah Jember ini, sangat mengapresiasi program pengadaan klinik hapus tato, yang diinisiasi oleh pengurus Syabab Jatim.

“Program itu sangat tepat. Karena tidak sedikit para Sahabat Hijrah itu ingin hijrah total. Termasuk menghapus tato yang melekat di badan mereka,” ujarnya.

Sementara itu, Syahri Sauma, ketua Syabab Jawa Timur, menggugah para peserta Jambore, untuk memiliki kepeduliaan dalam persoalan kebangsaan.

Hal ini penting, karena mengingat, di tangan pemuda inilah masa depan bangsa akan diserahkan.

“Sangat berbahaya, bila generasi muda Muslim tidak peduli dengan persoalan bangsa. Negara ini bisa hancur, sebab generasi pelanjutnya tidak menyiapkan diri dengan matang,” ujarnya.

Menguatkan pandangannya, pengarang buku ‘Dai dan Prostitusi’ itu mengutip pernyataan bapak Proklamator Indonesia; Ir. Soekarno.

“Bangsa ini harus dibangun dengan mendahulukan pembangunan karakter, kalau tidak dilakukan bangsa Indonesia akan menjdi bangsa kuli,” gugahnya dengan nada tinggi.* (Khairul Hibri)

The post Syabab Hidayatullah Jatim Adakan Jambore Bela Negara appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
172064
Walau Pindah, Muslim United Tetap Berlangsung Semarak http://www.hidayatullah.com/berita/nasional/read/2019/10/12/172061/walau-pindah-muslim-united-tetap-semarak.html Sat, 12 Oct 2019 15:23:42 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=172061

Warga Bantul ini terpaksa menonton ceramah Ustadz Abdul Somad (UAS) di Masjid Jogokariyan dari layar di Aula Masjid Gedhe Kauman.

The post Walau Pindah, Muslim United Tetap Berlangsung Semarak appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com– Acara Muslim United dilanjutkan di Masjid Jogokariyan Yogyakarta sejak Sabtu (12/10/2019). Tapi sebagian masyarakat masih memadati Masjid Gedhe Kauman, sebagian datang ke sini karena sudah tidak mendapatkan akses ke Masjid Jogokariyan.

Seperti Marzuki Dahlan (64 tahun), warga Bantul ini terpaksa menonton ceramah Ustadz Abdul Somad (UAS) di Masjid Jogokariyan dari layar di Aula Masjid Gedhe Kauman.

“Layar saja di sana (Masjid Jogokariyan) sudah tidak kelihatan. Saya tadi di sana sudah sesak. Jadi saya ke Masjid Gedhe, di sini bisa bisa lihat walaupun hanya lewat layar,” ujarnya.

Jamaah membludak sampai di Pom Bensi Jogokariyan, meski acara dipindah

Marzuki Dahlan sendiri sudah mengikuti acara Muslim United ini sejak hari pertama. Ia bersemangat karena banyak tokoh nasional hadir. Namun ia enggan menanggapi perihal pemindahan acara ini.

“Mungkin Sultan juga dapat tekanan dari luar,” ujarnya. Acara Muslim United pindah karena Sultan tidak memberikan izin.

Di Masjid Gedhe Kauman masih ramai dipadati peserta Muslim United. Mereka mengikuti acara lewat layar yang dipasang panitia di ruang utama masjid. Para peserta ke sini karena tak bisa ke Masjid Jogokariyan.

Dari pantauan hidayatullah.com para peserta di Masjid Jogokariyan juga sudah penuh hingga SPBU yang berjarak 400 meter dari masjid. Bahkan banyak peserta yang duduk di sekitar SPBU sambil mendengarkan acara lewat speaker yang disiapkan panitia.* Rofi Munawwar

The post Walau Pindah, Muslim United Tetap Berlangsung Semarak appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
172061
Din Syamsuddin: Peristiwa Wiranto Mengapa Bisa Kebobolan? http://www.hidayatullah.com/berita/nasional/read/2019/10/12/172056/din-syamsuddin-peristiwa-wiranto-mengapa-bisa-kebobolan.html Sat, 12 Oct 2019 15:12:11 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=172056

"Suasana ini tidak positif karena menunjukkan bahwa negara sesungguhnya tidak aman, dan negara akan dianggap gagal mengemban amanat Konstitusi"

The post Din Syamsuddin: Peristiwa Wiranto Mengapa Bisa Kebobolan? appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com– Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI) Prof Din Syamsuddin mempertanyakan kinerja aparat terkait kasus penyerangan terhadap Menko Polhukam Wiranto.

Sebelumnya Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan (BG), mengatakan pihaknya sudah tiga bulan mengintai Syaril Alamsyah, pria yang menusuk Wiranto di Pandeglang, Banten, baru-baru ini.

“Tentang peristiwa Bapak Wiranto saya membaca di media bahwa pihak keamanan sudah sejak tiga bulan lalu memantau pelaku penusukan. Pikiran awam saya bertanya, mengapa justeru bisa kebobolan?” ungkap Din dalam pernyataannya diterima hidayatullah.com, Sabtu (12/10/2019).

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah ini mengatakan, atas kejadian itu, rakyat kecil akan merasa lebih terancam keamanannya karena pejabat tinggi, termasuk Menko Urusan Keamanan pun, tidak terjamin keamanannya.

“Suasana ini tidak positif karena menunjukkan bahwa negara sesungguhnya tidak aman, dan negara akan dianggap gagal mengemban amanat Konstitusi yakni melindungi rakyat warga negara,” lanjutnya.

Din juga menyinggung narasi yang digaungkan elite terkait di balik kejadian penyerangan terhadap Wiranto tersebut.

“Tentang penyimpulan bahwa pelaku tindak kekerasan adalah orang yang terpapar ekstremisme dan radikalisme apalagi menyebut kelompok ISIS, pada hemat saya, merupakan simplifikasi masalah yang tidak akan mengakhiri masalah serta merupakan generalisasi yang berbahaya.

Sebagian warga masyarakat, khususnya umat Islam, banyak yang sudah merasa bosan dengan pendekatan seperti itu dan akhirnya hilang kepercayaan dan kemudian bersikap abai,” paparnya.

Akhirnya, pungkas Din, “Janganlah hendaknya Kasus Pandeglang tersebut memalingkan perhatian bangsa terhadap persoalan-persoalan kebangsaan yang mendasar, yaitu menjaga persatuan hakiki, merawat kemajemukan sejati, dan membangun infrastruktur negeri jasmani serta rohani.”*

The post Din Syamsuddin: Peristiwa Wiranto Mengapa Bisa Kebobolan? appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
172056
Baru Enam Bulan Dilantik, Pejabat Menteri Keamanan Dalam Negeri AS Mundur http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2019/10/12/172053/baru-enam-bulan-dilantik-pejabat-menteri-keamanan-dalam-negeri-as-mundur.html Sat, 12 Oct 2019 11:32:24 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=172053

Hidayatullah.com—Kevin McAleenan mengundurkan diri dari jabatannya memimpin Departemen Keamanan dalam Negeri Amerika Serikat, hanya enam bulan setelah diangkat. Lewat Twitter, […]

The post Baru Enam Bulan Dilantik, Pejabat Menteri Keamanan Dalam Negeri AS Mundur appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com—Kevin McAleenan mengundurkan diri dari jabatannya memimpin Departemen Keamanan dalam Negeri Amerika Serikat, hanya enam bulan setelah diangkat.

Lewat Twitter, Presiden Donald Trump mengatakan bahwa McAleenan ingin menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarganya. Trump juga mengatakan penggantinya akan diumumkan pekan depan, lansir BBC Sabtu (12/10/2019).

McAleenan, 48, merupakan orang keempat yang menduduki kursi menteri keamanan dalam negeri AS selama Trump menjabat presiden.

Para analis menduga perselisihan soal kebijakan keimigrasian menjadi penyebab ketidakharmonisan hubungan antara Menteri McAleenan dan Presiden Trump.

McAleenan bertindak sebagai pimpinan Departemen Keamanan Dalam Negeri AS setelah kursinya ditinggakan oleh Kirstjen Nielsen, yang dituding Trump kurang keras dalam mengontrol imigrasi.

Semasa pemerintahan Presiden Barack Obama, McAleenan menjabat deputi komisioner Customs and Border Protection (CBP).

Pada tahun 2018, McAleenan dihujani kecaman media karena melaksanakan kebijakan zero tolerance Presiden Trump, yang mengakibatkan ribuan migran anak dipisahkan dari orangtua atau walinya. Ketika itu dia berdalih instansi yang dipimpinnya hanya melaksanakan undang-undang dan bukan membuatnya.*

The post Baru Enam Bulan Dilantik, Pejabat Menteri Keamanan Dalam Negeri AS Mundur appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
172053
Dibayar Riyadh, Amerika Serikat Tambah Pasukan di Arab Saudi http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2019/10/12/172050/dibayar-riyadh-amerika-serikat-tambah-pasukan-di-arab-saudi.html Sat, 12 Oct 2019 11:09:28 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=172050

Hidayatullah.com—Amerika Serikat mengumumkan pengerahan pasukan tambahan ke Arab Saudi, hari Jumat (11/10/2019), guna memperkuat pertahanan kerajaan itu setelah serangan 14 […]

The post Dibayar Riyadh, Amerika Serikat Tambah Pasukan di Arab Saudi appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com—Amerika Serikat mengumumkan pengerahan pasukan tambahan ke Arab Saudi, hari Jumat (11/10/2019), guna memperkuat pertahanan kerajaan itu setelah serangan 14 September atas fasilitas-fasilitas minyaknya, yang ditudingkan Washington dan Riyadh ke Iran.

Pentagon mengatakan pengerahan kekuatan militer Amerika Serikat ke Arab Saudi itu termasuk skuadron pesawat tempur, unit ekspedisi udara dan personel pertahanan udara. Ditambah 200 tentara yang dikirim ke Saudi bulan lalu, total ada sekitar 3.000 personel militer yang dikerahkan Washington, lapor Reuters.

Guna meningkatkan pertahanan Saudi, Pentagon mengatakan pihaknya mengirimkan tambahan dua unit rudal Patriot dan satu Terminal High Altitude Area Defense system (THAAD).

Menteri Pertahanan AS Mark Esper mengatakan kepada para reporter bahwa pengerahan itu ditujukan guna menghalau serangan Iran.

Presiden Donald Trump mengatakan Amerika Serikat tidak akan menanggung biaya pengerahan kekuatan militer tersebut. “Arab Saudi, atas permintaan saya, sudah setuju untuk membayar kita (AS) atas apapun yang kita lakukan,” kata Trump kepada awak media.

Sebagian sekutu politik Trump dari kalangan Partai Republik menyeru agar dilakukan serangan balasan terhadap Iran. Namun, Trump sejauh ini masih menolak usulan itu.

Tidak jelas apakah pasukan diumumkan akan diberangkatkan itu merupakan pengganti dari pasukan Amerika yang direncanakan pulang kandang dalam beberapa pekan atau bulan mendatang.

Pentagon juga belum mengumumkan apakah akan akan mengganti kapal induk USS Abraham Lincoln dan satuan tempurnya ketika tugas mereka mengarungi lautan Timur Tengah selesai.

Esper menolak menjelaskan apakah kapal induk itu, yang mengangkut ribuan personel dan banyak persenjataan, akan diganti.*

The post Dibayar Riyadh, Amerika Serikat Tambah Pasukan di Arab Saudi appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
172050
Banyak Masjid di Jerman Dapat Ancaman Bom, Polisi Geledah Kelompok Ekstrimis Sayap Kanan http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2019/10/12/172048/banyak-masjid-di-jerman-dapat-ancaman-bom-polisi-geledah-kelompok-ekstrimis-sayap-kanan.html Sat, 12 Oct 2019 10:23:04 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=172048

Hidayatullah.com—Pihak berwenang melakukan penggerebekan di berbagai daerah di Jerman hari Rabu (9/10/2019) pagi sebagai bagian dari investigasi terhadap surat-surat ancaman […]

The post Banyak Masjid di Jerman Dapat Ancaman Bom, Polisi Geledah Kelompok Ekstrimis Sayap Kanan appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com—Pihak berwenang melakukan penggerebekan di berbagai daerah di Jerman hari Rabu (9/10/2019) pagi sebagai bagian dari investigasi terhadap surat-surat ancaman yang diyakini dikirim oleh kelompok-kelompok ekstrimis sayap kanan.

Sekitar 120 petugas ambil bagian dalam penggerebekan di negara bagian Baden-Württemberg dan Bavaria serta negara bagian Thuringia dan Sachsen-Anhalt.

Joachim Herrmann, menteri dalam negeri negara bagian Bavaria, mengatakan pihak berwenang menyelidiki tujuh tersangka. Enam tersangka sempat ditahan tetapi kemudian dilepas di akhir operasi, sementara tersangka ketujuh belum ditemukan, lansir DW.

Pihak berwenang tidak mengungkap lokasi penggerebekan, tetapi mereka mengatakan beberapa alat penyimpan data disita dalam operasi itu dan sedang dianalisis.

Pada bulan Juli, total ada 23 pesan ancaman yang dikirimkan ke masjid-masjid, organisasi keislaman, kantor-kantor partai politik dan perusahaan media serta pusat penerimaan pengungsi di wilayah Bavaria.

Di antara surat ancaman itu, ada yang menyebutkan soal pemboman atas kelompok dan institusi. Pesan-pesan itu dikirim dengan tujuan menimbulkan rasa takut di kalangan warga dan mengusik kedamaian dalam masyarakat, kata Herrmann.

Di bagian akhir surat-surat ancaman tersebut, penulisnya menyebutkan sejumlah nama kelompok ekstrimis sayap kanan dan neo-Nazi termasuk Volksfront, Combat 18 atau Blood & Honour.

Kelompok Combat 18 mengambil alih pengelolaan jaringan neo-Nazi Blood & Honour, yang dinyatakan sebagai kelompok terlarang di Jerman pada tahun 2000.*

The post Banyak Masjid di Jerman Dapat Ancaman Bom, Polisi Geledah Kelompok Ekstrimis Sayap Kanan appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
172048
Data Ratusan Ribu Pelanggan Situs Prostitusi Belanda Dicuri Peretas http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2019/10/12/172046/data-ratusan-ribu-pelanggan-situs-prostitusi-belanda-dicuri-peretas.html Sat, 12 Oct 2019 09:22:17 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=172046

Hidayatullah.com—Data lebih dari 250.000 orang pengguna situs prostitusi di Belanda dicuri oleh peretas. Alamat email, nama pengguna dan password-nya dicuri […]

The post Data Ratusan Ribu Pelanggan Situs Prostitusi Belanda Dicuri Peretas appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com—Data lebih dari 250.000 orang pengguna situs prostitusi di Belanda dicuri oleh peretas.

Alamat email, nama pengguna dan password-nya dicuri dari situs Hookers.nl.

Pelaku diyakini memanfaatkan celah dalam piranti lunak ruang obrolan situs itu yang ditemukan bulan lalu.

Berbagai laporan menyebutkan peretas yang mencuri data tersebut telah menawarkannya untuk dijual di pasar gelap dunia maya.

Hookers.nl “tidak senang” dengan serangan siber itu, kata jubir medianya Tom Lobermann kepada lembaga penyiaran Belanda NOS seperti dilansir BBC Jumat (11/10/2019).

Lobermann mengatakan para pekerja seks komersial yang menggunakan situs itu dan klien yang mengunjungi mereka berada dalam bahaya apabila data mereka dicuri lalu dijual. Dia mengatakan pihak pengelola sudah memberitahu orang-orang yang memiliki akun di situs tersebut perihal peretasan itu.

Pesan yang dikirimkan administrator situs juga menyarankan agar orang mengubah kata sandi mereka.

Redaktur teknologi NOS Joost Schellevis, yang sudah melihat sebagian data dari file yang dicuri dan ditawarkan kepada pembeli, mengatakan bahwa mengidentifikasi pengguna situs melalui alamat email mereka tidaklah sulit.

Schellevis mengatakan sudah mengontak tersangka peretasan yang mengatakan dirinya tidak merasa bersalah dengan tindakan yang dilakukannya.

Tersangka mengatakan kepada NOS, “Saya bukan orang jahat. Pertanyaannya bukan apakah situs Anda diretas, tetapi kapan.”

Peretas itu juga mengatakan bahwa sejumlah orang tertarik untuk membeli data tersebut.

Hookers.nl menggunakan program yang populer digunakan untuk forum dan diskusi online bernama vBulletin. Pada akhir September, peneliti keamanan siber menemukan ada celah di program itu yang dapat dimanfaatkan untuk mencuri data.

VBulletin bergerak cepat untuk menutup celah itu, tetapi beberapa situs lebih dulu diretas sebelum mereka memasang pelindungnya.

Prash Somaiya, manajer program teknis di HackerOne mengatakan bahwa penyerangan terhadap situs semacam Hookers.nl merupakan kemenangan bagi penjahat siber, karena mereka dapat menjual datanya sekaligus memeras pengguna.

“Para penjahat oportunis lain yang melihat berita ini juga mungkin akan memanfaatkannya untuk berusaha memeras pengguna dengan berpura-pura sebagai pelaku peretasan sesungguhnya dan memeras siapa saja yang terpedaya olehnya,” kata Somaiya.*

The post Data Ratusan Ribu Pelanggan Situs Prostitusi Belanda Dicuri Peretas appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
172046
Kisah Peserta Muslim United dari Malaysia dan Harapannya untuk Generasi Muda http://www.hidayatullah.com/feature/read/2019/10/12/172040/kisah-peserta-muslim-united-dari-malaysia-dan-harapannya-untuk-generasi-muda.html Sat, 12 Oct 2019 08:51:33 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=172040

Menurut Lia, fenomena seperti Muslim United ini jarang di Malaysia. Pelajaran agama di sana biasa hanya diadakan di ruang-ruang kelas atau kuliah.

The post Kisah Peserta Muslim United dari Malaysia dan Harapannya untuk Generasi Muda appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

ACARA Muslim United ke-2 yang diadakan di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta lalu dipindahkan ke Masjid Jogokariyan, Yogyakarta, menjadi magnet bagi pemuda-pemudi dari berbagai penjuru daerah.

Mereka yang ingin mengaji atau belajar agama berbondong-bondong datang ke tempat ini. Bukan hanya dari dari Indonesia beberapa peserta datang dari luar negeri. Salah satunya Lia, peserta dari Kuala Lumpur, Malaysia.

Jauhnya jarak Kuala Lumpur – Yogyakarta tidak menjadi halangan bagi Lia untuk hadir di Muslim United ke-2 ini. Berbeda negara dan kebangsaan bukan rintangan berarti. Apalagi tema acaranya “Sedulur Saklawase” yang berbahasa jawa, juga tidak masalah baginya.

Berhubung ia orang Malaysia, kami mencoba menanyakan apakah Lia mengerti dengan tema ini, “Tahu, Mas. Saya Google for the firs time, (artinya) ‘saudara selamanya’,” ujarnya kepada hidayatullah.com, Jumat (11/10/2019) saat acara masih berlangsung di Masjid Gedhe.

Ia pun memakai panggilan “Mas” untuk menyesuaikan diri selama berada di Kota Gudeg ini.

Baca: Hari Kedua Muslim United Pindah ke Masjid Jogokariyan

Nama lengkapnya Muliana binti Laribe, wanita berumur 26 tahun ini asli warga Malaysia. Ia melihat semangat anak muda belajar di majelis ilmu membuatnya tergerak untuk membeli tiket penerbangan Kuala Lumpur ke Yogyakarta.

“Saya suka semangat anak muda yang boleh (bisa, red) berkumpul bersama mengadakan majelis ilmu dimana saya tidak berpeluang dan tidak pernah mengikuti acara begini secara besar-besaran. Saya ingin merasai sendiri hadir ke acara seperti ini. Saya ingin berada di jalan anak-anak muda yang membangkitkan semangat seorang Muslim,” ujarnya membicarakan motivasinya datang jauh-jauh.

Lia adalah seorang accountant assistant dan private tutor di Kuala Lumpur. Ia sudah lama bertekad untuk ‘ngaji’ ke Indonesia. “Niat saya lillahi Ta’ala. Demi mencari ridha Allah,” tambah Lia, menjelaskan perihal niatnya mengikuti acara ini.

Baca: FUI Yogyakarta: Muslim United Bentuk Kepedulian Anak-anak Muda

Akhir-akhir ini, fenomena kaum muda yang hijrah dan semangat ngaji atau belajar agama memang sedang mewarnai generasi muda Indonesia. Berbagai acara ngaji atau belajar agama semarak diadakan secara kreatif dimana-mana. Termasuk kegiatan Muslim United ini.

Menurut Lia, fenomena seperti ini jarang di Malaysia. Pelajaran agama di sana biasa hanya diadakan di ruang-ruang kelas atau kuliah. Ia sendiri sudah terbiasa mendengar penceramah-penceramah dari Indonesia di Youtube. Dengan acara Muslim United ini ia bisa langsung mendengar ceramah mereka.

Banyak ustadz Indonesia yang ia suka dengar ceramahnya, bahkan ia menyebutkan satu per satu mereka. “Ustadz Abdul Somad, Ustadz Hanan Attaki, Ustadz Adi Hidayat, Ustadz Felix Siauw, Ustadz Handy Bonny, dan Ustadz Das’ad Latif,” ujarnya.

Menariknya, ada nama Ustadz Das’ad Latif di daftar ustadz yang ia sering dengar. Ustadz yang satu ini sering menyampaikan ceramahnya dengan bahasa Bugis.

Bagaimana Lia bisa memahami isi ceramah ustadz kondang asal Sulawesi Selatan itu?

“(Saya) paham bahasa Bugis karena nenek saya berasal dari Sulawesi selatan. Alhamdulillah paham sekali bahasa Bugisnya,” ujar Lia tentang asal usulnya.

Baca: Hannan Attaki: Jadikan Persaudaraan sebagai Pola Pikir, Rasa, dan Selera

Lia sendiri mendapatkan informasi acara Muslim United ini dari media sosial. Menurutnya sudah lama ia ingin mengikuti acara ini.

“Saya tahu dari akun Instagram Muslim United. Follow dari tahun lepas Muslim United 1, tapi tidak sempat join kerana tahu selepas Muslim United 1 diadakan,” katanya.

Lia sangat bersyukur karena dapat dimudahkan untuk menghadiri acara Muslim United ini. Sebagai tempat menambah ilmu agamanya. Selain itu ia bukan hanya peserta, ia juga menjadi panitia yang ditugasi membantu tim media dan tim manajemen file di kepanitiaan Muslim United ini.

“Alhamdulillah ada sahabat yang jadi panitia di Muslim United ini yang direct message saya di Instagram untuk confirmation date acara. Langsung ditawari menjadi volunteer,” ujar Lia.

Jumlah panitia acara Muslim United sendiri lebih dari 1.000 yang terdiri dari berbagai ormas Islam dan elemen masyarakat.

Baca: Hari Pertama, Peserta Muslim United Membludak

Lia berharap semoga acara seperti Muslim United ini dapat konsisten dan bisa membimbing anak-anak muda dari semua daerah kemudian beraktivitas kesadaran karena Allah.

“Yang paling pasti semoga anak-anak Malaysia boleh (bisa) mengambil inisiatif dan iktibar dari program semacam ini,” ujar Lia semangat.

Muslim United kedua ini berlangsung sejak Jumat (11/10/2019) hingga Ahad (13/10/2019). Setelah tidak mendapat izin dari pihak Kraton, acara dipindahkan ke Masjid Jogokariyan sejak hari kedua, Sabtu (12/10/2019) sore pukul 15.00 WIB.* Rofi Munawwar

The post Kisah Peserta Muslim United dari Malaysia dan Harapannya untuk Generasi Muda appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
172040
Hari Kedua Muslim United Pindah ke Masjid Jogokariyan http://www.hidayatullah.com/berita/nasional/read/2019/10/12/172035/hari-kedua-muslim-united-pindah-ke-jogokariyan.html Sat, 12 Oct 2019 07:50:41 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=172035

Proses pemindahan pun sudah dilakukan. Para peserta sudah mulai berdatangan ke Masjid Jogokariyan yang berjarak hanya 3 kilometer ini.

The post Hari Kedua Muslim United Pindah ke Masjid Jogokariyan appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com– Pemindahan acara Muslim United dari Masjid Gedhe Kauman ke Masjid Jogokariyan, Yogyakarta, atas keputusan bersama sejumlah pihak terkait.

Yaitu Forum Ukhuwah Islamiyyah (FUI) selaku penyelenggara acara, Takmir Masjid Gedhe Kauman, dan Panitia Acara Muslim United kedua.

Pengumuman pemindahan ini disampaikan dalam rilis resminya.

“Bismillah, Kami Pindah!” demikian judul rilis yang diterima hidayatullah.com, Sabtu (12/10/2019).

Baca: FUI Yogyakarta: Muslim United Bentuk Kepedulian Anak-anak Muda

“Dengan mengharap ridho Allah dan berdasarkan keputusan bersama antara FUI DIY, Takmir Masjid Gede Kauman dan Official Crew Muslim United #2; maka Muslim United #2 mulai sore ini tanggal 12/10/2019 jam 15.00 WIB akan berlangsung di Masjid Jogokariyan Yogyakarta.” demikian isi rilis tersebut.

Pengurus Takmir Masjid Jogokariyan, Luthfi Alwi membenarkan hal ini. acara dipindah dari Masjid Gedhe Kauman ke Masjid Jogokariyan.

“Maka kita sudah bermusyawarah, sepakat InsyaaAllah mulai jam tiga acara Muslim United tetap berlanjut di Masjid Jogokariyan,” ujarnya.

Baca: Hari Kedua, Acara Muslim United Dipindah ke Masjid Jogokariyan

Proses pemindahan pun sudah dilakukan. Para peserta sudah mulai berdatangan ke Masjid Jogokariyan yang berjarak hanya 3 kilometer ini.

“Pengurus takmir Jogokariyan mempersiapkan infastruktur yang terkait Muslim United,” tambah Luthfi Alwi.* Rofi Munawwar

The post Hari Kedua Muslim United Pindah ke Masjid Jogokariyan appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
172035
Din: Singkap kemungkinan Aktor Intelektualis Penusuk Wiranto http://www.hidayatullah.com/berita/nasional/read/2019/10/12/172021/din-singkap-kemungkinan-aktor-intelektualis-penusuk-wiranto.html Sat, 12 Oct 2019 07:39:22 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=172021

"Saya bersedih bahwa peristiwa tersebut terjadi"

The post Din: Singkap kemungkinan Aktor Intelektualis Penusuk Wiranto appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com– Ketua Dewan Pertimbangan MUI Prof M Din Syamsuddin turut bersedih atas kejadian penusukan terhadap Menko Polhukam Jenderal TNI (Purn) Wiranto baru-baru ini di Pandeglang, Banteng.

Selain mengecam kejadian penusukan tersebut, Din meminta agar kejadian seperti diusut dan diungkap tuntas termasuk aktor di baliknya.

“Sebaiknya kejadian demi kejadian seperti itu dapat diselesaikan secara tuntas dengan menyingkap pelakunya dan kemungkinan ada aktor intelektualis di baliknya,” ujar Din dalam pernyataannya diterima hidayatullah.com, Sabtu (12/10/2019).

Baca: Prabowo Nilai Penusukan Wiranto Aksi Liar yang Sulit Dicegah

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah ini mengatakan, apa yang selalu dilakukan pihak berwajib selama ini dengan secara cepat menyimpulkan pelakunya terpapar ekstremisme atau terkait dengan kelompok radikal (jika terjadi atas pejabat) atau orang gila (jika terjadi atas ulama/tokoh agama) tidak menyelesaikan dan tidak akan menuntaskan akar masalah.

“Sebagai masyarakat cinta damai, kita patut mengecam berbagai bentuk tindak kekerasan oleh siapapun dan atas nama apapun, baik atas nama agama ataupun atas nama kepentingan politik; baik tindak kekerasan itu mengenai para pejabat negara maupun tokoh agama seperti yang pernah terjadi beberapa waktu lalu,” tambah Din.

Baca: Menkopolhukam Wiranto Diserang, Alami Luka, Dibawa ke RSPAD

Din mengatakan, kasus Pandeglang 10 Oktober 2019 yang menimpa Wiranto itu sebaiknya diselesaikan secara jernih dengan melakukan proses penegakan hukum secara transparan, imparsial, dan berkeadilan.

“Jika tidak, maka masing-masing pihak akan mengemukakan versi dan interpretasinya dengan “bukti-bukti” sebagai disinformasia (“penyesatan informasi”) terhadap pihak lain. Suasana demikian akan menimbulkan sikap saling tidak percaya satu sama lain,” ujarnya.

“Saya bersedih bahwa peristiwa tersebut terjadi dan berdoa semoga Bapak Wiranto sehat walafiat dan dapat kembali menunaikan tugas sehari-hari,” ungkap Din juga turut mendoakan.

Baca: RSUD: Wiranto Terkena 2 Tusukan di Perut

Sebelumnya, Menko Polhukam Wiranto diserang oleh orang tidak dikenal di alun-alun Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten, Kamis (10/10/2019). Wiranto kemudian dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkah Pandeglang.

Dalam kejadian itu, Wiranto terkena dua tusukan di bagian perut, kata Direktur Utama RSUD Berkah, Firman.

Agus Zaini, tenaga ahli Wiranto, melalui keterangan tertulis, Jumat (11/10/2019), mengatakan usus halus mantan Panglima ABRI itu harus dipotong sepanjang 40 cm karena terluka kena tusukan. Wiranto masih harus menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.*

The post Din: Singkap kemungkinan Aktor Intelektualis Penusuk Wiranto appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
172021