Hidayatullah.com http://www.hidayatullah.com Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran Mon, 14 Jan 2019 16:26:51 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.8 61797197 Pidato Prabowo Paparkan 5 Strategi Utama “Indonesia Menang” http://www.hidayatullah.com/berita/nasional/read/2019/01/14/158229/pidato-prabowo-paparkan-5-strategi-utama-indonesia-menang.html Mon, 14 Jan 2019 15:59:56 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=158229

Strategi pertama, kata Prabowo, yaitu melakukan reorientasi pembangunan dan pengelolaan Republik Indonesia.

The post Pidato Prabowo Paparkan 5 Strategi Utama “Indonesia Menang” appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com– Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, menyampaikan pidato kebangsaan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Senin (14/01/2019) malam ini.

Plenary Hall, ruang acara pidato, dipenuhi belasan ribu hadirin pendukung Prabowo-Sandiaga, bahkan sampai luar ruangan.

Full, hampir 12 ribuan (hadirin) karena full Plenary, Cenderawasih, dan seluruh ruangan luar. Kebanyakan mayarakat umum yang enggak bisa masuk karena enggak muat di dalam,” ujar salah seorang pemandu acara tersebut, Mustofa Nahrawardaya, kepada hidayatullah.com seusai acara.

Dalam pidatonya itu, Prabowo antara lain mengatakan, dirinya dan calon wakil presiden Sandiaga Salahuddin Uno akan melakukan lima strategi utama guna memperkokoh negara Indonesia jika nantinya terpilih pada Pilpres 2019.

Lima fokus utama program kerja nasional itu tercantum pada visi-misinya yang diberi judul “Indonesia Menang”.

Baca: BPN Prabowo-Sandi Sayangkan jika Internal KPU Berbeda Pandangan

Prabowo mengatakan, Indonesia tidak boleh jadi bangsa yang kalah. Indonesia tidak boleh jadi bangsa yang meminta-minta dan berutang terus dan tidak mampu membela rakyatnya sendiri.

Strategi pertama, kata Prabowo, yaitu melakukan reorientasi pembangunan dan pengelolaan Republik Indonesia.

Reorientasi adalah mengubah arah dari yang tidak benar ke arah yang benar yang membela kepentingan bangsa Indonesia, jelasnya.

“(Reorientasi itu) diperlukan karena bangsa yang kokoh hanya bisa diwujudkan jika negara tersebut bisa, pertama, swasembada pangan,” ujarnya dalam pidato kebangsaan yang disiarkan live streaming berbagai platform di media sosial dan sempat disiarkan langsung sejumlah TV swasta nasional tersebut.

Selain swasembada pangan, lanjutnya, juga swasembada energi. Prabowo menegaskan bahwa Indonesia harus bisa menghasilkan bahan bakar dari dalam negeri sendiri.

Kemudian, swasembada air bersih. Ia mengatakan, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah meramalkan bahwa pada tahun 2025 seluruh bumi akan mengalami krisis air.

Kemudian, negara yang kokoh harus membangun lembaga pemerintahan yang kuat, bersih, dan berintegritas. Perlu aparat pemerintah yang unggul dan jujur, baik TNI, Polri, jaksa, intelijen, dan sebagainya.

Negara yang kokoh pun, kata Prabowo, adalah negara membangun angkatan perang yang unggul dan setia kepada rakyat Indonesia. “Tentara yang kuat, tapi tentara rakyat yang setia kepada rakyat dan bangsa Indonesia,” tegasnya yang berdiri di samping cawapres Sandiaga Uno.

Strategi kedua, papar Prabowo, yaitu meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan sosial. Prabowo-Sandiaga mengaku akan memerangi kemiskinan, akan meningkatkan pelayanan kesehatan dan meningkatkan kualitas pendidikan.

Prabowo lantas mencontohkan pekerja di bidang kesehatan dan pendidikan yang harus diperhatikan kualitas hidupnya, antara lain seperti gaji para guru honorer dan dokter.

Ia mengatakan, nantinya akan memperjuangkan seluruh rakyat Indonesia agar memiliki jaminan kesehatan dan jaminan sosial lainnya.

Ketiga, Prabowo akan memastikan keadilan dalam penegakan hukum dan akan menjalankan demokrasi yang berkualitas. Sehingga, akan terjamin kemerdekaan berserikat, mengeluarkan pendapat, dan kebebasan pers.

Baca: Warga Paksa Sandiaga Resmikan Posko Prabowo-Sandi di Sulsel

Strategi keempat, kata Prabowo, menjadikan Indonesia sebagai rumah yang aman dan nyaman bagi segenap rakyat Indonesia. Sebab, jelasnya, keamanan nasional dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan prasyarat untuk pembangunan, kemajuan, dan kemakmuran.

Adapun strategi kelima, ujar Ketua Umum Partai Gerindra tersebut, adalah penguatan karakter dan kepribadian bangsa. Yang paling fundamental harus dimiliki bangsa ini adalah mental yang kuat.

Dalam penyampaian Pidato Kebangsaan itu, hadir sejumlah elite partai koalisi pendukung Prabowo-Sandiaga. Antara lain, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ketum PAN Zulkifli Hasan, Presiden PKS Sohibul Iman, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufrie, dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais.*

The post Pidato Prabowo Paparkan 5 Strategi Utama “Indonesia Menang” appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
158229
Anak Sholeh Investasi Tak Pernah Rugi http://www.hidayatullah.com/kajian/jendela-keluarga/read/2019/01/14/158220/anak-sholeh-investasi-tak-pernah-rugi.html Mon, 14 Jan 2019 10:00:35 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=158220

Anak sholeh adalah modal jangka panjang yang tak pernah terputus sampai akhir dari kehidupan ini

The post Anak Sholeh Investasi Tak Pernah Rugi appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

KURANG 15 menit sebelum adzan shalat ashar berkumandang, pandanganku tertuju pada sosok 3 anak sholeh dan sholehah.

Sudah berkali-kali aku melihatnya, namun kali ini aku tertarik mengambil gambarnya dan menceritakannya.

Sang kakak paling tua berusia 13 tahun, yang kedua umur 7 tahun dan ketiga seorang putri masih berusia 4 tahun.

Ketiga anak bersaudara ini selalu kompak datang berjamaah di masjid.

Biasanya mereka datang sebelum adzan dengan menggunakan sepeda motor.

Ah, pemandangan yang membuatku kagum dan mungkin siapapun yang melihatnya. Mereka kompak bersemangat mendatangi shalat berjamaah.

Baca:  Keshalihan Ortu Berpengaruh pada Anak-cucu di Dunia dan Akherat 

Sambil menunggu adzan dikumandangkan, sang kakak biasa mengajari kedua adiknya ini membaca Al-Qur’an di ruang utama bagian belakang.

Sekali lagi, pemandangan ini bukanlah yang pertama kali saya melihat mereka, namun karena ke istiqomahan mereka itulah yang membuat saya takjub. Sehingga aku berbisik dalam hati, sungguh beruntung orang tua memiliki anak sepertinya.

Investasi Tak Pernah Rugi

Sungguh, berbahagialah bagi orang tua yang mempunyai anak sholeh.  ia adalah investasi yang sangat berharga.

Sebagaimana dalam buku Golden Ways Anak Sholeh, karya Zainal Abidin, bahwa anak sholeh adalah investasi yang dijamin tak akan pernah rugi.

Baca: Jangan Lelahkan Hidupmu untuk Dunia

Anak sholeh adalah modal jangka panjang yang tak pernah terputus sampai akhir dari kehidupan ini. Ia akan menjadi jaminan berharga karena ia adalah simpanan yang tak ada bandingannya.

Sebagaimana Rasulullah  ﷺ mengajarkan doa shalat jenazah;

“Ya, Allah. Jadikan kematian anak ini sebagai simpanan pahala dan amal baik serta pahala buat kami.” (HR:  Bukhari)

Aktifitas hariannya, perangai akhlaqnya, tetesan air mata tanda doa munajatnya kepada Sang Khaliq, serta hembusan nafas dzikir  dan istighfarnya yang keluar dari hati dan lisannya akan mengalir pula pahalanya ke orang tuanya.

Singkatnya, apapun yang ia perbuat akan mengalir pula pahalanya ke orang tuanya tanpa henti.

Baca: Mereka, Yang Bisa Mengantarkan Kita ke Syurga!

Sabda Rasulullah ﷺ,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, dan doa anak yang sholeh.” (HR. Muslim no 1631)

Sebagai orang tua, kita akan meninggalkan dunia ini. Perjalanan masih panjang dan bahkan lebih jauh dan lama daripada perjalanan hidup di dunia ini. Oleh karenanya kita butuh modal yang banyak untuk menyelamatkan diri dari bebrbagai perjalanan tersebut.

Apalagi ujung dari perjalanan nantinya yaitu adanya yaumul hisab (hari perhitungan). Maka modal atau investasi yang paling berharga menemani dan menolong kita disana nantinya adalah anak yang sholeh/ah. Wallahu A’lam bisshowab.*/Syamsul Alam

The post Anak Sholeh Investasi Tak Pernah Rugi appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
158220
UAS: ‘Saat Rasulullah Men-Share Kebenaran, Muncul Haters dan Lovers’ http://www.hidayatullah.com/berita/nasional/read/2019/01/14/158211/uas-saat-rasulullah-men-share-kebenaran-muncul-haters-dan-lovers.html Mon, 14 Jan 2019 09:53:53 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=158211

Di sela-sela menjalani ibadah umrah bersama rombongan di Tanah Suci, UAS menyampaikan di antara hikmah perjalanan ibadahnya lewat medsos.

The post UAS: ‘Saat Rasulullah Men-Share Kebenaran, Muncul Haters dan Lovers’ appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com– Dai kondang Ustadz Abdul Somad (UAS) selain dikenal aktif berceramah, juga aktif berdakwah lewat media sosial, baik Instagram maupun Facebook. Dalam penyampaiannya pun, UAS kerap menggunakan istilah-istilah jaman now alias yang kekinian.

Misalnya, UAS mengingatkan umat akan dakwah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, dimana beliau juga punya pengikut atau penyuka (lovers), sekaligus ada yang membencinya (haters). Lovers dan haters merupakan istilah yang kerap dipakai para pengguna medsos. Saat ini, para pendakwah di medsos punya punya lovers dan haters.

Baru-baru ini, di sela-sela menjalani ibadah umrah bersama rombongan di Tanah Suci, UAS menyampaikan di antara hikmah perjalanan ibadahnya lewat medsos.

Baca: UAS Doakan Kesembuhan Ustadz Arifin dari Tanah Suci

UAS mendaki dan berziarah ke Gua Hira di Jabal Nur, Makkah Al-Mukarrahmah, berdasarkan informasi yang disampaikan lewat akun Instagram dan Fanspage resminya, Senin (14/01/2019), dilakukan pada Ahad kemarin waktu Arab Saudi.

Diketahui, gua hira adalah gua kecil yang menjadi tempat merenung (tahannuts) Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam –sebelum diangkat menjadi Nabi– dan kemudian tempat turunnya wahyu yang pertama, Al-Qur’an Surat Al-Alaq ayat 1-5. Saat itu Muhammad telah berusia 40 tahun.

Setidaknya ada 5 pelajaran dari Gua Hira yang disampaikan UAS yang dikaitkan dengan sejarah perjalanan Rasulullah baik pra maupun pasca menjadi Nabi.

Baca: Hoax Syeikh Ali Jaber dan UAS Dukung Jokowi

Pertama, terang UAS, ketika kepuasan materi dalam usia 40 tahun berbentuk harta, keluarga dan semua materi sudah terpenuhi, ada sisi lain. Yaitu ruh, jiwa, spiritual, yang juga mesti diisi.

“Karena manusia terdiri dari unsur fisik dan metafisik, zahir dan batin, material dan spiritual,” terangnya lewat @ustadzabdulsomad, pantauan hidayatullah.com, Senin sore.

Kedua, mengenai kesibukan beternak, dagang, apapun cara mencari karunia Allah. “(Di saat itu) terus berputar. Mesti ada tafakkur sa’ah, berhenti sejenak. Mundur selangkah, untuk melesat beribu lompatan besar dalam hidup.”

Baca: UAS Sampaikan Tiga Hikmah Tsunami di Aceh

Pelajaran selanjutnya, yaitu beralih dari keshalehan individual menuju keshalehan sosial.

“Setelah menerima wahyu, Nabi tidak bersembunyi, tapi men-share. Dalam proses sharing haq itulah muncul haters dan lovers. Abu Lahab memilih posisi hater, action selanjutnya adalah bully,” tutur alumnus Universitas Al-Azhar Kairo Mesir ini.

Kemudian, UAS bertutur mengenai istri pertama Rasulullah. Bahwa, terang UAS, di balik sosok Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam yang luar biasa, ada seorang bukan perempuan biasa. Khadijah namanya. “Menyelimuti (Nabi), saat menggigil tiba. Membawakan Waraqah ibn Naufal pelipur lara,” tuturnya, merujuk pada kisah saat Nabi menggigil usai menerima wahyu pertama di Gua Hira.

Pelajaran kelima yang disampaikan UAS, terkait usia seseorang dan jalan hidupnya. Bahwa, jelasnya, “Usia 40 tahun bukan akhir perjalanan, justru garis start perjuangan dimulai di usia 40.”*

Baca: UAS: Umat Hadiri Reuni 212 karena Cinta

The post UAS: ‘Saat Rasulullah Men-Share Kebenaran, Muncul Haters dan Lovers’ appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
158211
Universitas Al Azhar Mengeluarkan Mahasiswi yang Memeluk Teman Pria http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2019/01/14/158218/universitas-al-azhar-mengeluarkan-mahasiswi-yang-memeluk-teman-pria.html Mon, 14 Jan 2019 09:35:30 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=158218

Tahun 2017 penyanyi pop wanita lain dijatuhi hukuman dua tahun penjara atas tuduhan yang sama, juga atas video yang dianggap provokatif.

The post Universitas Al Azhar Mengeluarkan Mahasiswi yang Memeluk Teman Pria appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com–Universitas Al-Azhar hari Ahas telah memutuskan untuk mengeluarkan seorang siswa perempuan setelah muncul dalam sebuah video yang menampilkan wanita itu dipeluk oleh seorang pria.

Universitas mengklaim siswa telah merusak reputasi universitas, demikian dikutip AFP.

Video yang menjadi viral awal bulan ini menunjukkan seorang pria muda tengah membawa karangan bunga dan berlutut di depan seorang wanita dan kemudian memeluknya dalam sebuah video yang diyakini sebagai permintaan untuk menjadikannya seorang istri.

Video itu tidak direkam di wilayah Universitas Al-Azhar, tetapi di pusat perguruan tinggi lainnya, di Universitas Mansoura,  terletak di bagian utara negara itu.

Baca:  Mahasiswa Indonesia Raih Juara 1 Lomba Hafalan Matan di Al Azhar

Namun, dewan disiplin Universitas Al-Azhar di Mansoura pada hari Ahad memutuskan untuk memindahkan gadis muda itu.

Juru bicara universitas Ahmed Zarie mengatakan video itu menyebabkan “keberatan publik” dan keputusan universitas untuk menolaknya ketika seorang siswa menunjukkan “citra buruk” Al-Azhar, yang memisahkan jenis kelamin laki-laki dan perempuan dalam sesi pembelajaran.

Dia mengatakan pelukan antara pria dan wanita yang belum menikah melanggar “nilai-nilai dan prinsip-prinsip masyarakat”.

Namun, dia mengatakan para siswa masih bisa naik banding atas keputusan tersebut.

Sementara itu, seorang jurubicara Universitas Mansoura mengatakan pria muda yang juga direkam dalam video itu juga menghadapi sanksi, dan memberitahu dewan disiplin untuk bertemu pada hari Senin untuk memutuskan ‘hukuman’ padanya.

Mesir, negara dengan mayoritas Muslim, yang secara ketat memisahkan jenis kelamin.

Baca: Kekurangtegasan KBRI Jadi Momok Keamanan Mahasiswa Indonesia

Pelukan antara pria dan wanita yang belum menikah dinilai melanggar “nilai-nilai dan prinsip-prinsip masyarakat” Mesir.

Tahun lalu, jaksa menahan penyanyi wanita selama empat hari karena “hasutan terhadap pesta pora” setelah sebuah klip video secara online termasuk tarian berorientasi sensual dan gerakan sugestif menjadi viral.

Tahun 2017 penyanyi pop wanita lain dijatuhi hukuman dua tahun penjara atas tuduhan yang sama, juga atas video yang dianggap provokatif. Hukumannya dikurangi menjadi satu tahun setelah banding.*

The post Universitas Al Azhar Mengeluarkan Mahasiswi yang Memeluk Teman Pria appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
158218
Mesir Perpanjang Keadaan Darurat Selama Tiga Bulan http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2019/01/14/158215/mesir-perpanjang-keadaan-darurat-selama-tiga-bulan.html Mon, 14 Jan 2019 09:27:21 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=158215

Ini adalah ketujuh kalinya keadaan darurat diperbarui selama tiga bulan sejak April 2017

The post Mesir Perpanjang Keadaan Darurat Selama Tiga Bulan appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com–Parlemen Mesir pada Ahad menyetujui keputusan presiden untuk memperpanjang keadaan darurat nasional selama tiga bulan lagi, menurut berita resmi.

Ini adalah ketujuh kalinya keadaan darurat diperbarui selama tiga bulan sejak April 2017.

Keputusan akan berlaku mulai Selasa, kutip Anadolu.

Presiden Mesir Abdul Fattah al-Sisi pertama kali menyatakan keadaan darurat tiga bulan pada April 2017 setelah serangan bom kembar menewaskan 45 orang di Mesir utara.

Keadaan darurat memungkinkan pihak berwenang untuk mengambil langkah-langkah keamanan luar biasa, termasuk membawa tersangka terorisme ke pengadilan keamanan negara, pemberlakukan jam malam, dan pembredelan surat kabar.*

The post Mesir Perpanjang Keadaan Darurat Selama Tiga Bulan appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
158215
Barat Respon Perlindungan Suaka Remaja Saudi Setelah Keluar Islam http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2019/01/14/158206/barat-respon-perlindungan-suaka-remaja-saudi-setelah-keluar-islam.html Mon, 14 Jan 2019 09:20:32 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=158206

Negara barat cepat tanggap urusan satu orang keluar dari Islam (murtad), sementara diam seribu bahasa ketika ribuan Muslim dianiaya di berbagai belahan bumi. Termasuk di Palestina, Suriah,  Rohingnya dan China

The post Barat Respon Perlindungan Suaka Remaja Saudi Setelah Keluar Islam appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com—Remaja Arab Saudi Rahaf Mohammed al-Qonun, 18, yang sekarang secara hukum adalah orang Kanada akhirnya diberikan suaka, setelah mengakui memilih murtad (keluar dari Islam).

BBC mengutip pernyataan Rahaf yang mengatakan bahwa ia telah mengumumkan bahwa ia telah keluar dari Islam.

Pengumuman tentang pemberian suaka kepada Rahaf dibuat Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland melupakan kedatangannya di Bandara Internasional Toronto Pearson.

“Saya ingin mengumumkan Rahaf sebagai warga negara Kanada terbaru, dia sangat berani dan telah menghadapi banyak masalah dan dia sekarang akan kembali ke rumah barunya.”

“Ini memenuhi aspirasi dan perjuangan Kanada selama bertahun-tahun, membela hak asasi manusia dan perempuan di seluruh dunia,” tambah menteri.

Baca:  Wanita Murtad itu disambut Meriah di Amerika

Kisah pelarian Rahaf dari Arab Saudi menarik perhatian dunia dimulai dengan upayanya untuk melarikan diri ke Australia dari Bangkok setelah memilih murtad.

Qanun juga diserang di media sosial karena mempermalukan keluarganya dan lebih memilih meninggalkan Islam.

Keputusan Qanun keluar dari Islam dan lebih memilih meninggalkan keluarga langsung disambut media-media Barat.

Baca:  Murtad, Jadi Mata-Mata untuk Kepentingan Musuh

Tak lama, Qanun bahkan berlepas ke Toronto pada Jumaat malam setelah PM Kanada Justin Trudeau mengumumkan bakal memberikan suaka dan memberi beberapa fasilitas kepadanya.

AFP melaporkan, Trudeau, mengklaim, Kanada sering memperjuangkan soal hak asasi manusia, terutamanya bagi wanita, di seluruh dunia.

“Kanada dengan tegas akan menegakkan hak asasi manusia dan hak perempuan di seluruh dunia,” kata Trudeau. “Ketika PBB meminta kami untuk memberikan suaka kepada Al-Qunun, kami menyetujuinya”.

“Kanada sangat yakin bahwa kami akan membela hak asasi manusia dan hak-hak perempuan di seluruh dunia,” tambah Trudeau.

Baca:  Orang Murtad Dijatuhi Hukuman Mati? 

Awalnya Rahaf diarahkan kembali ke Kuwait bersama keluarganya, tetapi dia menolak untuk melakukannya dan kemudian mengunci diri di kamar hotelnya.

Tindakannya mendapat perhatian netizen dan kampanye #SaveRahaf terus diluncurkan dan tular di media sosial.

“Ketika saya mendengar pernyataan terbuka Rahaf Mohammed al-Qunun bahwa dia meninggalkan agamanya, saya mengetahui keadaan akan menjadi sangat buruk jika dia dikirim langsung ke Arab Saudi,” kata Phil Robertson kepada BBC News.

“Saat itu, tidak ada lagi yang perlu dipertanyakan di pikiran saya – dia memerlukan bantuan kami.”

Orang yang meninggalkan agama Islam  akan dihukum mati di Arab Saudi.

Negara barat cepat tanggap urusan satu orang keluar dari Islam (murtad), sementara diam seribu bahasa ketika ribuan Muslim dianiaya di berbagai belahan bumi. Termasuk di Palestina, Suriah,  Rohingnya dan China.

Sebagaimana kasus yang pernah terjadi pada Meriam Yahia Ibrahim Ishag, wanita Sudan  yang disamut meriah saat tiba di Kota Manchester, Negara Bagian New Hampshire, Juli 2014) waktu setempat, setelah sebelumnya wanita ini mendapat vonis hukuman mati di negeri asalnya.*

The post Barat Respon Perlindungan Suaka Remaja Saudi Setelah Keluar Islam appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
158206
Ulama-Habaib Jawa Timur Deklarasi Dukung Prabowo-Sandi di Sidogiri http://www.hidayatullah.com/berita/nasional/read/2019/01/14/158198/ulama-habaib-jawa-timur-deklarasi-dukung-prabowo-sandi-di-sidogiri.html Mon, 14 Jan 2019 09:16:35 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=158198

KH Lutfi Bashori menegaskan, dukungan terhadap paslon Prabowo-Sandiaga faktor utama didasarkan pada agama.

The post Ulama-Habaib Jawa Timur Deklarasi Dukung Prabowo-Sandi di Sidogiri appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com– Ulama, habaib, dan masyaikh Jawa Timur mendeklarasikan dukungan kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Deklarasi dan sikap tegas mendukung Prabowo-Sandiaga itu disampaikan di sela-sela acara Istighosah dan Sikap Politik Menghadapi Pilpres 2019 di halaman rumah KH Abdullah Syaukat Siradj yang berada di Sidogiri, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur baru-baru ini.

Salah seorang deklarator, KH Lutfi Bashori, sebagaimana dokumentasi diterima hidayatullah.com, Ahad (14/01/2019), menyatakan, Indonesia butuh perubahan. Ia menilai, pemimpin untuk perubahan itu ada pada sosok paslon Prabowo-Sandiaga.

Baca: Masyarakat Aceh Tagih Tes Baca Al-Qur’an Kedua Capres-Cawapres

Ia menegaskan, dukungan terhadap paslon tersebut faktor utama didasarkan pada agama. Perspektif agama ini tertuang pada poin alasan deklarasi yang mana disebutkan, seorang pemimpin antara lain harus amanah.

Kiai Luthfi mengatakan, menjaga Indonesia yang memiliki luas wilayah besar ini, harus dipimpin oleh figur tegas, yang sampai saat ini juga masih dimiliki sosok Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo.

Dalam acara itu, banyak diulas soal kondisi bangsa selama kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Diungkapkan, membanjirnya tenaga asing selama beberapa tahun terakhir juga menjadi keprihatinan. Banyak alasan terungkap, sampai kemudian muncul pernyataan sikap ke Prabowo untuk menjadi presiden pada Pemilu 2019 mendatang.

Baca: Sudirman Said: Kampanye Prabowo-Sandi mulai Dintimidasi

“Istighosah itu minta kepada Allah Subhanahu Wata’ala agar diberi kebaikan yang lebih daripada apa yang sekarang ada. Para ulama dan habaib ini minta kepada Allah agar ke depan Indonesia ini dipimpin oleh orang yang kredibel yang bisa membawa bangsa Indonesia lebih maju, baik dunia maupun akhiratnya. Itu yang dilihat oleh para ulama adalah adab pada figur Pak Prabowo sana.

Ini istighosah mohon kepada Allah. Jadi istilah kami adalah mengajukan proposal kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Minta agar Allah memberikan pemimpin yang terbaik bagi bangsa Indonesia ini.

Adapun ijtihad para ulama yang ada di sini melihat bahwasanya figur Pak Prabowo-Sandi ini ada di dalam teks itu lalu, dalam dikriteria yang disepakati oleh para ulama,” tegasnya di sela-sela deklarasi pada pekan kemarin (12/01/2019) itu.*

Baca: Warga Paksa Sandiaga Resmikan Posko Prabowo-Sandi di Sulsel

The post Ulama-Habaib Jawa Timur Deklarasi Dukung Prabowo-Sandi di Sidogiri appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
158198
Imam Masjid di Patani Tewas Ditembak di Depan Kamp Militer Thailand http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2019/01/14/158199/imam-masjid-di-patani-tewas-ditembak-di-depan-kamp-militer-thailand.html Mon, 14 Jan 2019 08:55:52 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=158199

Doloh Sarai (62), sebagai pemimpin agama atau imam dan mantan khatib masjid Al-Istiqomah Kampung Pupok

The post Imam Masjid di Patani Tewas Ditembak di Depan Kamp Militer Thailand appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com—Seorang imam masjid, Doloh Serai ditembak mati oleh dua orang penyerang tak dikenal yang berseragam hitam dan bersenjata yang menyergap kendaraan motor Imam yang sedang dalam perjalanan pulang kampung dua hari yang lalu, setelah usai melakukan aktivitas rutin di kedai jabat yaitu jualan.

Kejadian ini berlaku di kampung Pupok terletak 100 meter dari kem tentara ranger hitam Thailand, distrik Reuso, Provinsi Narathiwat Thailand pada Jumat (11/1) lalu.

Doloh Sarai atau juga dikenal Imam Abdullah (62), ditembak mati dua pria tak dikenal yang berseragam hitam dan berbaju besi lengkap dengan senjata, melakukan serangan senjata terhadap Imam Doloh yang sedang bersepeda motor saat dalam perjalanan pulang kampung untuk menjadi imam shalat di masjid Al-Istiqomah Kampong Pupok Kecamatan Rueso Narathiwat.

Warga kampung Pupok, Abi Saifu mengatakan, para penembak melepaskan lebih dari sepuluh tembakan, namun empat yang mengenai badan dan kepala korban.

Baca: Patani dan ‘National Identity’ Thailand Selatan

“Pihak berwenang masih diam belum ada yang menyelidiki insiden itu. Karena korban tidak memiliki masalah dengan siapa pun, dan ada ahli kampung yang melihat kejadian itu ada 2 orang laki-laki yang menembak, tapi tidak jelas orangnya siapa, ” ungkap Abi saifu saat wawancara dengan media TUNAS online.

Abi Saifu menambah, Imam Doloh baru saja pulang dari tempat jualan di kedai Jabat, tiba di kawasan berlaku yaitu jalan raya Rueso-Chakwah dengan perkiraan hanya 100 meter dari kamp tentara hitam.

Doloh Sarai (62), sebagai pemimpin agama atau imam dan mantan khatib Masjid Al-Istiqomah Kampung Pupok. Pada tahun 2016 lalu ia juga pernah ditahan oleh aparat pemerintah Thai sebagai tersangka sehingga menuju tahap proses hukum, namun pada tahun berikutnya hakim mahkamah Narathiwat memutuskan bahwa Doloh Sarai tidak bersalah. Setelah Doloh Sarai dibebaskan beberapakali para tentara sering kali mendatangi rumah ia karena masih tidak memuaskan atas hasil vonis tersebut.

“Imam Doloh ia orang sangat baik, pemumpin yang dicintai oleh warga dan tidak pernah ada perkelahian dengan siapa pun. Tapi sekitar tahun 2016 Tok Imam Doloh dia pernah ditangkap oleh tentara Thai, sehingga tahun berikut dapat dibebaskan kembali,” ujar Abi Saifu.

Almarhum dimakamkan di pemakaman Islam Kampung

Baca:  Lebih 230 Tahun Muslim Patani Masih Mengalami Penderitaan

Pupok yang dihadiri sekitar 100 lebih penduduk dan pemimpin local, setelah proses mengkafan jenazah dengan keadaan tidak bermandi dan tidak shalat karena dianggap telah meninggal dalam keadaan syahid, tambah Abi Saifu.

Nurul Askari salah satu ahli Kampung Pupok yang menuliskan tentang kesan hidup Imam Abdullah.

Pemimpin agama atau Tok imam Abdullah ini, bukan hanya menjadi imam shalat di masjid Al-Istiqamah saja, bahkan dinilai menjadi pemimpin agama yang mempunyai peribadi yang hebat dan sangat kagum oleh penduduk setempat.

“Walau usia sudah tua tapi almarhum banyak mengorbankan waktunya untuk mendidik ahli kampung dengan ilmu dan jalan agama. Dengan sifat kelembutan yang dimiliki oleh Imam membuat ahli kampung sangat duka apabila mendengar kabar imam telah dipanggil oleh Allah SWT. Namun jasa dan bakti pengorbanan ia masih tetap terkenang bersama ahli kampung Pupok dan seluruh penduduk. Pemergian imam pada kali ini bukanlah kesedihan yang harus ditangisi, namun akan membangkit jiwa-jiwa para ahli kampung untuk terus di jalan yang benar,” ungkap nya dikutip dari akun Facebook  Nurul Askari.*/ Hamsyari (wartawan TUNAS Online)

 

The post Imam Masjid di Patani Tewas Ditembak di Depan Kamp Militer Thailand appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
158199
Alvin: Kondisi Terkini KH Arifin Ilham Lebih Segar http://www.hidayatullah.com/berita/nasional/read/2019/01/14/158192/alvin-kondisi-terkini-kh-arifin-ilham-lebih-segar.html Mon, 14 Jan 2019 08:08:11 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=158192

“SubhanAllah walhamdulillah (Abi) sudah sarapan walau makan pelan pelan... Sudah lebih segar dan nyaman."

The post Alvin: Kondisi Terkini KH Arifin Ilham Lebih Segar appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com– Putra pertama KH Muhammad Arifin Ilham, Muhammad Alvin Faiz menceritakan kondisi terakhir ayahnya yang saat ini sedang dirawat di salah satu rumah sakit di Malaysia.

Alvin menuturkan bahwa ayahnya, yang biasa ia panggil “Abi”, sudah bisa sarapan meskipun dengan perlahan.

Kondisi Pendiri Majelis Az-Zikra itu pun lebih segar dan merasa nyaman.

Alvin yang juga aktif bermedia sosial lewat Instagramnya mengunggah foto Ustadz Arifin tengah memegang sepotong –tampaknya– makanan ringan.

Baca: UAS Doakan Kesembuhan Ustadz Arifin dari Tanah Suci

Ustadz Arifin, meski wajahnya menampakkan jika kondisi kesehatannya sedang menurun, namun terlihat tetap tersenyum menghadap kamera, dengan penampilan khasnya serba putih, dari peci, sorban, hingga baju.

SubhanAllah walhamdulillah (Abi) sudah sarapan walau makan pelan pelan… Sudah lebih segar dan nyaman.
Jazaakumullah semua kemurahan hati dan doa sahabatku tercinta fillah dunia akhirat”. – Abi @kh_m_arifin_ilham,” tutur Alvin lewat @alvin_411 menandai akun ayahnya, pada Senin (14/01/2019) berdasarkan pantauan hidayatullah.com unggahan itu ditandai di Malaysia.

“(Itu) kondisi terkini Abi,” lanjutnya bertutur juga lewat Instastory-nya sekitar pukul 13.00 WIB.

Baca: Rakyat Gaza Mendoakan Ustadz Arifin Ilham

Sebelumnya diberitakan hidayatullah.com, kondisi KH Muhammad Arifin Ilham yang tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Gleneagles, Jalan Pangkor, Pulau Tikus, George Town, Pulau Pinang, Malaysia, semakin baik.

“Tadi malam saya berjumpa beliau dan sempat bersalaman. Alhamdulillah kondisinya semakin membaik,” ujar Konsul Jenderal Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Penang, Iwanshah Wibisono ketika dihubungi dari Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (11/01/2019).*

Baca: KJRI Penang: Kondisi Ustadz Arifin Ilham Semakin Baik

The post Alvin: Kondisi Terkini KH Arifin Ilham Lebih Segar appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
158192
Polisi Prancis Tangkap 102 Demonstran Rompi Kuning http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2019/01/14/158232/polisi-prancis-tangkap-102-demonstran-rompi-kuning.html Mon, 14 Jan 2019 07:55:22 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=158232

Hidayatullah.com—Sebanyak 102 demonstran Rompi Kuning ditangkap pada Sabtu di ibukota Prancis, Paris, di mana petugas polisi menggunakan gas air mata […]

The post Polisi Prancis Tangkap 102 Demonstran Rompi Kuning appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com—Sebanyak 102 demonstran Rompi Kuning ditangkap pada Sabtu di ibukota Prancis, Paris, di mana petugas polisi menggunakan gas air mata dan meriam air untuk menghalau demonstran.

Mulanya wilayah Champs-Elysees tenang pada jam-jam pagi, namun, ketegangan antara petugas polisi dan pengunjuk rasa meletus pada siang hari.

Dikutip _Anadolu Agency_, para pengunjuk rasa melemparkan batu ke polisi dan polisi menggunakan gas air mata dan meriam air terhadap demonstran.

Di Bourges, Prancis tengah, 500 demonstran berusaha memasuki pusat kota bersejarah. Padahal sebelumnya kantor gubernur setempat telah mengeluarkan larangan berdemonstrasi.

Selain itu, demonstran Rompi Kuning di Belanda memprotes pemerintah di 14 kota berbeda termasuk Den Haag, Amsterdam dan Rotterdam.

Protes Rompi Kuning, yang awalnya sebagai reaksi atas kenaikan pajak, berkembang menjadi aksi demonstrasi terhadap Presiden Prancis Emmanuel Macron, terus berlanjut meskipun pemerintah menyerukan agar mereka berhenti.

Protes pertama kali dimulai di Perancis pada 17 November, tetapi dengan cepat menyebar ke negara-negara Eropa lainnya.

Ribuan pengunjuk rasa mengenakan rompi kuning cerah yang dijuluki Rompi Kuning telah berkumpul di kota-kota besar Prancis, termasuk ibukota Paris, untuk memprotes kenaikan pajak bahan bakar yang kontroversial dan memburuknya situasi ekonomi.

Demonstran mengadakan protes yang menghalangi jalan dan lalu lintas, dan juga memblokir pintu masuk dan keluar ke banyak pompa bensin dan pabrik di seluruh negeri.

Para pengunjuk rasa, yang umumnya tinggal di daerah pedesaan karena sewa tinggi di kota-kota, telah meminta Macron untuk memotong pajak bahan bakar dan meringankan kesulitan ekonomi mereka.

Di bawah tekanan dari protes, Macron mengumumkan kenaikan upah minimum dan juga membatalkan kenaikan pajak bahan bakar yang kontroversial.

Sedikitnya 10 orang tewas, lebih dari 5.500 lainnya ditahan, dan lebih dari seribu lainnya terluka dalam protes itu.*

The post Polisi Prancis Tangkap 102 Demonstran Rompi Kuning appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
158232