Selasa, 30 Maret 2021 / 16 Sya'ban 1442 H

Mereka Memilih Berani

Cucunya 19, Tetap Semangat Mencari Ilmu

Ustadz Mannandring Abdul Ghanie
Bagikan:

Hidayatullah.com–Meski usianya sudah 74 tahun, tapi Ustadz Mannandring Abdul Ghanie, Pembina Pondok Pesantren Hidayatullah Ummul Qura Gunung Tembak ini, tak kenal lelah dalam belajar. Kakek dari 19 cucu dan bapak dari 14 anak ini bersemangat untuk mempelajari al-Qur’an sehingga patut diteladani.

Kisahnya terungkap pada acara halaqah perdana Lembaga Pendidikan al-Qur’an (LPQ) Bersanad di Hidayatullah Gunung Tembak, Balikpapan, Kalimantan Timur, tak lama menjelang Ramadhan 1442 H.

Ketertarikan Mannandring, panggilan akrabnya, untuk belajar di LPQ itu bermula saat ia mendengar bacaan al-Qur’an anaknya, Ahmad Syakir, yang juga menjabat sebagai Ketua LPQ. “Bacaannya bagus, menyentuh,” katanya pada acara halaqah di Masjid ar-Riyadh, Gunung Tembak, beberapa waktu lalu.

Di LPQ kalau diberi peringkat, “Beliau itu peserta terbaik,” kata seorang pengajar LPQ kepada Suara Hidayatullah.

Mannandaring tak sungkan belajar dari para gurunya yang rata-rata anak muda. Bahkan saking menggebu-gebu semangatnya belajar. Setiap hari Rabu, misalnya, pria asal Sinjai ini harus belajar sampai “dobel-dobel”.

Diawali dari setelah Shubuh, dengan mengikuti pembelajaran tahsin al-Qur’an di Masjid ar-Riyadh bersama sang imam, Baharun Musaddad. Lalu, belajar tahsin di halaqah bersama Direktur Ma’had Tahfihz Ahlushshuffah, Hamudi. Berikutnya ia kembali mengikuti tahsin di kantor yayasan Hidayatullah Ummul Qura mulai dari jam sembilan pagi sampai selesai.

Apakah sudah selesai? Belum. Selepas Ashar, ia lanjut tahsin di masjid bersama Ketua Pendidikan Ulama Zuama Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah Gunung Tembak, Muhammad Dinul Haq.

Apa motivasinya sampai semangat begitu? Rupanya, membersamai al-Qur’an itu membuat hidupnya tenang. “Tidak ada itu rasanya yang menarik selain daripada al-Qur’an,” pungkasnya. MasyaAllah

Rep: Syakur
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Penerang Tempat Remang-remang

Penerang Tempat Remang-remang

Perjuangan Badru di Batu Putih

Perjuangan Badru di Batu Putih

Menanam Asa di Savana Jaya

Menanam Asa di Savana Jaya

Demi Fokus Berdakwah, Ustadz Ini Rela Mundur dari PNS Bergaji Rp10 Jutaan

Demi Fokus Berdakwah, Ustadz Ini Rela Mundur dari PNS Bergaji Rp10 Jutaan

Menebar Kepedulian, Menantang Maut di Dusun Momma

Menebar Kepedulian, Menantang Maut di Dusun Momma

Baca Juga

Berita Lainnya