Senin, 20 September 2021 / 12 Safar 1443 H

Catatan Dari Mesir

Tradisi Periwayatan Hadits dalam Peringatan Maulid Azhariyun

ulama Al Azhar [Ilustrasi]
Bagikan:

AL AZHAR sejak dulu hingga kini merupakan salah satu institusi pendidikaan di dunia Islam yang masih melestarikan tradisi periwayatan hadits dengan sanad bersambung hingga para huffadz dan para imam.

Periwayatan hadits tidak hanya dilakukan dengan pembacaan kitab-kitab hadits secara rutin di majelis-majelis ilmu di Al Azhar atau di majelis-majelis ilmu sekitarnya, namun periwayatan hadits juga berlangsung saat umat Islam memperingati hari-hari besarnya. Termasuk di dalamnya ketika umat Islam memperingati maulid Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Di bulan Rabi’ Al Awal tahun ini, sejumlah majelis ilmu menggelar periwayatan hadits yang tentunya berhubungan dengan hari lahir Rasulullah Shallalahu Alaihi Wasallam, juga sifat dan akhlak beliau.

Seperti yang telah digelar di Zawiyah Syeikh Mahmud Said Mamduh di Nasr City Kairo pada hari Jumat (25/12/2015), dimana dalam majelis peringatan maulid dibacakan kitab Syamail Al Muhammadiyah setelah itu Dr. Mahmud Said Mamduh ulama hadits murid Syeikh Yasin Al Fadani itu memberikan ijazah periwayatan kepada para hadirin melalui jalur Al Muhaddits Abdullah Shiddiq Al Ghumari yang bersambung sanadnya hingga Imam At Tirmidzi, penulis kitab tersebut.

Kitab As Syamail Al Muhammadiyah sendiri berisi hadits-hadits yang berhubngan dengan sifat-sifat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Tidak hanya di majelis Syeikh Mahmud Said Mamduh, pihak Al Azhar sendiri telah mengumumkan pembacaan dan periwayatan serta pengijazahan kitab Al Arbain An Nawawiyah di masjid Al Azhar dalam rangka memperingati maulid Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pada hari Jumat (30/12/2015) yang rencananya dihadiri oleh beberapa ulama besar Al Azhar, salah satunya adalah pakar hadits Al Azhar Prof. Dr. Syeikh Ahmad Ma’bad Abdul Karim.

Tradisi periwayatan hadits saat maulid ini sendiri sudah berlangsung di masa-masa sebelumnya. Di beberapa tahun sebelumnya, dimana pada peringatan maulid tahun 1436 H lalu diadakan periwayatan kitab dan Al Awail Al Ajluniyah karya Al Ajluni, yang merupakan kumpulan hadits-hadits awal dari kitab-kitab hadits para imam, yang disampaikan oleh pengajar hadits Al Azhar Dr. Ahmad Al Kattani, di Madyafah Syeikh Ismail Shadiq Al Adawi di depan kampus Al Azhar.

Sebelumnya, pada tahun 1435 H digelar peringatan maulid di Madyafah Syeikh Ali Jum’ah beserta periwayatan kitab Maurid Al Hani fi Maulid As Sani karya Al Hafidz Al Iraqi yang berisi mengenai hadits-hadits seputar kelahiran Rasulullah Shallallahu Alahi Wasallam. Kala itu yang menyampaikan adalah Dr. Usamah Sayyid Al Azhari, ulama hadits Al Azhar. Setelah itu diijazahkan periwayatan kitab tersebut kepada para penuntut ilmu yang hadir dalam majelis tersebut.

Sebelumnya pada 1434 H digelar peringatan maulid beserta periwayatan Maurid Al Hani fi Al Maulid As Sani yang juga oleh Dr. Usamah Sayyid Al Azhari di Masjid Al Azhar. Ulama hadits yang waktu itu menjabat sebagai musyrif Maktab Risalah Al Azhar.*

 

 

 

Rep: Sholah Salim
Editor: Thoriq

Bagikan:

Berita Terkait

Al Azhar, Orang-Orang Tunanetra dan Louis Braille

Al Azhar, Orang-Orang Tunanetra dan Louis Braille

Menyambangi Majelis Ilmu Murid Syeikh Yasin Padang di Kairo

Menyambangi Majelis Ilmu Murid Syeikh Yasin Padang di Kairo

Kalian Orang Indonesia, Punya Banyak Keutamaan

Kalian Orang Indonesia, Punya Banyak Keutamaan

“Ta’ashub, Tapi Berdasarkan Ilmu”

“Ta’ashub, Tapi Berdasarkan Ilmu”

Antara Imam As Syafi’i dan Ibnu Abdil Hakam

Antara Imam As Syafi’i dan Ibnu Abdil Hakam

Baca Juga

Berita Lainnya