Senin, 12 April 2021 / 29 Sya'ban 1442 H

Wawancara

Septi Ciptakan Metode Keren Belajar Online

Septi Penio Wulandani pencipta Metode Keren Belajar Online
Bagikan:

Hidayatullah.com–Tak sedikit murid yang kini merasa kewalahan, jenuh, bahkan stres akibat pembelajaran daring (online). Para orangtua pun turut kerepotan mendampingi putra-putrinya.

Padahal, menurut pendiri School of Life Lebah Putih, Septi Peni Wulandari (46 tahun), belajar online sebenarnya sesuatu yang sangat menarik. Kok bisa?

Menurut ibu dari tiga anak ini, sebenarnya internet bisa memberi ruang yang luas tanpa batas kepada anak-anak. Hanya saja, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) saat ini datangnya mendadak karena pandemi, tanpa ada pelatihan dan persiapan. Akibatnya, anak, orangtua, atau guru menjadi terkaget-kaget.

“Seperti orang diceburkan ke kolam untuk latihan (berenang) sendiri,” seloroh Septi, sapaan akrabnya.

Tapi Septi yakin anak-anak bisa, karena mereka pembelajar sejati. Dan para guru serta orangtua, kalau mau belajar, insya’ Allah juga bisa. Sebab, seluruh materinya dapat diakses, tidak terbatas, asalkan terhubung internet. Cuma sistem manajemen learning-nya yang perlu dilatihkan kepada guru, anak, maupun orangtua.

“Saya sudah menjalani pembelajaran online dengan anak-anak sejak tahun 2000-an. Dan anak-anak mendapatkan dunianya,” ungkap penemu Jarimatika —metode pengajaran matematika menggunakan jari-jari tangan sebagai alat bantu—ini.

Pembelajaran online yang dilakukan Septi disebut Home Based Education (pendidikan dari dalam rumah). Konsepnya, Septi menjadi teman belajar anak-anaknya. Sementara itu, online menjadi teman belajar mereka.

Lantas, apa penyebabnya hingga PJJ menjadi sesuatu yang menjenuhkan, bahkan sampai membuat frustrasi? Kepada Achmad Fazeri, wartawan Suara Hidayatullah, satu dari sepuluh tokoh yang mengubah Indonesia versi Majalah Tempo (2007) ini memaparkan ulasannya. Termasuk tawaran solusi sebuah metode keren. Apa itu?

Silakan baca majalah Suara Hidayatullah edisi April 2021

Tonton video Menjaga Mental Anak di Tengah Pandemi. Klik di sini

Rep: Bambang S
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

“Alhamdulillah, Suamiku Mati Syahid…”

“Alhamdulillah, Suamiku Mati Syahid…”

“Ada Propaganda Menghilangkan Kata ‘Jihad’ dan ‘Islam’

“Ada Propaganda Menghilangkan Kata ‘Jihad’ dan ‘Islam’

Banyak yang Ingin Assad Tetap Berkuasa. Termasuk Israel

Banyak yang Ingin Assad Tetap Berkuasa. Termasuk Israel

Sirikit: “Apa Anda Mau Makan Bangkai Tiap Hari?”

Sirikit: “Apa Anda Mau Makan Bangkai Tiap Hari?”

Anwar Ibrahim: “Saya Tak Akan Menjual Negeri Saya”

Anwar Ibrahim: “Saya Tak Akan Menjual Negeri Saya”

Baca Juga

Berita Lainnya