Anggota Polisi Inggris yang Miliki ‘Memori Fotografi’

Dikenal memiliki 'memori fotografi' dan mampu mengenali 850 pelaku kejahatan dalam empat tahun, tapi lupa tanggal pernikahannya

Anggota Polisi Inggris yang Miliki ‘Memori Fotografi’
dailymail
Andy Pope: Seperti komputer

Terkait

Hidayatullah.com–Andy Pope, seorang petugas polisi yang berdinas sebagai Community Support Officer, di West Midlands, Inggris Raya disebut tak hanya memiliki memori cukup besar, bahkan otaknya dinilai seperti komputer, mampu menyimpan berbagai informasi sehubungan pelaku kejahatan. Ia bahkan dinilai memiliki kemampuan mengenali wajah ratusan penjahat di keramaian.

Hanya dengan sekilas, Andy Pope mampu mengidentifikasi seseorang penjahat dan kemahirannya itu digunakan sepenuhnya untuk menangkap pelaku criminal dengan cepat.

Menurut laman Telegraph UK, saat anggota polisi lain sibuk mencoba mencari tersangka, Pope bahkan dengan mudah dan cepat menyelesaikan suatu kasus karena memori yang dimilikinya.

Pengalaman dan memori Pope sangat menakjubkan karena setiap pagi, ia memulai pekerjaan satu jam lebih awal. Ia gunakan satu jam pertama pekerjaannya dengan membuka daftar para penjahat di komputernya dan menelusuri foto-foto tersangka sebelum ikut dalam briefing internal polisi.

Inspekstur West Midlands Police, Gareth Moris mengatakan, dia terkejut ketika Pope mampu melakukan tugas yang diberikan kepadanya lebih cepat dan efektif dibandingkan polisi lain di lembaga itu.

“Saya memang cukup kagum, ketika anggota polisi lain buntu menyelesaikan sebuah kasus, tetapi hanya dengan melihat beberapa potongan gambar dan sedikit informasi, Pope justru mampu mendapatkan gambaran nyata.

“Dia mampu mengingat semua hal termasuk bertemu dengan orang banyak di jalanan. Bayangkan pada 2012 dia sudah menyelesaikan 250 kasus termasuk yang paling rumit, “katanya.

Yang menarik, ‘memori fotografi’ Pope mampu mengenali dan menangkap 850 pelaku kejahatan dalam empat tahun lalu.

Menariknya, ketika diwawancarai wartawan, Pope mengakui, meskipun dia mempunyia memori yang baik, tetapi dia juga ada kelemahan sulit mengingat banyak hal lain, termasuk hari jadi istrinya dan tanggal pernikahan mereka.

“Tentang tersangka kejahatan saya mudah ingat, tetapi tentang hari jadi dan ulang tahun pernikahan, saya dianggap sebagai orang yang tidak ‘berguna’ oleh istri saya,” katanya berseloroh.*

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !