Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Berita

PPI Dunia Gelar Simposium Kawasan Timur Tengah-Afrika di Pakistan

Bagikan:

Hidayatullah.com– Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Kawasan Timur-Tengah dan Afrika (Tim-Tengka) menggelar Simposium Kawasan di Islamabad, Pakistan, pada tanggal 1-4 Maret 2018.

Acara yang bertemakan “Membumikan Nilai Islam dalam Praktik Bisnis Modern di Indonesia” ini diagendakan dihadiri oleh beberapa pakar ekonomi dari Indonesia. Seperti, Muhammad Syafi’i Antonio, Andreas Senjaya, Bambang Suherman, dan beberapa tokoh lainnya.

Menurut Ketua Panitia, Muhammad Taufik, pada simposium ini ada beberapa agenda baru.

“Akan ada seminar yang akan menghadirkan beberapa tokoh yang ahli di bidang ekonomi sesuai dengan teman simposium saat ini,” tuturnya di Islamabad, Selasa (27/02/2018) lalu.

Baca: PPI Libanon Selenggarakan Diskusi Kebangsaan bersama Menpora RI

Selain itu, katanya, akan ada diskusi panel yang melibatkan para delegasi untuk membahas beberapa masalah terkait dengan tema.

“Hasil dari diskusi panel yang telah dilaksanakan ketika seminar, ini akan menjadi output kita untuk simposium ini,” terangnya.

Taufik menambahkan, akan ada juga diskusi 3 in 1 membahas negara yang dianggap maju dalam hal ekonomi Islamnya.

“Maka kita akan kaji negara ini dan kita ambil pelajaran dan teori mereka untuk kita cocokkan dan aplikasikan di Indonesia,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia (PPMI) Pakistan, Adnin Zahir, merasa bangga atas ditunjuknya Pakistan sebagai tuan rumah dalam menggelar hajatan besar tersebut.

Dengan adanya acara tersebut, Adnin berharap mampu menjaga silaturahim dan komunikasi antar pelajar Indonesia di luar negeri.

“Dengan adanya momen seperti ini semoga hubungan ke depan akan semakin erat dan komunikasinya akan semakin intensif,” tuturnya.

Baca: PPI Lebanon Pelantikan Pengurus dan Gelar Talkshow Kebangsaan

Acara tersebut dilaksanakan di Allama Iqbal University, Masjid Faisol, dan Quwaid Azzam, Islamabad. Hadir pula beberapa delegasi dari kawasan Timur Tengah dan Afrika seperti, Mesir, Sudan, Arab Saudi (Madinah), Lebanon, Jordanian, Prancis, dan lain sebagainya. Selain itu, akan ada juga delegasi dari beberapa badan eksekutif mahasiswa (BEM) dari Indonesia.

Untuk diketahui, PPI Dunia merupakan wadah organisasi yang menaungi seluruh pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di luar negara.

Saat ini, PPI berada di 51 negara yang terbagi dalam 3 kawasan yaitu, Asia – Oceania, Amerika – Eropa dan Timur Tengah – Afrika.* Ali Muhtadin

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

DPR Akan Serahkan Draf Final UU Ciptaker ke Presiden Hari Ini

DPR Akan Serahkan Draf Final UU Ciptaker ke Presiden Hari Ini

Lebih dari 400.000 Pengungsi Anak Suriah Tak Sekolah di Turki

Lebih dari 400.000 Pengungsi Anak Suriah Tak Sekolah di Turki

Pemerintah Sebut Yang Terpenting Bukan Status Bencananya

Pemerintah Sebut Yang Terpenting Bukan Status Bencananya

KH Ma’ruf Amin Non-aktif Sebagai Ketum MUI

KH Ma’ruf Amin Non-aktif Sebagai Ketum MUI

FUI Sulsel Desak Metro TV Minta Maaf  Seminggu Berturut-turut

FUI Sulsel Desak Metro TV Minta Maaf Seminggu Berturut-turut

Baca Juga

Berita Lainnya