Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Berita

Mahasiswa Indonesia Beri Bantuan ke Warga Miskin di Sudan

Faza Fauzan Kabiron
Bakti sosial Persatuan Pelajar Indonesia di Sudan (PPI Sudan) di kampung Tu’awidhat, Haj Yusuf, Khartoum, Sudan, Sabtu (24/02/2018).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia di Sudan (PPI Sudan), mengadakan bakti sosial di kampung Tu’awidhat, Haj Yusuf, Khartoum, Sudan, pekan kemarin, Sabtu (24/02/2018).

Dengan tema “Hati Peduli, Jiwa Beraksi, Raga Memberi”, PPI Sudan bersama lembaga kemanusiaan lokal Sudan Darbussalam dan Persatuan Pelajar Putri Indonesia (PPPI Sudan), membagikan 126 paket sembako dan 150 paket pakaian layak pakai kepada kaum dhuafa, pengungsi, dan lansia.

Acara berlangsung di kampung yang berpenduduk mayoritas di bawah garis kemiskinan.

Perwakilan dari PPI Sudan, Muhammad Ruhiyat Hariri mengatakan, kegiatan ini merupakan program tahunan PPI Sudan. Juga rangkaian dari acara peringatan Milad PPI Sudan ke- 36 yang jatuh pada 15 Februari 2018.

Kegiatan baksos ini melibatkan seluruh masyarakat Indonesia yang berada di Sudan, tambah Hariri kepada hidayatullah.com, secara terpisah.

Baca: Sudan Sediakan Beasiswa Mahasiswa Indonesia

Kegiatan ini turut dihadiri Ibu Cut Dinawati (Perwakilan Masyarakat Indonesia), Perwakilan Yayasan Darbussalam, Pengurus PPI Sudan, dan PPPI Sudan.

Ketika rombongan tamu tiba di lokasi, warga masyarakat yang terdiri dari ibu, bapak, serta anak-anak setempat tumpah ruah dan sangat bergembira menyambutnya.

Kampung Tu’awidhat berjarak sekitar kilometer 15 dari pusat Khartoum. Masyarakatnya masih banyak yang tinggal di rumah yang jauh dari kata layak huni. Tidak ada fasilitas sanitasi yang baik.

“Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah membantu kami. Kami sangat bahagia dan bersyukur kepada Allah, di tengah kesulitan yang kami hadapi, masih ada orang-orang yang peduli kepada kami dan masyarakat di sini.

Baca: Mahasiswa Indonesia Sudan bentuk Syabab Ajyal Quran

Semoga Allah Subhanallah Wa Ta’ala memberikan balasan kebaikan yang berlipat dan keberkahan kepada masyarakat Indonesia,” ujar Ustadzah Sumayyah, tokoh masyarakat setempat ketika bertemu para rombongan.

Sementara itu, Petua Panitia Acara, Rijaludin Kholis, mengucapkan, “Terima kasih banyak atas bantuan yang sudah teman-teman berikan dalam bentuk materi ataupun tenaga. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala menjadikan hal tersebut sebagai ladang pahala untuk kita semua.”

Sebelumnya, dari rangkaian acara milad ke-36, PPI Sudan telah mengadakan dialog ilmiah, bekam gratis, futsal, pelatihan public speaking, desain, nobar, dan lain-lain.* Abidurrahman Sibghatullah, koresponden hidayatullah.com di Sudan

Baca: Berlebaran di Sudan: Obat Penawar Rindu Nusantara

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Agar Pendidikan Sukses, Aspek Ibadah Harus Diperhatikan

Agar Pendidikan Sukses, Aspek Ibadah Harus Diperhatikan

Muhammad Sholehuddin: Hidupkan Sunnah Memanah di Perkantoran

Muhammad Sholehuddin: Hidupkan Sunnah Memanah di Perkantoran

Belanda Tarik Duta Besarnya dari Iran

Belanda Tarik Duta Besarnya dari Iran

Akun Jejaring Sosial Wakil PM Zionis Di-hacked

Akun Jejaring Sosial Wakil PM Zionis Di-hacked

GNPF Ulama: Ormas Islam Tidak Anti-Pancasila

GNPF Ulama: Ormas Islam Tidak Anti-Pancasila

Baca Juga

Berita Lainnya