Kamis, 27 Januari 2022 / 24 Jumadil Akhir 1443 H

Berita

Dibentuk Forum Komunikasi dan Advokasi Ekonomi Syariah

Bagikan:

Hidayatullah.com–Asosiasi praktisi dan pemerhati ekonomi syariah membentuk Forum Komunikasi dan Advokasi Ekonomi Syariah (ForKAES) guna pencapaian target sosialisasi ekonomi/keuangan syariah di Indonesia.

Direktur Grup Hubungan Masyarakat Bank Indonesia (BI) Difi A Johansyah dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu (12/12/2012), menyebutkan, peluncuran ForKAES direncanakan pada 19 Desember 2012 di Kantor Pusat BI Jakarta.

Acara tersebut bertepatan dengan pelaksanaan kegiatan “IDB Regional Lecture Series: General Lecture on Global Islamic Finance Development” kerja sama BI dengan Bank Pembangunan Islam (IDB).

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan peluncuran kembali Pusat Komunikasi Ekonomi Syariah (PKES) yang telah menggagas terbentuknya ForKAES. Pembentukan ForKAES merupakan amanat dari hasil Konvensi Nasional Anggota (KNA) PKES pada 13 Juli 2012.

ForKAES bertujuan mengkoordinasikan dan mensinkronkan program atau kegiatan sosialisasi, publikasi, komunikasi yang dilakukan oleh berbagai asosiasi seperti Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Asosiasi Bank Syariah Indonesia (ASBISINDO), Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI), Asosiasi BMT Se-Indonesia (ABSINDO), Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) dan PKES.

Diberitakan Antara, sebagai langkah awal ForKAES beranggotakan enam lembaga/asosiasi yang direpresentasikan secara ex-officio oleh ketua umum dan sekjen masing-masing lembaga/asosiasi tersebut.

Keenam lembaga/asosiasi itu selanjutnya akan menyusun program bersama, khususnya yang terkait dengan program-program komunikasi/publikasi ekonomi/keuangan syariah, yang dapat menjadi agenda nasional untuk mendorong pengembangan ekonomi/keuangan syariah di Indonesia. Pelaksanaan program tersebut dilakukan bersama dengan dikoordinasikan oleh PKES.

Sebagai pre-event kegiatan peluncuran ForKAES, diselenggarakan kegiatan “Bulan Ekonomi dan Keuangan Syariah” selama Desember 2012. Kegiatan tersebut diisi dengan seminar, forum riset, stadium generale, pelatihan, pameran dan kegiatan sosialisasi lainnya di beberapa kota di Indonesia seperti Pekanbaru, Denpasar, Padang, Jambi, Bandar Lampung, Bandung, Surabaya, Banjarmasin, Tasikmalaya dan Jakarta.

Kegiatan Bulan Ekonomi dan Keuangan Syariah diharapkan mendorong peningkatan perkembangan ekonomi syariah nasional, khususnya industri perbankan syariah.*

Rep: Insan Kamil
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Brzezinski: AS Jadi Negara Paling Dibenci

Brzezinski: AS Jadi Negara Paling Dibenci

Partai Buruh Kesal 8.000 Turis Datang ke Inggris Per Hari

Partai Buruh Kesal 8.000 Turis Datang ke Inggris Per Hari

MUI Jabar Sesalkan Serangan Massa LDII di Acara Pengajian UNIKA

MUI Jabar Sesalkan Serangan Massa LDII di Acara Pengajian UNIKA

Uang Lama Palestina Laku Hampir USD100.000

Uang Lama Palestina Laku Hampir USD100.000

Polisi Istanbul Kawal Tahun Baru dengan Seragam Sinterklas

Polisi Istanbul Kawal Tahun Baru dengan Seragam Sinterklas

Baca Juga

Berita Lainnya