Sabtu, 4 Desember 2021 / 28 Rabiul Akhir 1443 H

Berita

LISENSI dan Ideaplay Luncurkan Aplikasi Ekonomi Syariah Pertama di Indonesia

Sharee fitur
Bagikan:

Hidayatullah.com–Bertempat di Auditorium Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Syarif Hidayatullah, Lingkar Studi Ekonomi Syariah (LISENSI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bersama dengan Yotomo, meluncurkan aplikasi ekonomi syariah pertama di Indonesia bernama Sharee Mobile Apps. Acara diluncurkan hari Jum’at, (19/10/2012). Sharee sendiri kepanjangan dari Sharia Economic Education.

Asep Saefullah, Ketua LISENSI UIN dan content management dari Sharee Mobile Apps, mengungkapkan lahirnya aplikasi mobile ekonomi syariah ini karena melihat perkembangan ekonomi syariah yang begitu pesat seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

“Latar belakang mengeluarkan aplikasi ini karena kita melihat perkembangan ekonomi syariah yang begitu pesat dan perkembangan teknologi yang beriringan sama-sama pesat bahkan di global. Dari sana lahir sebuah ide sebuah terobosan baru inovasi baru yang menggabungkan perpaduan antara teknologi dengan ekonomi syariah,” ungkap mahasiswa Fakultas Syariah ini  kepada hidayatullah.com, Jum’at (19/10/2012).

“Kita coba mencari banyak pengetahuan tentang baik dari internet maupun dari buku-buku literatur dan kita terbesit untuk membuat sebuah inovasi berbentuk aplikasi mobile sebuah gadget di mana itu bisa terintegrasi dengan masyarakat, stakeholder, terutama untuk ekonomi syariah itu sendiri sehingga komunikasi maupun sosialisasi ekonomi syariah itu bisa lebih efektif,” tambahnya.

Sosialisasi aplikasi ini akan dimulai hari Sabtu dengan sebuah seminar yang mengusung tagline “Ekonomi Syariah dalam Genggaman”  selama dua hari dengan menghadirkan praktisi perbankan Syariah, Dewi Zulaekha MM.

Menurut Asep, aplikasi mobile ini mempunyai tiga fitur unggulan.Di antaranya berisi Kamus Ekonomi Syariah, Sharee e-Learning, yang birisi segala teori atau artikel-artikel maupun penelitian. Dalam Sharee e-Learning difungsikan sebagai media pembelajaran. Selain itu ada pula fitur News update,  yaitu fitur yang berisi berita-berita seputar ekonomi syariah.

Asep berharap stakeholder ekonomi syariah baik dari Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia, lembaga keuangan syariah (baik dari non-bank maupun bank atau lembaga pemerintahan lainnya) bisa mensupport pengembangan aplikasi ini di masa depa, khususnya mensupport  dalam bentuk material.

Saat ini, terang Asep, aplikasi Sharee baru hanya bisa digunakan oleh mereka yang mempunyai HP Android. Meski demikian, ke depan tidak menutup kemungkinan aplikasi ini akan bisa digunakan oleh pengguna Blackberry, iPad, Apple dan Windows Phone.*

Rep: Ibnu Sumari
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Pemuda Iraq Ajak Gemar Membaca

Pemuda Iraq Ajak Gemar Membaca

Pasangan Asal Filipina Menikah Ulang Secara Islam

Pasangan Asal Filipina Menikah Ulang Secara Islam

Laporan: Facebook  ‘Dengan sengaja’ Gagal Mengatasi Masalah Anti-Muslim Meskipun Terdapat Potensi Genosida

Laporan: Facebook ‘Dengan sengaja’ Gagal Mengatasi Masalah Anti-Muslim Meskipun Terdapat Potensi Genosida

Kaum Buruh Bekasi Sesalkan Jokowi Bersahabat Dengan Sofyan Wanandi

Kaum Buruh Bekasi Sesalkan Jokowi Bersahabat Dengan Sofyan Wanandi

Gabungan Elemen Mahasiswa Kobar: Lawan Donald Trump!

Gabungan Elemen Mahasiswa Kobar: Lawan Donald Trump!

Baca Juga

Berita Lainnya