Senin, 25 Oktober 2021 / 19 Rabiul Awwal 1443 H

Palestina Terkini

Hamas Tolak Pilkada Tanpa Pemilu

hamas.ps
Wakil Kepala Biro Politik HAMAS di Gaza, Isma’il Haniyah dalam peringatan Gerakan Perlawanan Islam (HAMAS) ke 28
Bagikan:

Hidayatullah.com — Hamas, mengatakan pada hari Rabu (22/09/2021) bahwa pihaknya tidak akan berpartisipasi dalam pemilihan kotamadya Palestina yang ditetapkan oleh Otoritas Palestina (PA) untuk bulan Desember, kecuali jika pemilihan umum (pemilu) juga diadakan, lansir The New Arab.

Hamas adalah rival lama PA, pengelola wilayah Palestina yang diduduki Zionis, dan telah mendukung keputusan untuk mengadakan pemilihan legislatif dan presiden Palestina pada bulan Mei dan Juli.

Tetapi Presiden PA Mahmoud Abbas pada April menunda tanpa batas waktu pemungutan suara itu, yang akan menjadi pemilihan Palestina pertama dalam 15 tahun.

Abbas mengutip penolakan “Israel” untuk menjamin pemungutan suara di Yerusalem timur yang dicaplok Zionis “Israel”, yang diklaim Palestina sebagai ibu kota masa depan mereka.

Namun para ahli Palestina mengatakan Abbas menolak keras karena takut Hamas akan menyapu bersih pemilu, dalam pengulangan hasil tahun 2006 yang tidak diterima oleh gerakan Fatah.

Hamas, yang dibuat marah oleh penundaan pemilihan umum Abbas, mengatakan Rabu bahwa hal itu “tidak akan menjadi bagian dari … pemilihan kota yang terfragmentasi”.

“Solusi yang tepat adalah mengadakan pemilihan komprehensif” untuk presiden Palestina, dewan legislatif Palestina, Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), badan-badan kota dan serikat pekerja dan mahasiswa, juru bicara Hamas Hazem Qassem mengatakan kepada wartawan.

Pemungutan suara itu bisa terjadi “secara bersamaan atau sesuai dengan jadwal yang disepakati secara nasional”, katanya.

“Kalau itu rencananya, kami siap berpartisipasi.”

Pemilihan kota yang diadakan oleh PA akan berlangsung di 387 daerah di seluruh Tepi Barat dan Gaza pada 11 Desember, dan kemudian di 90 tempat lain di kemudian hari yang belum ditentukan.

Dari 477 tempat pemungutan suara, hanya 11 yang berada di Gaza.

Penolakan Hamas terhadap proses tersebut akan membuat pemungutan suara tidak mungkin dilakukan di Gaza, wilayah yang diblokade Zionis “Israel” yang dikendalikan oleh kelompok Islam sejak 2007.

Rep: Fida A.
Editor: Muhammad

Bagikan:

Berita Terkait

Giliran Fatah Merayakan HUT-nya di Gaza

Giliran Fatah Merayakan HUT-nya di Gaza

Lagi, Penduduk Israel Bakar Masjid Palestina

Lagi, Penduduk Israel Bakar Masjid Palestina

[Video] “Jangan Biarkan ‘Israel’ Mencuci Otakmu!”

[Video] “Jangan Biarkan ‘Israel’ Mencuci Otakmu!”

COVID 19 Palestina

Palestina Catat Jumlah Kematian Tertinggi akibat COVID-19 dalam Sehari

Dinas Intelijen Zionis Shin Bet Serbu Masjidil Aqsha

Dinas Intelijen Zionis Shin Bet Serbu Masjidil Aqsha

Baca Juga

Berita Lainnya