Selasa, 19 Oktober 2021 / 12 Rabiul Awwal 1443 H

Palestina Terkini

Hamas: ‘Israel’ Menghindari Krisis Internal dengan Menyerang Gaza

Serangan udara ‘Israel’ menghancurkan gedung bertingkat tinggi di Kota Gaza yang menampung kantor The Associated Press dan Al-Jazeera
Bagikan:

Hidayatullah.com — Kelompok Palestina Hamas pada hari Ahad (12/09/2021) menuduh pemerintah “Israel” meningkatkan situasi di Jalur Gaza dalam upaya untuk menghindari krisis internal, lapor Anadolu Agency.

Pesawat-pesawat tempur Zionis “Israel” melakukan serangan udara semalam di Jalur Gaza sebagai tanggapan atas tembakan roket dari wilayah Palestina. Tidak ada cedera yang dilaporkan.

“Eskalasi (militer) di Gaza adalah upaya ‘Israel’ untuk mengekspor krisis internal… terutama setelah runtuhnya sistem keamanannya setelah pembobolan penjara dari penjara Gilboa,” kata juru bicara Hamas Fawzi Barhoum dalam sebuah pernyataan.

Pada hari Senin (06/09/2021), enam narapidana Palestina keluar dari penjara Gilboa dengan keamanan tinggi di “Israel” utara. Pasukan Zionis “Israel”, bagaimanapun, telah berhasil menangkap empat dari mereka setelah perburuan.

Kelompok perlawanan Palestina diduga menembakkan roket ke “Israel” pada hari Jum’at (10/09/2021) ketika dua tahanan ditangkap dan sekali lagi pada hari Sabtu (11/09/2021), setelah dua tahanan yang melarikan diri ditangkap. Militer Zionis Israel mengatakan pihaknya menyerang sasaran milik Hamas. Tidak ada laporan korban jiwa, lansir Middle East Monitor.

Pembobolan penjara telah dipuji sebagai “kemenangan besar” oleh Palestina, sementara “Israel” mengecamnya sebagai kegagalan keamanan dan intelijen utama.

Juru bicara Hamas mengatakan Zionis “Israel” tidak akan berhasil mengubah aturan keterlibatan dengan kelompok perlawanan Palestina di Gaza.

Rumah bagi lebih dari 2 juta orang, Jalur Gaza telah terhuyung-huyung di bawah pengepungan “Israel” yang melumpuhkan sejak 2007, yang sangat mempengaruhi mata pencaharian di daerah kantong tepi laut.*

Rep: Fida A.
Editor: Muhammad

Bagikan:

Berita Terkait

Hari Selasa, Zionis Dikabarkan Serang Masjidil Aqsha

Hari Selasa, Zionis Dikabarkan Serang Masjidil Aqsha

Gerakan Perempuan Zionis Provokasi Penggrebekan Masjid Al-Aqsha

Gerakan Perempuan Zionis Provokasi Penggrebekan Masjid Al-Aqsha

Presiden Abbas pemeriksaan kesehatan

Warga Palestina Marah atas Pemulihan Perjanjian Keamanan dengan ‘Israel’ oleh PA

Pemerintahan Baru israel

Warga Palestina Mengenai Pemerintahan Baru ‘Israel’: ‘Tak ada Perbedaan’

Baca Juga

Berita Lainnya