Selasa, 30 November 2021 / 24 Rabiul Akhir 1443 H

Palestina Terkini

‘Israel’ Memberi Pemukim Ilegal Yahudi 2.100 Hektar Tanah Palestina di Tepi Barat

permukiman yahudi REUTERS/Mohamad Torokman
Pemukiman Yahudi di Modiin Illit (latar belakang) dan tembok Israel (latar depan) di desa Bilin di Tepi Barat yang diduduki negara penjajah Israel (20/03/2020).
Bagikan:

Hidayatullah.com—“Israel” telah memberikan pemukim ilegal Yahudi sekitar 2.100 hektar tanah pertanian dan penggembalaan di Tepi Barat, Palestina yang diduduki. Pemberian tersebut dilaksanakan meskipun tidak memiliki persetujuan bangunan, lansir The New Arab.

Hal ini datang sebagai jawaban atas pertanyaan dari kelompok kampanye solusi dua negara “Israel” Peace Now mengenai pembiayaan organisasi yang menyediakan keamanan dan sukarelawan di lahan pertanian, Haaretz melaporkan pada hari Kamis (29/07/2021).

Tiga organisasi, Hashomer Yosh dan Kedma, di samping Beit Yattir, yang menginstruksikan siswa sebelum perekrutan mereka menjadi tentara Zionis “Israel”, diberi uang oleh kementerian pertanian “Israel”, kata laporan itu.

Kelompok-kelompok ini memasok staf pertanian sukarelawan di pertanian ilegal tersebut, Menurut Haaretz.

Peace Now mendesak pihak berwenang untuk menghentikan dukungan mereka terhadap pemukiman untuk “menghindari lebih banyak ‘Evtayars’”, mengacu pada pemukiman Tepi Barat yang penghuninya baru-baru ini meninggalkan Gunung Sabih dalam kesepakatan dengan pemerintah Zionis “Israel” yang menetapkan militer akan mengawasi bangunan di sana.

Pemukim tidak dapat diizinkan “untuk secara ilegal menetapkan kebijakan luar negeri dan keamanan ‘Israel’”, kata Peace Now.

Kelompok itu mencatat sulit untuk memahami “mengapa kementerian pemerintah membiarkan dirinya mengambil jutaan shekel dalam dana publik dan memberikannya kepada kelompok-kelompok yang terikat pada aktivitas ilegal”.

Hashomer Yosh, Kedma, dan Beit Yattir bersama-sama diberikan setara saat ini sebesar $ 1,17 juta tahun lalu, dengan $ 1,11 juta diberikan pada tahun 2019 sehubungan dengan pekerjaan mereka di pos-pos ilegal.

Tepi Barat yang diduduki secara ilegal memiliki banyak situs di mana orang “Israel” menggembalakan hewan dan 30 atau lebih dibangun oleh kelompok pemukim Amana di tahun-tahun sebelumnya.

Meskipun menempati area tanah yang luas, mereka sebagian besar tetap tidak berpenghuni karena jumlah tanah yang digunakan untuk hewan.

Dalam korespondensinya dengan Peace Now, kementerian pertanian mengungkapkan keberadaan pemukiman pertanian dengan izin penggembalaan di banyak bagian Tepi Barat, termasuk Lembah Yordan, dekat Ramallah, dan di Perbukitan Hebron.

Kementerian Pertanian Israel berkomentar mengatakan “memberikan hibah hanya untuk tanah yang diatur dengan benar oleh Administrasi Sipil” di bawah metode yang dibuat kementerian untuk menentukan kepemilikan plot yang terletak di Tepi Barat.

Istilah “hibah” tampaknya merujuk pada penghargaan moneter yang dibuat oleh kementerian pertanian.

Kementerian menambahkan bahwa, mengenai Hashomer Yosh, itu juga memverifikasi “pertanian memang didukung dalam kerangka dukungan kementerian untuk ‘organisasi sukarelawan’”, mencatat bahwa kelompok-kelompok ini memiliki izin.

Dikatakan Hashomer Yosh mematuhi aturannya.

Aplikasi yang dibuat oleh organisasi pemukim adalah untuk plot yang jauh lebih besar daripada area yang mereka peroleh dukungannya.

Permukiman ilegal “Israel” berada di bawah pengawasan tambahan baru-baru ini setelah perusahaan es krim AS Ben & Jerry’s memutuskan untuk menghentikan penjualannya di wilayah Palestina yang diduduki, yang berarti boikot efektif terhadap pos-pos Tepi Barat.

Namun, perusahaan itu mengatakan akan tetap beroperasi di “Israel”.

Rep: Fida A.
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Delegasi Al-Azhar Kunjungi Shujaiya, Gaza

Delegasi Al-Azhar Kunjungi Shujaiya, Gaza

1000 Lebih Warga Palestina Tewas Akibat Blokade ‘Israel’ di Gaza

1000 Lebih Warga Palestina Tewas Akibat Blokade ‘Israel’ di Gaza

Uraifi Batal ke Al Quds Setelah Mendengarkan Nasehat dari Kolega

Uraifi Batal ke Al Quds Setelah Mendengarkan Nasehat dari Kolega

5 Relawan MER-C Berhasil Tembus Gaza

5 Relawan MER-C Berhasil Tembus Gaza

Palestina Serahkan Aplikasi Keanggotaan Penuh PBB

Palestina Serahkan Aplikasi Keanggotaan Penuh PBB

Baca Juga

Berita Lainnya