Senin, 27 September 2021 / 20 Safar 1443 H

Palestina Terkini

Delegasi Parlemen AS Menuju Timur Tengah untuk Meningkatkan Hubungan ‘Israel’-OP

Bagikan:

Hidayatullah.com — Delegasi parlemen yang dipimpin oleh ketua Komite Urusan Luar Negeri Amerika akan bertemu dengan pemerintah baru “Israel”. Hal tersebut dalam upaya untuk meredakan hubungannya dengan Otoritas Palestina, lapor Middle East Eye.

Perwakilan Gregory Meeks, dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (05/07/2021), mengatakan dia akan memimpin sekelompok 10 anggota parlemen dalam perjalanan yang berusaha untuk meningkatkan “hubungan diplomatik dengan Pemerintah ‘Israel’ dan Otoritas Palestina, serta melakukan pengawasan terhadap program AS di wilayah tersebut”.

“Perjalanan itu akan memungkinkan anggota untuk mengeksplorasi tantangan yang ditimbulkan oleh pecahnya kekerasan baru-baru ini di Gaza, menilai kebutuhan keamanan ‘Israel’ saat ini, dan mengevaluasi upaya Administrasi Biden untuk memulai kembali bantuan kepada rakyat Palestina,” kata Meeks.

Sementara hubungan antara AS dan OP terputus selama pemerintahan Trump, Presiden AS Joe Biden telah bekerja untuk memulai kembali diplomasi, menyetujui sekitar $ 235 juta dalam bantuan kemanusiaan untuk Palestina dan badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA).

Delegasi juga berharap untuk membiasakan diri dengan pemerintah baru Zionis “Israel”, yang mengambil alih bulan lalu, dan “terlibat dengan mitra lokal di lapangan yang bekerja untuk meningkatkan kehidupan baik warga Palestina dan ‘Israel’”.

Perdana Menteri baru “Israel”, Naftali Bennett, memimpin partai sayap kanan Yamina, yang sangat penting dalam menggulingkan mantan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, pemimpin terlama Zionis “Israel” yang menjabat selama total 15 tahun.

Perwakilan Demokrat Ted Deutch; David Cicilline; Abigail Spanberger; Sara Jacobs; Kathy Manning; dan Brad Schneider akan menghadiri perjalanan tersebut, begitu juga Partai Republik Andy Barr, Nicole Malliotakis dan French Hill.

Delegasi parlemen juga berharap untuk membangun kesepakatan normalisasi antara penjajah “Israel” dan beberapa negara Arab atau mayoritas Muslim yang telah terjadi selama setahun terakhir.

Meeks, yang sudah berada di “Israel”, menandai peringatan 245 tahun berdirinya Amerika Serikat di kedutaan besar AS di Yerusalem pada hari Senin.

“Kami di sini bukan karena politik, kami di sini karena nilai-nilai… kami berbagi nilai yang sama, jadi itu adalah ikatan yang tidak bisa dipatahkan,” kata Meeks.

‘Masalah yang Menjadi Perhatian Bersama’

Delegasi itu kemudian akan menuju ke Qatar untuk “mengatasi masalah yang menjadi perhatian bersama” antara AS dan Doha, termasuk ancaman keamanan regional dan kepentingan ekonomi. Ini juga bertujuan untuk lebih memahami “provokasi Iran di kawasan” dan “postur keamanan regional AS”, kata Meeks.

Pada bulan Mei, Qatar mengumumkan rencana untuk memberikan $500 juta bantuan untuk rekonstruksi Gaza setelah serangan udara 11 hari yang menghancurkan “Israel”. Namun AS khawatir tentang bagaimana rencananya untuk memastikan dana tersebut tidak diterima oleh gerakan Hamas, yang memerintah Jalur Gaza tetapi dianggap sebagai organisasi teroris di AS.

Selama perjalanan, anggota parlemen akan mengunjungi Pangkalan Udara Al Udeid, markas komando pusat AS di Timur Tengah (Centcom), di mana para anggota akan bertemu dengan personel militer AS yang dikerahkan.

Meeks mengatakan delegasi akan membahas tanggapan Zionis “Israel” dan Qatar terhadap pandemi Covid-19, serta peningkatan global dalam kasus yang disebabkan oleh varian delta yang menyebar cepat.

“Israel” baru-baru ini menerapkan kembali mandat masker dalam ruangan dan pembatasan perjalanan karena kasus virus corona meningkat dengan cepat meskipun kampanye vaksinasi berhasil.

“Pandemi Covid-19 tetap menjadi perhatian delegasi dan tindakan pencegahan akan diambil untuk melindungi peserta dan tuan rumah kami. Status respons Covid di ‘Israel’, Qatar, dan kawasan akan ditangani,” kata Meeks.

Komite Urusan Luar Negeri Parlemen AS tidak memberikan tanggal atau rencana perjalanan yang tepat.

Rep: Fida A.
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Pejabat Senior Hamas Lolos dari Percobaan Pembunuhan

Pejabat Senior Hamas Lolos dari Percobaan Pembunuhan

Tentara Zionis ‘Israel’ Lukai Anak-Anak Palestina

Tentara Zionis ‘Israel’ Lukai Anak-Anak Palestina

Penjajah Mengebom Beberapa Daerah di Jalur Gaza

‘Israel’ Melancarkan Serangan Udara di Jalur Gaza

PBNU Nilai AS Tak Demokratis Halangi Palestina

PBNU Nilai AS Tak Demokratis Halangi Palestina

Zionis-Israel Lepaskan Roket Berisi Racun Mematikan

Zionis-Israel Lepaskan Roket Berisi Racun Mematikan

Baca Juga

Berita Lainnya