Jum'at, 28 Januari 2022 / 24 Jumadil Akhir 1443 H

Palestina Terkini

Pasukan ‘Israel’ Menargetkan Demonstran Palestina di Syeikh Jarrah, Yerusalem Timur

Agresi Israel di Sheikh Jarrah Al Jazeera
Bagikan:

Hidayatullah.com–Polisi “Israel” menggunakan granat kejut dan menyemprotkan air sigung ke warga Palestina semalam di lingkungan Syeikh Jarrah yang diduduki Yerusalem Timur, lansir Al Jazeera.

Ada bentrokan antara pemukim ilegal Yahudi dan Palestina pada Senin (21/06/2021) malam sebelumnya dengan media Zionis “Israel” melaporkan batu dan kursi dilemparkan di antara pihak yang berseberangan.

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan 20 warga Palestina terluka dalam serangan itu dan laporan mengatakan beberapa orang ditangkap. Mereka yang terluka termasuk 16 orang yang menderita luka akibat semprotan merica dan gas air mata, dan seorang lansia yang dipukul di bagian kepala.

Layanan medis juga mengatakan beberapa ambulansnya menjadi sasaran pemukim ilegal Yahudi yang melemparkan batu ke kendaraannya.

Sementara itu, puluhan pemukim ilegal “Israel” pada hari Selasa (22/06/2021) memaksa masuk ke kompleks Masjid Al-Aqsha di Yerusalem Timur yang diduduki, menurut Departemen Wakaf Islam.

Sekitar 44 pemukim ilegal masuk ke kompleks itu di bawah perlindungan polisi “Israel”, dan lebih banyak pemukim diperkirakan akan memasuki lokasi itu di kemudian hari, katanya dalam sebuah pernyataan.

Tindakan Keras yang Sering Dilakukan

Senin malam, polisi “Israel” terlihat menggerebek sebuah rumah warga Palestina dan melemparkan granat kejut ke warga di dalamnya.

Syeikh Jarrah telah menjadi tempat yang sering dilakukan oleh polisi “Israel” terhadap warga Palestina yang memprotes ancaman pengusiran paksa puluhan keluarga Palestina dari rumah mereka demi kelompok pemukim ilegal “Israel” garis keras.

Zionis “Israel” menyebutnya “perselisihan real-estate” sementara Palestina dan kelompok hak asasi mengatakan kasus tersebut menyoroti kebijakan diskriminatif yang bertujuan mendorong warga Palestina keluar dari Yerusalem.

Letusan kekerasan adalah gesekan terbaru di Syeikh Jarrah, di mana protes dan tindakan keras selama berminggu-minggu menarik perhatian internasional menjelang serangan 11 hari Israel di Gaza bulan lalu.

Gencatan senjata mulai berlaku pada 21 Mei, tetapi kampanye jangka panjang oleh pemukim ilegal Yahudi untuk mengusir warga Palestina dari rumah mereka terus berlanjut.

Dan siklus ketegangan dan kekerasan bertahan dalam ujian awal yang mencolok bagi pemerintah koalisi baru Zionis “Israel”, yang baru berumur seminggu.

Di pucuk pimpinan di bawah perjanjian rotasi adalah Perdana Menteri Naftali Bennett, kepala partai sayap kanan Yamina.

Dalam dua tahun, dia akan digantikan oleh Yair Lapid, pemimpin sentris Yesh Atid. Dan yang memimpin oposisi adalah pemimpin Likud Benjamin Netanyahu, yang digulingkan dari jabatan perdana menteri setelah memegang jabatan itu selama 12 tahun.

Intervensi oleh jaksa agung Zionis “Israel” pada puncak kerusuhan telah menunda perintah pengusiran yang paling dekat. Tetapi kelompok-kelompok hak asasi mengatakan pemindahan paksa itu masih bisa berlanjut dalam beberapa bulan mendatang karena perhatian internasional berkurang, berpotensi memicu putaran pertumpahan darah lagi.

Para pemukim telah melakukan kampanye selama puluhan tahun untuk mengusir keluarga dari lingkungan padat penduduk Palestina di apa yang disebut Cekungan Suci, tepat di luar tembok Kota Tua, di salah satu bagian paling sensitif dari Yerusalem Timur yang diduduki.

“Israel” merebut Yerusalem Timur – rumah bagi tempat-tempat suci bagi orang Yahudi, Kristen dan Muslim – dalam perang tahun 1967 dan mencaploknya dalam sebuah langkah yang tidak diakui secara internasional. Penjajah “Israel” memandang seluruh kota sebagai ibu kotanya, sementara Palestina menginginkan Yerusalem Timur sebagai ibu kota negara masa depan mereka.*

Rep: Fida A.
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Zionis Serang Rumah Warga Gaza, Selama Agustus 36 Anak Ditawan

Zionis Serang Rumah Warga Gaza, Selama Agustus 36 Anak Ditawan

Surya Membaik, Mungkin Pulang Rabu

Surya Membaik, Mungkin Pulang Rabu

Palestina Mengundurkan Diri sebagai Presiden Dewan Liga Arab

Palestina Mengundurkan Diri sebagai Presiden Dewan Liga Arab

Enam Orang Syahid dalam Aksi “Great Return March” Jumat ke-27

Enam Orang Syahid dalam Aksi “Great Return March” Jumat ke-27

Ditangkap Hingga Dilempar Granat, ‘Israel’ Telah Lakukan 24 Serangan Terhadap Jurnalis Palestina Selama Juli

Ditangkap Hingga Dilempar Granat, ‘Israel’ Telah Lakukan 24 Serangan Terhadap Jurnalis Palestina Selama Juli

Baca Juga

Berita Lainnya