Senin, 29 November 2021 / 23 Rabiul Akhir 1443 H

Palestina Terkini

Menlu ‘Israel’ Tiba di Mesir untuk Pembicaraan ‘Gencatan Senjata Permanen’ Gaza

Menlu Israel
Bagikan:

Hidayatullah.com–Menteri Luar Negeri (Menlu) ‘Israel’ Gabi Ashkenazi tiba di Kairo pada hari Ahad untuk melakukan pembicaraan dengan mitranya dari Mesir Sameh Shoukry. Pembicaraan tersebut menargetkan pembentukan “gencatan senjata permanen” antara ‘Israel’ dan Hamas, gerakan perlawanan yang memimpin di Jalur Gaza yang terkepung, lansir Al Jazeera.

Ashkenazi mentweet dalam bahasa Arab, Inggris dan Ibrani bahwa perjalanannya ke Kairo adalah “kunjungan resmi pertama Menlu ‘Israel’ dalam 13 tahun”.

Menurut tweetnya, kunjungan itu dilakukan sebagai tanggapan atas undangan yang diberikan oleh Shoukry Mesir.

“Kami akan membahas pembentukan gencatan senjata permanen dengan Hamas, mekanisme untuk memberikan bantuan kemanusiaan & rekonstruksi Gaza dengan peran penting yang dimainkan oleh komunitas internasional,” tambahnya.

Dia juga mencatat bahwa pemerintahnya “berkomitmen penuh” untuk memulangkan tahanan “Israel” yang ditahan oleh Hamas.

Mesir memainkan peran penting dalam menengahi gencatan senjata awal bulan ini antara negara penjajah “Israel” dan Hamas, yang mengakhiri pemboman selama 11 hari.

Serangan terbaru “Israel” di Gaza – yang berada di bawah pengepungan yang melumpuhkan sejak 2007 – menewaskan 253 warga Palestina, termasuk 66 anak-anak.

Serangan itu menghancurkan 1.800 unit tempat tinggal dan sebagian menghancurkan setidaknya 14.300 lainnya, memaksa puluhan ribu warga Palestina untuk berlindung di sekolah-sekolah yang dikelola Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Pengeboman itu juga melanda sekitar 74 bangunan umum, termasuk kota setempat, menurut angka yang dikeluarkan oleh kementerian informasi Gaza.

Pejabat senior keamanan Mesir mengkonfirmasi kepada kantor berita AFP pada hari Ahad bahwa pemimpin Hamas Ismail Haniyeh juga akan berada di Kairo untuk berdiskusi, tetapi tidak akan memberikan rincian lebih lanjut.

Pada saat yang sama, kepala intelijen Mesir Abbas Kamel memimpin delegasi keamanan tingkat tinggi diharapkan berada di “Israel” dan wilayah Palestina yang diduduki, para pejabat menambahkan.

“Presiden [Abdel Fattah] el-Sisi menginstruksikan kepala intelijen umum untuk berdiskusi dengan Perdana Menteri ‘Israel’ [Benjamin Netanyahu] dan pihak berwenang terkait penetapan gencatan senjata permanen dan perkembangan terbaru di front Palestina,” kata mereka.

El-Sisi, yang telah memulihkan peran negaranya sebagai kelas berat regional, juga menugaskan Kamel untuk mengakhiri perpecahan politik antara rival Hamas di Gaza dan Fatah di Tepi Barat yang diduduki, kata para pejabat.

Warga Palestina telah terpecah secara politik antara Hamas dan saingannya Fatah, tetapi para analis mengatakan eskalasi terbaru dalam konflik “Israel”-Palestina telah berfungsi untuk menyatukan komunitas Palestina yang secara geografis terfragmentasi dengan cara yang tidak terlihat selama bertahun-tahun.

Peningkatan tersebut adalah hasil dari meningkatnya ketegangan di Yerusalem Timur yang diduduki atas rencana pengusiran “Israel” atas keluarga Palestina dari Sheikh Jarrah dan serangan terhadap kompleks Masjid Al-Aqsha.

Roket dan tembakan lainnya dari Gaza menewaskan 12 orang di “Israel”, termasuk dua anak.

El-Sisi telah menjanjikan $ 500 juta untuk membantu upaya rekonstruksi di daerah kantong yang padat penduduk dan porak poranda.

Mesir telah membantu pengepungan Zionis “Israel” yang sedang berlangsung di Gaza, dan sebagian besar telah menutup perbatasan Rafah karena alasan keamanan.

Pengepungan Gaza juga telah menghentikan aliran bahan konstruksi yang diperlukan untuk membangun kembali sebagian besar infrastruktur daerah kantong tersebut, yang rusak dalam kampanye militer “Israel” sebelumnya pada tahun 2008, 2012, dan 2014.

Bahan-bahan ini amat sulit didapat karena harus melewati lapisan birokrasi yang menyulitkan.*

Rep: Fida A.
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Sejumlah Maskapai Asing Tolak Terbang ke Tel Aviv, Zionis Rencana Buka Bandara Eliat

Sejumlah Maskapai Asing Tolak Terbang ke Tel Aviv, Zionis Rencana Buka Bandara Eliat

Zionis-Israel Larang Adzan Di Masjid Ibrahimi

Zionis-Israel Larang Adzan Di Masjid Ibrahimi

Liga Arab Mendesak ‘Israel’ untuk Melanjutkan Proses Perdamaian

Liga Arab Mendesak ‘Israel’ untuk Melanjutkan Proses Perdamaian

Ismail Haniyah Diskusikan “Yahudisasi” dengan Grand Syeikh Al Azhar

Ismail Haniyah Diskusikan “Yahudisasi” dengan Grand Syeikh Al Azhar

PM Ismail Haniyah Maafkan Anggota Fatah dan Bolehkan Kunjungi Gaza

PM Ismail Haniyah Maafkan Anggota Fatah dan Bolehkan Kunjungi Gaza

Baca Juga

Berita Lainnya