Rabu, 26 Januari 2022 / 22 Jumadil Akhir 1443 H

Palestina Terkini

Hamas Berjanji untuk Melanjutkan Serangan Roket terhadap “Israel”

Hamas serangan roket AP
Ismail Haniyah saat menjadi khatib Jumat di Kam Pengungsi Bureij, Jalur Gaza, 5 Juli 2013
Bagikan:

Hidayatullah.com — Hamas pada Selasa (11/05/2021) berjanji untuk melanjutkan serangan roket terhadap “Israel” dari Gaza. Hal itu menyusul kekerasan pada Senin (10/05/2021) oleh pasukan “Israel” terhadap pengunjuk rasa Palestina di Masjid Al-Aqsha, lansir The New Arab.

Gerakan berbasis di Gaza telah memberi nama Seif Al-Quds (“Pedang Al-Quds”) untuk operasi anti-“Israel” terbarunya.

“Kami telah memutuskan untuk melanjutkan [serangan roket] selama pendudukan [‘Israel’] tidak mengakhiri semua bentuk agresi dan terorisme di Yerusalem dan Masjid Al-Aqsha,” kata Ismail Haniyah, kepala biro politik Hamas di pernyataan singkat.

Pernyataan itu menyusul kekerasan siang dan malam, kematian, dan luka-luka di Gaza dan Yerusalem.

Otoritas kesehatan di Jalur Gaza mengatakan setidaknya 24 orang, termasuk sembilan anak-anak, telah tewas oleh serangan “Israel” di daerah kantong Palestina yang terkepung, dengan lebih dari 65 orang terluka.

Sembilan belas orang “Israel” terluka dalam serangan roket Hamas di kota Ashkelon di utara Jalur Gaza pada Selasa pagi, surat kabar “Israel” Haaretz melaporkan.

Hamas dan faksi Palestina lainnya meluncurkan roket pada Senin malam menuju Yerusalem barat dan kota-kota di Israel setelah ratusan jemaah dan pengunjuk rasa Palestina di Masjid Al-Aqsha Yerusalem terluka oleh polisi Israel yang menyerbu situs suci dan menembakkan peluru karet, granat setrum, dan air mata. gas.

Sayap bersenjata Hamas, Kataeb Al-Qassam, mengatakan bahwa pihaknya telah menggunakan roket A120 baru dengan “daya destruktif tinggi” dan jangkauan 120 kilometer dalam serangan Senin.

Dalam pernyataannya, Haniyah mengaitkan nasib Gaza dengan Palestina di Yerusalem.

“Ketika Yerusalem menyeru, Gaza menjawab,” katanya, menambahkan bahwa orang-orang Palestina di Yerusalem “telah membentuk keseimbangan kekuatan baru”.

Bulan Sabit Merah Palestina mengumumkan pada Senin malam bahwa 612 orang terluka dalam serangan “Israel” di Masjid Al-Aqsha, dengan rumah sakit di Yerusalem Timur dipenuhi dengan orang-orang yang terluka.

Hamas dan kelompok militan Palestina lainnya memberi Zionis “Israel” ultimatum pada hari Senin untuk menarik pasukannya dari masjid pada 1500 GMT dan meluncurkan roket setelah kedaluwarsa.

John Conricus, seorang juru bicara militer Zionis, mengatakan bahwa lebih dari 200 roket telah ditembakkan ke “Israel” pada hari Senin, mengklaim bahwa 90 persen dicegat oleh sistem pertahanan “Kubah Besi” “Israel”.

Dia mengatakan bahwa militer penjajah telah membunuh 15 “operasi” dari Hamas dan faksi Palestina lainnya.

Pasukan penjajah “Israel” mundur dari sekitar Masjid Al-Aqsha pada Senin malam tetapi situasi di kota tetap tegang.

Warga Palestina mengantisipasi kembalinya pasukan dan keluarga “Israel” di daerah Syeikh Jarrah di Yerusalem Timur yang masih menghadapi pengusiran dari rumah mereka.

Kekerasan di sekitar Masjid Al-Aqsha mengikuti kampanye pelecehan dan intimidasi oleh “Israel” terhadap warga Palestina di Yerusalem bertepatan dengan bulan puasa Ramadhan.

Bulan lalu, ekstremis “Israel” berbaris melalui Yerusalem Timur di bawah perlindungan polisi, meneriakkan “Matilah orang Arab” dan menyerang serta melukai banyak orang Palestina.*

Rep: Fida A.
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Pimpinan Hamas Bertemu Syeikh Al-Azhar dan Partai Salafy

Pimpinan Hamas Bertemu Syeikh Al-Azhar dan Partai Salafy

Muslimin Malaysia Tanyakan Pertentangan Hamas dengan “Fatah” dan “Jundu Nashrullah”

Muslimin Malaysia Tanyakan Pertentangan Hamas dengan “Fatah” dan “Jundu Nashrullah”

Dana Tak Sampai Gaza, Ismail Haniyah: Kami Tak Mengemis Bantuan

Dana Tak Sampai Gaza, Ismail Haniyah: Kami Tak Mengemis Bantuan

Kisah Ibrahim Zaza; Bocah Gaza yang Dibom Zionis

Kisah Ibrahim Zaza; Bocah Gaza yang Dibom Zionis

Ratusan Keluarga Gaza Tinggalkan Suriah

Ratusan Keluarga Gaza Tinggalkan Suriah

Baca Juga

Berita Lainnya