Senin, 5 Juli 2021 / 26 Zulqa'dah 1442 H

Palestina Terkini

Tentara Zionis ‘Israel’ Serbu Sel Tahanan Hamas di Penjara Ofer

[Ilustrasi] Tahanan Palestina di penjara Zionis Israel.
Bagikan:

Hidayatullah.com — Satu unit khusus ‘Israel’ pada Selasa (20/04/2021) pagi menyerbu sel-sel Palestina di penjara militer Ofer, tempat puluhan anggota Hamas ditahan. Unit tersebut dilaporkan melakukan latihan inspeksi di tengah meningkatnya ketegangan di penjara ‘Israel’, lansir Middle East Eye.

Kantor Media Tahanan Palestina mengecam penyerbuan penjara Ofer oleh ‘Israel‘ sebagai “aksi provokatif” dan dapat menyebabkan eskalasi dengan tahanan Palestina dan Hamas.

Saat ini ada 4.450 tahanan Palestina di penjara ‘Israel’, termasuk 900 di Ofer. Tahanan Palestina di Ofer telah mengambil bagian dalam beberapa aksi mogok makan dalam beberapa tahun terakhir, menuntut kondisi kehidupan yang lebih baik di dalam sel, kunjungan keluarga secara teratur, dan diakhirinya kebijakan menyerbu sel untuk melakukan inspeksi.

Beberapa tahanan Palestina telah melakukan mogok makan yang berlangsung lebih dari 100 hari sebagai protes terhadap penahanan administratif, sebuah praktik yang sangat kontroversial yang digunakan hampir secara eksklusif terhadap warga Palestina, yang memungkinkan penahanan tanpa dakwaan atau pengadilan untuk periode yang dapat diperbarui selama tiga hingga enam bulan.

Pada bulan Januari, Zionis ‘Israel’ terpaksa tunduk pada tekanan internasional untuk memberikan tahanan Palestina vaksin Covid-19 sebagai bagian dari program vaksinasi nasionalnya.

‘Israel’ telah menolak seruan untuk mengambil tindakan perlindungan di dalam sel-sel warga Palestina untuk meminimalkan risiko penyebaran virus corona sejak pandemi melanda negara itu pada Maret 2020.

Pada November, sekitar 73 tahanan Palestina dinyatakan positif Covid-19 di dalam penjara Israel di Gilboa. Layanan Penjara ‘Israel’ menutup sepenuhnya penjara, membatalkan semua kunjungan keluarga dan memindahkan mereka yang terinfeksi ke penjara lain.

Ini adalah kedua kalinya bulan ini unit khusus ‘Israel’ menyerbu sel tahanan Palestina di Ofer.

Secara terpisah pada hari Selasa, pasukan Zionis menangkap enam warga Palestina, lima di Yerusalem Timur yang diduduki, dan satu di kota Hebron, selatan Tepi Barat yang diduduki, kantor berita resmi Palestina Wafa melaporkan.

Para tahanan termasuk Nasr Hashem al-Natsheh, 28, yang ditangkap di rumahnya di Hebron, Yousef Hazineh, Nawras Abu Ghazal, Issa Mutib dan Yazan Hirbawi, yang ditangkap di lingkungan al-Saadiyeh di Kota Tua Yerusalem, dan Mohammad Haroon, yang ditangkap di lingkungan Alo-Tor, menurut Wafa.*

Rep: Fida A.
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

warga palestina rayakan gencatan senjata

Warga Palestina Rayakan Gencatan Senjata Gaza setelah 11 Hari Serangan Udara ‘Israel’ yang Mematikan

Anak-anak TK Bintang al-Quran Jalan-jalan ke Pantai Gaza!

Anak-anak TK Bintang al-Quran Jalan-jalan ke Pantai Gaza!

rudal hamas ke israel

[Video] Hamas Luncurkan Rudal ke ‘Israel’, Pemukim Yahudi Kalang Kabut

Al Qassam Rilis Video Aksi Snipernya untuk Pertama Kali

Al Qassam Rilis Video Aksi Snipernya untuk Pertama Kali

Al Qassam: 131 Tentara Penjajah Tewas, Dalam 2 Hari 20 Tewas

Al Qassam: 131 Tentara Penjajah Tewas, Dalam 2 Hari 20 Tewas

Baca Juga

Berita Lainnya