Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Palestina Terkini

Lebih dari Setengah Juta Postingan Media Sosial ‘Israel’ pada Tahun 2020 Berisi Ujaran Kebencian terhadap Palestina

Bagikan:

Hidayatullah.com–Sebuah laporan baru mencatat peningkatan ujaran kebencian dan ucapan rasis yang digunakan secara online oleh orang ‘Israel’ terhadap Palestina dan Arab, The New Arab melaporkan.

Sebuah laporan baru telah mendokumentasikan peningkatan 16 persen dalam ujaran kebencian berupa ujaran rasis anti-Palestina dan hasutan oleh orang ‘Israel’ di platform media sosial pada tahun 2020.

Indeks Rasisme dan Hasutan di Jaringan Sosial ‘Israel’ yang diproduksi oleh Pusat Arab untuk Kemajuan Media Sosial (7amleh) melaporkan bahwa pada tahun 2020 terdapat 574.000 percakapan online yang mencakup bahasa kekerasan yang ditujukan kepada orang-orang Palestina dan Arab.

Ini menandai peningkatan 79.000 unggahan yang berisi hasutan kekerasan yang ditujukan kepada orang-orang Palestina dan Arab dari tahun sebelumnya.

Angka yang dirilis oleh organisasi nirlaba tersebut menunjukkan bahwa 1 dari 10 postingan ‘Israel’ tentang Palestina dan Arab berisi hasutan kekerasan.

Mayoritas postingan, 64 persen, menggunakan beberapa bentuk ucapan rasis, sementara 29 persen menggunakan ujaran kebencian. Bahasa yang menghasut hadir di 7 persen unggahan.

Sejauh ini platform paling populer yang digunakan oleh orang ‘Israel’ untuk menyebarkan bahasa rasis atau menghasut adalah Twitter, di mana 61 persen postingannya muncul, diikuti oleh Facebook dengan 19 persen. Ini merupakan perubahan dari tahun sebelumnya ketika Facebook menjadi platform paling populer untuk menyebarkan kebencian.

Selama tahun ini, 7amleh mencatat dua lonjakan dalam ujaran kebencian online. Lonjakan pertama dan terbesar terjadi pada bulan Maret dan bertepatan dengan pemilihan ‘Israel’, dan terutama ditujukan pada perwakilan Arab.

Lonjakan kedua terjadi enam bulan kemudian ketika Israel dan UEA menandatangani perjanjian normalisasi.

Baca juga: Laporan Studi: Hampir Setengah dari Generasi Muda ‘Israel’ Membenci Palestina dan Mendukung Pengusiran

Dalam sebuah video yang diproduksi untuk menyertai laporan tersebut, 7amleh menyoroti beberapa contoh jenis perkataan yang mendorong kebencian yang diposting oleh orang ‘Israel’.

“Tidak setiap orang Arab adalah teroris, tetapi setiap teroris adalah orang Arab. Semua anggota Knesset Arab mendukung terorisme,” tulis seorang pengguna media sosial.

“Sungguh memalukan bahwa mereka tidak mengusir semua orang Palestina ke Yordania dan Suriah dalam Perang Enam Hari, dan kami akan terhindar dari sakit kepala ini setelah 53 tahun,” tulis yang lain.

Sebuah jajak pendapat baru-baru ini oleh Pusat aChord Universitas Ibrani menunjukkan bahwa 49 persen dari semua orang ‘Israel’ yang religius dan 23 persen orang ‘Israel’ sekuler menunjukkan dukungan untuk mencabut kewarganegaraan orang ‘Israel’ Palestina.

Pusat Arab untuk Kemajuan Media Sosial adalah kelompok advokasi yang berupaya untuk “menciptakan ruang digital yang aman, adil, dan gratis bagi warga Palestina” menurut situs webnya.*

Rep: Fida A.
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Analisis Intelijen Amerika Sebut Masa Depan di Palestina Milik Hamas

Analisis Intelijen Amerika Sebut Masa Depan di Palestina Milik Hamas

Palestina Cari Upaya Hidupkan Perundingan Perdamaian

Palestina Cari Upaya Hidupkan Perundingan Perdamaian

Sahabat Al-Aqsha Safari Nonton Bareng “Tears of Gaza”

Sahabat Al-Aqsha Safari Nonton Bareng “Tears of Gaza”

Kesaksian Serdadu Golani: Kami Memerangi Pasukan yang Tidak Terlihat

Kesaksian Serdadu Golani: Kami Memerangi Pasukan yang Tidak Terlihat

Sejak Tahun Lalu Zionis ‘Israel’ Lakukan 637 Kekerasan terhadap Jurnalis

Sejak Tahun Lalu Zionis ‘Israel’ Lakukan 637 Kekerasan terhadap Jurnalis

Baca Juga

Berita Lainnya