Sabtu, 13 Februari 2021 / 30 Jumadil Akhir 1442 H

Palestina Terkini

Kakek Palestina Pemberi Makan Kucing-Kucing di Masjid al-Aqsha Wafat karena Covid-19

Haji Ghassan Younes
Bagikan:

Hidayatullah.com–Suasana sedih dirasakan oleh banyak orang di kompleks Masjid Al-Aqsha di Baitul Maqdis (Yerusalem) yang diduduki dan di media sosial. Hal itu menyusul pengunguman mengenai Hajj Ghassan Younes, seorang pria tua Palestina yang dikenal suka memberi makan kucing di daerah itu, telah wafat karena Covid-19 pada Selasa (18/01/2021), lapor Middle East Eye (MEE).

Banyak yang menggunakan media sosial untuk menyampaikan belasungkawa dan kenangan indah serta foto Younes.  Menurut laporan media lokal, Younes akan melakukan perjalanan dari kampung halamannya di Ara ke kompleks Al-Aqsha setiap pagi, membawa tas berisi makanan untuk kucing, benih untuk burung, dan permen untuk anak-anak.

Jika dia tidak dapat melakukan perjalanan tersebut, dia akan memberi tahu teman-temannya untuk pergi ke sana dan memberi makan hewan.  “Allah SWT telah menghormatiku dengan peran ini… kucing-kucing di sana mengenalku dengan baik, dan aku sangat terikat dengan mereka,” katanya dalam sebuah wawancara.

Baca: Perempuan Berompi Kuning ‘Penjaga Masjid al Aqsha’

Younes juga dijuluki sebagai Abu Hurairah oleh penduduk setempat. Julukan ini diambil dari sahabat Nabi Muhammad 﫽 yang menekankan pentingnya merawat kucing dan hewan lainnya.

Secara online, pesan-pesan yang mengingat Younes telah mengalir masuk. Pesan banyak yang menggunakan tagar  Abu Hurairah dalam bahasa Arab untuk berbagi kenangan indah tentang dia.

“Dia biasa melakukan perjalanan setiap hari dari desanya Ara ke wilayah pendudukan Yerusalem untuk memberi makan burung dan kucing. Dia lebih seperti orang Yerusalem daripada orang Yerusalem sendiri… Pada hari kebangkitan, burung dan kucing al-Aqsha, bahkan orang-orang, akan berbicara tentang apa yang Anda lakukan,” demikian ciutan akun @mervequds.

Sementara, @adham922 mentwit: “Hari yang menyedihkan di Al-Quds. Hajj Ghassan Younes, atau ‘Abu Ayman’, meninggal hari ini akibat tertular virus corona. Kita akan mengingat hatinya yang penuh belas kasihan dan sikap baiknya. Burung dan kucing akan mengingatnya, dan pemuja akan mengingat senyumnya yang indah.”

Baca: Sang Penjaga Terakhir Masjid Al-Aqsha

Dalam video yang dibagikan secara online, Younes terlihat mengajari anak-anak cara menghitung dan memberi mereka hadiah permen. Younes telah pergi ke kompleks al-Aqsha untuk memberi makan hewan selama sekitar 30 tahun, terinspirasi oleh ajaran nabi. Dalam salah satu wawancaranya, dia mengatakan bahwa ada sekitar 40 kucing di kompleks dan tak terhitung burung yang dia pelihara.

Dia selalu menjelaskan bahwa dia membawa makanan khusus untuk melayani berbagai jenis burung di sekitar daerah tersebut.  Hingga Selasa, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mencatat total 171.739 kasus Covid-19 di wilayah pendudukan, termasuk 1.889 kematian.

Penjajah ‘Israel’ telah dikritik oleh organisasi hak asasi manusia karena mengabaikan tanggung jawabnya sebagai kekuatan pendudukan – sebagaimana didefinisikan dalam hukum internasional – dengan gagal memberikan vaksin kepada lima juta orang Palestina yang tinggal di wilayah pendudukan dan tahanan.

Setelah mendapat tekanan dari kelompok hak asasi, pemerintah ‘Israel’ setuju minggu lalu untuk mulai memvaksinasi tahanan Palestina.*

Rep: Fida A
Editor: Insan Kamil

Bagikan:

Berita Terkait

Serang Jamaah Jumat, Zionis juga Rombak Masjid Nabi Samuel

Serang Jamaah Jumat, Zionis juga Rombak Masjid Nabi Samuel

Masjidil Aqsa Kritis, Sahabat Al-Aqsa Serukan ‘Jihad Harta’

Masjidil Aqsa Kritis, Sahabat Al-Aqsa Serukan ‘Jihad Harta’

Sumur Peninggalan Romawi Pun Dihancurkan Israel

Sumur Peninggalan Romawi Pun Dihancurkan Israel

Ratusan Pemukim Yahudi Serang Mobil Palestina

Ratusan Pemukim Yahudi Serang Mobil Palestina

Pimpinan Hamas Desak Pembentukan Pemerintah Persatuan akhiri Konflik

Pimpinan Hamas Desak Pembentukan Pemerintah Persatuan akhiri Konflik

Baca Juga

Berita Lainnya