Jum'at, 12 Februari 2021 / 29 Jumadil Akhir 1442 H

Palestina Terkini

Human Rights Watch: Hukum Internasional Mengharuskan ‘Israel’ Lakukan Vaksinasi Warga Palestina

Bagikan:

Hidayatullah.com–Human Rights Watch mengeluarkan pernyataan pada hari Ahad (17/01/2021), menambahkan kritik yang berkembang terhadap ‘Israel’.  Zionis sebelumnya menahan vaksin virus corona dari penduduk Palestina di Tepi Barat yang diduduki dan Jalur Gaza yang terkepung, lapor The New Arab.

Dalam sebuah pernyataan, pemantau hak asasi manusia global mengatakan bahwa sebagai kekuatan pendudukan, ‘Israel’ memiliki tugas berdasarkan Konvensi Jenewa Keempat untuk menjamin penyediaan pasokan medis. Hal ini termasuk vaksin “dengan cara yang tidak diskriminatif”.

HRW mencatat bahwa ‘Israel’ telah memvaksinasi lebih dari 20 persen warganya, yang merupakan pendatang haram.  Vaksin juga dilakukan pada penduduk permukiman ilegal di Tepi Barat yang diduduki, dan bahwa ‘Israel’ harus memberikan vaksinasi kepada warga Palestina dengan cara yang sama.

Dikatakan bahwa kewajiban penjajah untuk memvaksinasi warga Palestina “meningkat setelah lebih dari 50 tahun pendudukan tanpa akhir yang terlihat”. HRW menolak argumen yang dibuat oleh menteri kesehatan ‘Israel’ bahwa memvaksinasi warga Palestina adalah tanggung jawab Otoritas Palestina.

“Kewajiban otoritas Palestina sendiri untuk melindungi hak atas kesehatan warga Palestina di wilayah di mana mereka mengelola urusan tidak membebaskan Israel dari tanggung jawabnya,” kata pernyataan itu.

Menteri Kesehatan ‘Israel’ Yuli Edelstein sebelumnya mengatakan kepada Sky News bahwa warga Palestina “harus belajar bagaimana menjaga diri mereka sendiri” dan bahwa pemerintahnya tidak dapat mengambil vaksin dari warga ‘Israel’ untuk diberikan kepada warga Palestina.

“Tidak ada yang dapat membenarkan kenyataan hari ini di beberapa bagian Tepi Barat, di mana orang-orang di satu sisi jalan menerima vaksin, sementara di sisi lain tidak, berdasarkan apakah mereka apakah orang Yahudi atau Palestina,” kata Direktur HRW Timur Tengah, Omar Shakir.  “Setiap orang di wilayah yang sama harus memiliki akses yang adil terhadap vaksin tersebut, terlepas dari etnis mereka,” tambahnya.

‘Israel’ sejauh ini telah memvaksinasi sekitar dua juta warganya. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berjanji bahwa semua warga pendatang haram yang berusia di atas 16 tahun akan menerima vaksinasi pada akhir Maret.

Mereka yang memenuhi syarat untuk vaksinasi termasuk warga Palestina di ‘Israel’, warga Palestina di Yerusalem Timur, dan pemukim Yahudi di Tepi Barat, tetapi bukan empat setengah juta warga Palestina di Tepi Barat atau Gaza.

HRW mengatakan Konvensi Jenewa Keempat mewajibkan ‘Israel’ untuk “memastikan pasokan medis dari penduduk” di wilayah yang diduduki, termasuk “adopsi dan penerapan tindakan profilaksis dan pencegahan yang diperlukan untuk memerangi penyebaran penyakit dan epidemi menular” untuk “sepenuhnya sarana yang tersedia untuk itu”.

Ia menambahkan bahwa di bawah hukum humaniter internasional, ‘Israel’ masih menjadi kekuatan pendudukan di Tepi Barat, Yerusalem dan Gaza, karena mengontrol perbatasan, pergerakan orang dan barang, perpajakan, keamanan, dan pendaftaran penduduk di wilayah ini, di antara aspek-aspek lain dari kehidupan.

Keberadaan otoritas Palestina dengan kekuasaan terbatas tidak mengurangi kewajiban ‘Israel’, kata Human Rights Watch.  Sementara, Layanan Penjara ‘Israel’ telah mengatakan akan mulai memvaksinasi semua orang yang dipenjara terhadap Covid-19, termasuk warga Palestina, menyusul seruan dari kelompok hak asasi manusia, pejabat Palestina dan jaksa agung Israel.

Otoritas Palestina (OP) yang berbasis di Ramallah telah melaporkan lebih dari 100.000 kasus dan 1.000 kematian akibat virus korona di Tepi Barat sejak pandemi dimulai. Smentara otoritas yang dipimpin Hamas di Jalur Gaza telah melaporkan 45.000 kasus dan lebih dari 400 kematian.*

Rep: Fida A
Editor: Insan Kamil

Bagikan:

Berita Terkait

Tentara Zionis ‘Israel’ Berfoto Narsis Sambil Menyiksa Anak Palestina

Tentara Zionis ‘Israel’ Berfoto Narsis Sambil Menyiksa Anak Palestina

Teks Persetujuan Gencatan Senjata Hamas – Zionis ‘Israel’

Teks Persetujuan Gencatan Senjata Hamas – Zionis ‘Israel’

Zionis Serang Rumah Warga Gaza, Selama Agustus 36 Anak Ditawan

Zionis Serang Rumah Warga Gaza, Selama Agustus 36 Anak Ditawan

Zionis Bangun Taman Bermain di Atas Jasad Mujahidin

Zionis Bangun Taman Bermain di Atas Jasad Mujahidin

730 Hari Zionis Tak Sanggup Temukan Serdadunya di Gaza

730 Hari Zionis Tak Sanggup Temukan Serdadunya di Gaza

Baca Juga

Berita Lainnya