Selasa, 2 Maret 2021 / 18 Rajab 1442 H

Palestina Terkini

Hamas: Pernyataan Duta Besar AS tentang Pencaplokan Mengungkap Kebohongan Para Normalis Arab

Warga membanjiri jalan Jabalia dekat kota Gaza, banyak dari mereka membawa anak-anaknya ikut turun jalan. (PalestineNow)
Bagikan:

Hidayatullah.com–Hamas mengatakan pada Rabu (30/09/2020) pernyataan Duta Besar AS untuk ‘Israel’ David Friedman mengungkap kebohongan negara-negara Arab yang telah menormalisasi hubungan dengan negara pendudukan, Middle East Monitor melaporkan.

Friedman menegaskan kembali pada hari yang sama bahwa rencana Tel Aviv untuk mencaplok sebagian besar Tepi Barat yang diduduki hanya “ditangguhkan, tidak dibatalkan”.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Hamas, Abdel Latif Al-Qanoa, mengatakan: “Beberapa rezim Arab memanipulasi opini publik Arab untuk menormalkan hubungan dengan pendudukan ‘Israel’.”

“Konfirmasi Duta Besar AS untuk ‘Israel’ David Freidman bahwa rencana aneksasi Israel telah ditunda mengungkap kebohongan yang diceritakan oleh beberapa rezim Arab yang berusaha untuk normalisasi hubungan dengan pendudukan ‘Israel’.”

“Pernyataan ini mengungkap pembenaran palsu dari negara-negara Arab yang menandatangani perjanjian normalisasi dengan pendudukan ‘Israel’,” lanjutnya.

Berbicara kepada media ‘Israel’, Friedman mengatakan rencana pemerintah Zionis untuk mencaplok sekitar 30 persen dari Tepi Barat yang diduduki dan Lembah Jordan telah ditangguhkan setidaknya selama satu tahun – mungkin lebih lama – tetapi menekankan bahwa rencana itu belum dibatalkan.

“Kata-kata yang kami pilih adalah menangguhkan deklarasi kedaulatan,” kata Friedman.

“Artinya sementara. Mungkin perlu satu atau dua tahun atau lebih sebelum kita kembali ke masalah itu.”

“Kami sudah menjelaskan bahwa masalah tersebut telah ditunda – itu tidak berarti dibatalkan,” katanya. “Itu hanya berarti untuk saat ini, itu sedang dalam jeda. Untuk tahun ini, ini tidak akan bergerak maju, tetapi nanti, kita akan lihat – ini tidak akan terjadi.”

Pernyataan Hamas muncul setelah UEA menandatangani kesepakatan normalisasi dengan ‘Israel’ awal bulan ini, mengatakan pihaknya telah membuat kesepakatan dalam upaya untuk mencegah rencana aneksasi Tel Aviv atas Tepi Barat yang diduduki.*

Rep: Fida' A.
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Facebook Tutup Sejumlah Akun terkait Hamas

Facebook Tutup Sejumlah Akun terkait Hamas

Pencabutan Hamas dari Daftar “Teroris” Di Eropa Dinilai Sebuah Kemenangan

Pencabutan Hamas dari Daftar “Teroris” Di Eropa Dinilai Sebuah Kemenangan

Zionis Tangkap 2 Tokoh Afiliasi Hamas

Zionis Tangkap 2 Tokoh Afiliasi Hamas

AS Bantu Mesir Hancurkan Terowongan Gaza

AS Bantu Mesir Hancurkan Terowongan Gaza

Hamas: Penangkapan Takkan Hentikan Intifada!

Hamas: Penangkapan Takkan Hentikan Intifada!

Baca Juga

Berita Lainnya