Dompet Dakwah Media

Inilah Kekayaan Minyak dan Gas Palestina di Bawah Kekuasaan Zionis-’Israel’

Sejak 1970, ‘‘Israel’’ telah menjarah sumber daya minyak dan gas secara ilegal di wilayah Palestina di bawah penjajahannya, dan mengintensifkan praktik semacam itu setelah penandatanganan Perjanjian Oslo

Inilah Kekayaan Minyak dan Gas Palestina di Bawah Kekuasaan Zionis-’Israel’

Terkait

Hidayatullah.com — Ahli geologi dan ekonom yang berbeda menegaskan bahwa Palestina terletak di atas cadangan besar kekayaan minyak dan gas, meskipun hal ini bertabrakan dengan fakta bahwa Palestina menghadapi “batu sandungan besar” yang mencegah mereka untuk mengeksploitasi kekayaan tersebut, yaitu penjajahan ‘‘Israel’’. Zionis telah mengendalikan semua sumber daya alam dan perkembangannya sejak tahun 1967.

Menurut studi ilmiah tentang sumber daya minyak dan gas yang belum ditemukan di Palestina, lapisan sedimen diyakini berada di kedalaman antara 1000 hingga 6000 meter dan pada suhu antara 60 hingga 150 derajat Celcius. Menurut analisa ilmiah, di sinilah minyak dapat ditemukan dalam jumlah besar, sedangkan gas bisa lebih dalam di bawah itu.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1930 mengatakan bahwa zona maritim Palestina secara geologis dianggap sebagai salah satu wilayah yang paling menjanjikan terkait dengan penemuan-penemuan minyak dan gas.

Cadangan Minyak dan Gas di Palestina

US Geological Survey (USGS), salah satu lembaga ilmiah paling andal di dunia, terkenal karena memberikan penilaian tentang lokasi dan jumlah bahan bakar fosil di seluruh dunia. Lembaga ini merilis sebuah studi pada Maret 2010 tentang sumber daya minyak dan gas yang belum ditemukan di Lapangan Levantine Basin (cekungan gas laut timur yang mencakup sekitar 83.000 kilometer persegi kawasan Mediterania timur), khususnya di Mediterania timur.

Cekungan Gas Mediterania Timur

Lapangan Levantine Basin mencakup sekitar 83.000 kilometer persegi wilayah Mediterania timur. Daerah ini dibatasi di timur oleh Zona Transformasi Levantine, di utara oleh Sesar Tartus, di barat laut oleh Gunung Laut Eratosthenes, di barat dan barat daya oleh perbatasan Delta Cone Nil, dan di selatan dengan batas struktur kompresi di Sinai.

USGS memperkirakan 1,7 miliar barel minyak yang dapat dipulihkan dan rata-rata 122 triliun kaki kubik gas yang dapat dipulihkan di Lapangan Levantine Basin. Artinya cekungan ini merupakan salah satu sumber gas terpenting di dunia.

Ladang Gas yang Dikuasai ‘Israel’

Ladang Gas Noa:

Letaknya di lepas pantai Gaza pada kedalaman 779 meter di bawah permukaan laut. Produksi dari ladang itu dimulai pada Juni 2012.

Ladang Gas Mari:

Itu juga terletak di lepas pantai Gaza di tenggara lapangan Noa. Produksi dimulai pada Maret 2004, dengan produktivitas total sekitar 1,1 triliun kaki kubik gas alam.

Ladang Gas Tamar:

Terletak kira-kira 90 kilometer di sebelah barat kota Haifa, pada kedalaman keseluruhan sekitar 1.700 meter di bawah permukaan laut. Pada Maret 2013, gas alam mulai mengalir dari reservoir Tamar, dengan total produksi diperkirakan mencapai 8,4 triliun kaki kubik. Ada pembicaraan ‘‘Israel’’ dengan Siprus dan Korea Selatan untuk mengekspor gas ke mereka dari ladang ini.

Ladang Gas Leviathan:

Jaraknya 130 kilometer dari barat pantai Haifa dan dianggap sebagai penemuan gas bawah laut terbesar di Levantine Basin. Diperkirakan menyimpan 18 triliun kaki kubik cadangan gas alam. Itu ditemukan pada Desember 2010 dan diyakini produksi gasnya dimulai pada 2019.

Ladang Gas Dalit:

Itu adalah 40 kilometer selatan Tamar dan 60 kilometer lepas pantai Hadera ‘‘Israel’’. Total cadangan gasnya sekitar 0,53 triliun kaki kubik. Itu ditemukan pada tahun 2009.

Ladang Minyak Gas Sara dan Myra

Itu adalah pengeboran lepas pantai yang terletak 40 kilometer di lepas pantai Netanya (‘Israel’). Mereka terletak di selatan dan barat daya ladang gas Dalit dan tenggara ladang gas Leviathan. Survei geologi awal yang dilakukan pada tahun 2010 memperkirakan ada lebih dari 6 hingga 7 triliun kaki kubik gas alam di lapangan.

Pengeboran eksplorasi di daerah tersebut pada tahun 2012 tidak berhasil, tetapi studi seismik menunjukkan kemungkinan minyak dan gas di lapisan yang lebih dalam yang tidak dieksplorasi.

Ladang Gas Tanin:

Ini adalah reservoir gas alam yang terletak 120 kilometer dari pantai ‘‘Israel’’. Itu ditemukan pada tahun 2012, dan perkiraan awal menyebutkan potensi gas alam di Tanin sekitar 1,1 triliun kaki kubik.

Ladang Gas Dolphin:

Jaraknya sekitar 110 kilometer dari pantai Kota Haifa, dengan total cadangan gas diperkirakan sekitar 550 miliar kaki kubik. Itu ditemukan pada November 2011.

Ladang Gas bawah laut Gaza:

Terletak 36 kilometer dari pantai Jalur Gaza, dan ditemukan pada tahun 2000 di perairan yang secara legal di bawah kendali Otoritas Palestina. Ini berisi sekitar 1,4 triliun kaki kubik gas alam, yang memenuhi kebutuhan wilayah Palestina dan juga dapat diekspor. Ladang tersebut masih belum dieksploitasi karena upaya ‘Israel’ untuk mengambil alihnya.

Ladang Minyak Meged:

Ini pertama kali ditemukan pada 1980-an dan mulai berproduksi pada 2010. Ia menghasilkan minyak serta beberapa gas alam. Itu terletak di dalam Tepi Barat yang diduduki, tetapi ‘‘Israel’’ terus-menerus mengklaim bahwa itu berada di sebelah barat garis gencatan senjata tahun 1948.

Cadangan minyak Meged sekitar 1,5 miliar barel minyak dan 182 kaki kubik gas. Sebagian besar reservoir terletak di bawah wilayah Palestina yang diduduki tahun 1967.

Mencuri Minyak dan Gas Palestina

Sejak 1970, ‘‘Israel’’ telah menjarah sumber daya minyak dan gas secara ilegal di wilayah Palestina di bawah penjajahannya, dan mengintensifkan praktik semacam itu setelah penandatanganan Perjanjian Oslo. Ini telah memungkinkan Zionis untuk mengontrol dan menggunakan sumber daya alam Palestina untuk kepentingan warga dan perusahaan ‘‘Israel’’, dan bukan penduduk lokal.* sumber palinfo.com

Rep: Nashirul Haq

Editor: Insan Kamil

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !