Penjajah ‘Israel’ Menghancurkan Klinik Darurat COVID-19 Palestina

Di Palestina, penjajah Israel menghancurkan upaya-upaya preventif rakyat Palestina untuk menangani wabah corona

Penjajah ‘Israel’ Menghancurkan Klinik Darurat COVID-19 Palestina
Foto: B’tselem

Terkait

Hidayatullah.com-Di saat dunia dilanda katakutan karena krisis pandemi virus corona (COVID-19) yang parah. Di Palestina, penjajah ‘Israel’ malah menghancurkan upaya-upaya preventif rakyat Palestina untuk menangani wabah ini.

Pada hari Kamis (26/2/20), Penjajah ‘Israel’ memasuki desa Palestina di Tepi Barat untuk merampas alat-alat yang ditujukan untuk membangun sebuah klinik untuk menangani wabah COVID-19. Demikian laporan lembaga HAM ‘Israel’, Btselem.

Penjajah ‘Israel’ masuk ke desa Khirbet Ibziq dengan membawa buldoser dan dua truk yang dilengkapi dengan crane.  Mereka menghancurkan klinik dan perumahan darurat.

Alat-alat bangunan yang disita Israel/Foto: B’tselem

Penduduk Palestina berinisiatif membangun sistem pertolongan pertama dengan membangun banyak klinik darurat untuk menangani krisis Covid-19 yang telah melumpuhkan sebagian besar Tepi Barat. Ada 91 kasus yang dikonfirmasi sejauh ini di terotial Palestina, dengan satu kematian dilaporkan pada hari Rabu (25/3/2020).

Penghancuran seperti itu bertentangan dengan prinsip-prinsip dasar kemanusiaan di masa krisis.

“Ketika seluruh dunia berjuang melawan krisis kesehatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan melumpuhkan, militer ‘Israel’ mencurahkan waktu dan sumber daya untuk menghancurkan komunitas Palestina yang paling rentan di Tepi Barat. Penjajah telah berusaha untuk mengusir mereka dari daerah itu selama beberapa dekade,” kutip Btselem dalam rilis di laman resminya.

Btelem menambahkan, mematikan sistem upaya pertolongan pertama selama krisis COVID-19 adalah contoh yang sangat kejam dari perlakuan kejam rutin yang dilakukan kepada penduduk Palestina. Hal itu bertentangan dengan prinsip-prinsip dasar kemanusiaan apalagi selama keadaan darurat.

Selain penghancuran terbaru dari klinik yang sedang dibangun, Penjajah Isarel juga melanjutkan pembongkaran rutin rumah-rumah warga Palestina. Hari Kamis (26/3/2020), Penjajah menghancurkan tiga rumah musiman para petani yang merupakan penduduk di desa ‘Ein a-Duyuk a-Tahta, sebelah barat Jericho.*

Rep: Rofi Munawwar

Editor: Insan Kamil

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !