Ibu Palestina dan Putranya Bersatu kembali Setelah 20 tahun akibat Blokade

"Itu sangat sulit, mengetahui Anda bisa mati tanpa mewujudkan impian Anda, tanpa melihat keluarga Anda, ibumu"

Ibu Palestina dan Putranya Bersatu kembali Setelah 20 tahun akibat Blokade

Terkait

Hidayatullah.com-Wartawan Palestina Amjad Yaghi baru berusia sembilan tahun ketika ibunya meninggalkan Jalur Gaza dalam perjalanan singkat ke Mesir untuk perawatan medis.

Hingga reuni yang penuh sukacita minggu ini, keduanya belum sempat bertemu lagi selama 20 tahun.

Setelah meninggalkan Gaza pada tahun 1999, ibu Yaghi, Nevine Zouheir, tidak dapat kembali ke Gaza karena nyeri tulang belakang yang memerlukan operasi.

Meskipun ada 14 upaya untuk pergi menemuinya, Yaghi tidak dapat keluar dari Gaza setelah blokade Israel-Mesir diberlakukan di Gaza menyusul kemenangan Hamas dalam pemilihan umum bebas Palestina pada 2007.

Blokade termasuk pembatasan perjalanan.

Meskipun dia diundang untuk menghadiri beberapa konferensi di luar negeri, dia menerima izin perjalanan hanya setelah mereka berakhir, meninggalkannya tanpa alasan yang sah untuk melintasi perbatasan.

Yaghi akhirnya diberikan visa untuk memasuki Mesir melalui Yordania, dan berjalan ke apartemen ibunya di kota Delta Nil, Banha, Senin.

Ketika dia melihatnya dari balkonnya, Zouheir meneriakkan nama putranya. Dia pergi ke bawah tangga untuk memeluknya dan mereka berpegangan tangan saat mereka berjalan ke apartemen.

“Itu sangat sulit, mengetahui Anda bisa mati tanpa mewujudkan impian Anda, tanpa melihat keluarga Anda, ibumu,” kata Yaghi, yang terluka pada tahun 2009 selama serangan Israel di Gaza yang menewaskan 1.400 warga Palestina tewas.

“Dalam semua situasi ini, kamu membutuhkan seorang ibu. Ya, oke, umur saya 29 tahun. Tetapi saya membutuhkan seorang ibu di samping saya, ”katanya.

Dia menyimpulkan: “Saya memiliki saudara yang semuanya hebat, tetapi seorang ibu penting di negara yang hidup di bawah pendudukan,” dikutip AP.*

Rep: Ahmad

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !