Palestina Menyerukan Aksi Internasional untuk Boikot Puma

Lebih dari 200 klub sepak bola dan olahraga Palestina mengeluarkan seruan untuk memboikot Puma karena mensponsori Asosiasi Sepak Bola Israel

Palestina Menyerukan Aksi Internasional untuk Boikot Puma

Terkait

Hidayatullah.com–Lebih dari 200 klub sepakbola Palestina dan organisasi olahraga hari Sabtu menyerukan aksi memboikot Puma sampai ia menarik sponsornya dari Asosiasi Sepak Bola ‘Israel’ (IFA), badan yang mengurusi sepakbola ‘Israel’ mencakup enam tim yang berbasis di pemukiman khusus Yahudi di Tepi Barat yang diduduki, yang ilegal menurut hukum internasional.

“Ketika perusahaan-perusahaan seperti Puma mensponsori dan mendapat keuntungan dari permukiman ilegal, mereka memberikan anggukan kepada rezim sayap kanan ‘Israel’ bahwa tanah penjarahannya dan serangan terhadap olahraga Palestina dapat terus berlanjut,” sebuah pernyataan oleh Kampanye Palestina untuk Boikot Akademik dan Budaya ‘Israel’ (PACBI) dikutip Al Jazeera.

Media berbasis di Qatar ini telah menghubungi Puma untuk memberikan komentar tetapi tidak menerima tanggapan sebelum dipublikasikan.

Bulan ini menandai 52 tahun sejak ‘Israel’ menduduki Tepi Barat, Jalur Gaza dan Jerusalem (Baitul Maqdis) Timur.

Dengan menggunakan slogan “Berikan Puma the Boot”, kampanye ini mendorong banyak kelompok untuk mengambil tindakan di toko-toko Puma, kantor Puma, dan kantor tim yang disponsori Puma.

September lalu, klub olahraga Palestina menulis surat kepada CEO Puma, Bjorn Gulden, untuk mengakhiri kesepakatan sponsor dengan IFA.

“Permukiman ‘Israel’ berkontribusi pada pelanggaran hak asasi manusia yang serius dan merupakan penyebab langsung bagi pembatasan kebebasan bergerak Palestina, akses ke sumber daya alam dan kemampuan untuk membangun rumah dan melakukan bisnis,” kata surat itu.

“Sebagai sponsor internasional utama IFA, Puma meminjamkan mereknya untuk menutupi dan menghapus pelanggaran hak asasi manusia ‘Israel’, termasuk terhadap para pemain bola Palestina.”

Surat itu selanjutnya mengatakan bahwa para pemain Palestina, selain ditolak kebebasan bergerak untuk menghadiri pertandingan mereka sendiri karena pendudukan ‘Israel’, juga menjadi sasaran diserang, dipenjara, atau dibunuh secara rutin.*

Rep: Ahmad

Editor:

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !