Krisis Bahan Bakar Mengancam Kehidupan Ratusan Pasien di Gaza

Jalur Gaza memiliki 13 rumah sakit pemerintah dan 53 pusat kesehatan yang membutuhkan 300.000 liter bahan bakar setiap bulan untuk mengoperasikan generator

Krisis Bahan Bakar Mengancam Kehidupan Ratusan Pasien di Gaza
Palestine Daily Life

Terkait

Hidayatullah.com–Setidaknya ada 800 pasien gagal ginjal yang perlu cuci darah tiga kali seminggu dan tergantung pada listrik untuk ini. Tidak ada bahan bakar untuk generator yang membahayakan nyawa mereka, tulis semua media Gaza.

Pejabat kementerian kesehatan di Jalur Gaza telah memperingatkan bahwa kekurangan bahan bakar yang serius untuk rumah sakit dan pusat kesehatan mengancam kehidupan ratusan pasien di daerah kantong yang diblokade penjajah Israel.

Juru bicara kementerian Ashraf al-Qidra mengatakan bahwa jumlah bahan bakar dalam stok hanya akan cukup untuk menjaga daya di rumah sakit selama antara dua dan lima hari.

Itu akan habis pada bulan November, tambahnya, jika kementerian tidak mengambil langkah darurat berbahaya untuk menghemat bahan bakar.

Baca:  Penjajah Israel akan Tambah Pasokan Listrik untuk Jalur Gaza 

Hibah dari PBB untuk menyediakan rumah sakit di Jalur Gaza dengan bahan bakar yang dibutuhkan untuk menyalakan generator yang menyala ketika listrik terputus 8-16 jam terjadi setiap hari telah habis.

Dikutip Anadolu, Al-Qidra mengatakan bahwa jika bahan bakar habis, rumah sakit Gaza akan menghadapi “bencana yang nyata, mungkin mematikan”.

Setidaknya ada 800 pasien gagal ginjal yang perlu cuci darah tiga kali seminggu dan tergantung pada listrik untuk ini. Tidak ada bahan bakar untuk generator yang membahayakan nyawa mereka.

Selain itu, ada sekitar 120 bayi prematur di inkubator serta hampir 100 pasien di unit perawatan intensif, yang semuanya tergantung pada pasokan listrik yang konstan.

Baca: 500 Operasi di Rumah Sakit Gaza Tertunda 

Al-Qidra menjelaskan bahwa kekurangan bahan bakar juga akan memengaruhi layanan medis rutin sehari-hari, termasuk ribuan tes laboratorium, operasi untuk ratusan pasien, dan rata-rata 150 kelahiran caesar.

Jalur Gaza memiliki 13 rumah sakit pemerintah dan 53 pusat kesehatan yang membutuhkan 300.000 liter bahan bakar setiap bulan untuk mengoperasikan generator mereka.

Al-Qidra menunjukkan bahwa kementerian kesehatan di Gaza telah berkomunikasi dengan organisasi lokal, regional dan internasional, termasuk Otoritas Palestina (Otoritas Palestina) di Ramallah, tetapi belum menerima tanggapan atau jaminan dari siapa pun mengenai krisis tersebut.

Baik PA maupun Departemen Kesehatan di Ramallah tidak menanggapi permintaan komentar atas pernyataan Al-Qudra.*

Rep: Ahmad

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !