Petani Gaza Panen Kurma, Tapi Kesulitan Menemukan Pembeli

Tingkat pengangguran yang tinggi dan tingkat kemiskinan yang meningkat membuat penduduk setempat di Jalur Gaza tidak dapat membeli buah

Petani Gaza Panen Kurma, Tapi Kesulitan Menemukan Pembeli

Terkait

Hidayatullah.com—Para petani di Jalur Gaza yang dikepung telah memanen  memanen 12.000 ton kurma dari kebun mereka namun mereka tengah berjuang untuk menemukan pembeli produk mereka.

Tingkat pengangguran yang tinggi dan tingkat kemiskinan yang meningkat membuat penduduk setempat di Jalur Gaza tidak dapat membeli buah, sementara pengepungan penjajah ‘Israel’ telah membatasi kemampuan petani untuk mengekspor hasil panen mereka ke luar.

Seorang petani bernama Mohammed Barka (28), mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa hasil panennya berlimpah dan bagus tahun ini, tetapi memburuknya kondisi ekonomi di Gaza telah menyebabkan pembeli lebih sedikit.

“Meskipun harga produk rendah, permintaannya masih rendah,” jelasnya.

Baca: Gaza Alami Krisis Ekonomi, Tapi Panen Kurma Berlimpah

Baraka, yang telah bekerja di profesi ini selama sepuluh tahun, meminta Kementerian Pertanian untuk bekerja mengekspor produk dari Gaza.

Dalam laporan yang diterbitkan kemarin, Bank Dunia memperingatkan bahwa daerah kantong itu “runtuh” ​​karena blokade 11-tahun yang dipimpin ‘Israel’ dan menggambarkan ekonomi berada dalam “terjun bebas”, dengan aliran bantuan tidak lagi cukup untuk merangsang pertumbuhan.

“Hasilnya adalah situasi yang mengkhawatirkan dengan setiap orang kedua yang hidup dalam kemiskinan dan tingkat pengangguran untuk populasi yang sangat muda di lebih dari 70 persen,” tambahnya.

“Produksi kurma adalah tahun ini menjadi 12.000 ton,” kata Tahsin Al-Sakka, direktur jenderal pemasaran dan koordinasi di Kementerian Pertanian Palestina di Gaza.

Baca: Hati-hati Kurma Keluaran Israel! 

“Jumlah ini cukup untuk kebutuhan dan ekspor di Jalur, tapi pembelian yang buruk [kekuatan penduduk lokal] membuat mereka tertumpuk di pasar.”

Seminggu yang lalu, para petani mengekspor 12 ton kurma ke Tepi Barat, kata Al-Sakka.

“Kami berharap bahwa kami akan dapat mengekspor sejumlah besar tanggal di luar Jalur Gaza.”

Jumlah total tanggal yang diekspor tahun lalu mencapai 400 ton, tambahnya.*

Rep: Ahmad

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !