Pertama Kali, Universitas Turki Tawarkan Program Studi Baitul Maqdis

"Ini merupakan keuntungan besar bagi siswa kami untuk dapat mengakses Arsip Utsmaniyah (Ottoman)," kata Prof Dr Abdul Fattah

Pertama Kali, Universitas Turki Tawarkan Program Studi Baitul Maqdis
Baitul Maqdis

Terkait

Hidayatullah.com–Untuk pertama kalinya – sebuah program master khusus mempelajari Yerusalem (Baitul Maqdis)—diajarkan di tahun akademik yang akan diajarkan di jurusan ilmu social di  universitas Turki.

“Tujuan dari program ini adalah untuk menghasilkan pengetahuan, karena kita [dunia Muslim] harus memiliki narasi kita sendiri tentang penyebab Palestina dan Baitul Maqdis pada khususnya,” katanya Prof. Dr. Abdul-Fattah El-Awaisi, Kepala Program Studi Ilmu-Ilmu  Sosial Universitas Ankara (ASBU), kutip Anadolu Agency.

El-Awaisi, yang berasal dari sebuah desa dekat Yerusalem, mengatakan program itu bertujuan untuk menghasilkan sarjana muda yang mengkhususkan diri dalam studi Al-Quds (Baitul Maqdis).

“Program master ini tidak hanya yang pertama untuk universitas Turki, tetapi untuk seluruh dunia Muslim,” katanya lagi.

Program multidisipliner, kata El-Awaisi menjelaskan, juga akan fokus pada hubungan internasional, “karena Anda tidak dapat memahami hubungan internasional dan ilmu politik tanpa latar belakang sejarah yang baik”.

Baca: ISA (Indonesia) Jalin Kerja Sama dengan ISRA dalam Riset Baitul Maqdis

Arsip Ottoman

Memperhatikan bahwa universitas yang baru-baru ini telah mendirikan Pusat Penelitian Al-Quds, al-El-Awaisi menekankan pentingnya memiliki akses ke arsip Era Utsmaniyah (Ottoman) dalam bidang studi khusus ini.

“Ini merupakan keuntungan besar bagi siswa kami untuk dapat mengakses arsip Utsmaniyah (Ottoman),” katanya.

“Arsip merupakan sumber yang sangat kaya, terutama dalam hal sejarah Ottoman dan kontribusi Ottoman ke Baitul Maqdis,” tambahnya.

“Sejak kota menghabiskan 400 tahun di bawah kekuasaan Ottoman, Turki adalah tempat yang ideal untuk mempelajari sejarah dan pengaruhnya,” kata profesor itu.

“Program ini mendorong mahasiswa pascasarjana untuk mengambil spesialisasi dalam bidang penyelidikan yang dibutuhkan tepat waktu ini, untuk mendidik dan menghasilkan generasi sarjana berikutnya dalam Studi Baitul Maqdis yang akan menghasilkan penelitian progresif di lapangan. Ini akan memberikan siswa landasan teori, konseptual dan historis yang kuat agar dapat lebih memahami dan menafsirkan perkembangan saat ini di wilayah tersebut,” ujar El Awaisi dikutip yenisafak.

Menurut yenisafak, total kredit untuk program master adalah 120 ECTS. Semua kursus dihitung untuk 7,5 kredit ECTS dan master tesis dihitung untuk 60 kredit ECTS. Siswa diminta untuk mendapatkan 60 kredit ECTS selama dua semester pertama, yang berarti bahwa selain dari 3 program wajib siswa harus mendaftar di 5 program elektif.

Untuk informasi lebih lanjut tentang sistem penilaian lokal dan kalender akademik dan persyaratan masuk, silakan lihat tautan: https://www.asbu.edu.tr/en/aka

Baca: Profesor Abd al-Fattah El-Awasi Terima “Anugerah Sains Dunia Islam’

Jerusalem sekarang

Mengenai peristiwa terkini yang berkaitan dengan keputusan Presiden George dan Presiden AS Donald Trump untuk mengakui kota itu sebagai Ibu Kota Israel, El-Awaisi mengatakan: “Kondisi lemah dunia Palestina, Arab dan Islam memberi Trump kesempatan emas untuk mengadopsi keputusan ini”.

“Sayangnya, kami telah mencapai tahap, bahkan  di mana Anda tidak dapat memasuki Masjid Al-Aqsa untuk shalat tanpa mendapatkan izin dari  tentara Israel,” tambahnya.

Yerusalem (Baitul Maqdis) tetap menjadi jantung konflik Timur Tengah, dengan Palestina berharap bahwa Yerusalem Timur yang dijajah (diduduki) akhirnya bisa berfungsi sebagai ibu kota negara Palestina merdeka.

Hukum internasional memandang Tepi Barat dan Yerusalem Timur sebagai “wilayah penjajahan” dan menganggap semua konstruksi pemukiman Yahudi di sana sebagai hal ilegal.

Kota Baitul Maqdis, yang juga diterjemahkan “Al Quds “, merujuk kepada Kota Suci Baitul Maqdis dan keberadaan Masjid al-Aqsha.*

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !