Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Palestina Terkini

‘Israel’ Resmikan Pusat Kebudayaan Yahudi dan Mengusir Keluarga Palestina

Bagikan:

Hidayatullah.com—Penjajah ‘Israel’ hari Rabu menandai peluncuran Pusat Warisan Budaya Yahudi baru di Yerusalem (Baitul Maqdis),  dimana keluarga Palestina dipaksa keluar dari gedung yang akan menjadi pusat peninggalan tersebut.

Pusat Warisan Kebudayaan Yahudi akan menelan biaya lebih dari $ 1 juta, ditempatkan di bangunan yang diklaim pihak ‘Israel’ sebagai sinagog tua Yaman, bersebelahan dengan pusat  pemukiman ‘Israel’ di jantung Kota Silwan – Baitul Maqdis Timur, kutip Anadolu Agency.

Pihak ‘Israel’ mengklaim bahwa imigran Yahudi dari Yaman mendirikan sinagog tesebut pada tahun 1881 dan meninggalkannya pasca peristiwa Revolusi Buraq, tahun 1929 dan selama Revolusi Besar Palestina tahun 1936-1939.

Baca: Zionis Gusur Sebagian Pemakaman Syuhada Palestina

Koran Haaretz, hari Ahad (29/07/2018) melaporkan untuk pembangunan hunian tersebut, Kementerian Yerusalem dan Warisan Kebudayaan ‘Israel’, mengalokasikan dana sebesar 3 juta syikal atau 821.000 dolar AS sementara Kementerian Kebudayaan ‘Israel’ sebesar 1,5 juta syikal atau 410.000 Dolar AS.

Sebuah upacara menandai peluncuran itu dihadiri oleh Menteri Urusan Jerusalem Ze’ev Elkin dan Menteri Kebudayaan Miri Regev. Mantan gubernur Arkansas dan A.S. calon presiden Mike Huckabee juga hadir.

Tahun 2015 silam,  pengadilan ‘Israel’ mengeluarkan keputusan mengusir keluarga Palestina yang tinggal di lokasi tersebut dengan paksa.

Baca: Israel Ancam Gusur TK Satu-satunya di Al-Quds

Keluarga Abu Nabani telah tinggal di sinagoga lama namun oleh bekerja sama dengan organisasi radikal Ateret Cohanim, kelompok yang bekerja untuk mendirikan mayoritas Yahudi di Kota Tua dan Baitul Maqdis (Yerusalem) Timur mengusirnya.

Organisasi HAM Palestina membantah klaim kelompok Yahudi itu, mereka menegaskan bahwa keluarga Palestina tersebut telah tinggal disana sebelum ‘Israel’ menduduki dan merampas tanah Palestina tahun 1948.

Organisasi ini memiliki rencana untuk membangun Kuil Sulaiman, dan dilaporkan berada di balik pembelian properti penting  di Palestina, yang bertujuan untuk mengukuhkan kehadiran Yahudi di Baitul Maqdis.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

salju di masjidil aqsha

Salju Selimuti Kompleks Masjidil Aqsha, Gaza Diterjang Ombak Ganas

Zionis_Israel Setujui Pembangunan 650 Pemukiman Baru di Al-Quds

Zionis_Israel Setujui Pembangunan 650 Pemukiman Baru di Al-Quds

Protes Meletus atas Pembunuhan Warga Palestina di ‘‘Israel’’ dalam Baku Tembak Polisi

Protes Meletus atas Pembunuhan Warga Palestina di ‘‘Israel’’ dalam Baku Tembak Polisi

Inilah Doa Wakil Kepala Biro Politik Hamas, Dr. Musa Abu Marzuq

Inilah Doa Wakil Kepala Biro Politik Hamas, Dr. Musa Abu Marzuq

Pertemuan Abbas dan Israel Dinilai Layanan Gratis Penjajah Zionis

Pertemuan Abbas dan Israel Dinilai Layanan Gratis Penjajah Zionis

Baca Juga

Berita Lainnya