Sabtu, 29 Januari 2022 / 25 Jumadil Akhir 1443 H

Palestina Terkini

Mengklaim Donor Terbesar, Nikki Haley Sebut Negara Islam Banyak Bicara Soal Palestina

Dubes AS untuk PBB, Nikki Haley
Bagikan:

Hidayatullah.com–Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB, Nikki Haley, menyombongkan negaranya sebagai donor terbesar untuk pengungsi Palestina sambil mengecam Negara-negara Arab dan Islam yang dianggapnya hanya banyak berbicara tentang pembelaannya terhadap Palestina, namun pelit  menumbang dana.

Beberapa negara dikecam diplomat Amerika ini di antaranya Mesir, Kuwait dan Uni Emirat Arab.

Selain ketiga negara itu, Haley juga menyebut berapa banyak yang diberikan oleh Aljazair, Tunisia, Pakistan, Oman, Iran dan Turki kepada badan bantuan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) yang benar-benar membantu para pengungsi tersebut.

Baca: 100 Juta Dollar Kembali Digelontorkan Qatar untuk Gazar

Menurutnya, Washington justru donor terbesar UNRWA, meski nilainya pada tahun ini dipangkas menjadi USD60 juta dari sebelumnya USD365 juta.

“Tidak ada kelompok negara yang lebih murah hati dengan kata-kata mereka daripada tetangga Arab Palestina, dan negara-negara anggota OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) lainnya,” kata Haley pada pertemuan Dewan Keamanan PBB pada Selasa waktu New York, seperti dikutip Reuters, Rabu (25/7/2018).

“Tetapi semua kata yang diucapkan di sini, di New York, tidak memberi makan, pakaian, atau mendidik satu anak Palestina. Yang mereka lakukan adalah membuat komunitas internasional gusar,” katanya.

Dia juga mengecam China dan Rusia karena bicara besar tentang perjuangan untuk Palestina. Namun, kata dia, kedua negara hanya menyediakan masing-masing USD350.000 dan USD2 juta untuk UNRWA pada tahun 2017.

“Sudah waktunya bagi negara-negara, khususnya regional, untuk meningkatkan dan benar-benar membantu rakyat Palestina, daripada hanya membuat pidato ribuan mil jauhnya,” kata Haley.

Baca: Turki akan Sumbang 10 Juta USD ke Palestina 

Haley menambahkan jika negara-negara Arab benar-benar peduli, maka mereka akan memberitahu para pemimpin Palestina “betapa bodohnya mereka karena mengutuk proposal perdamaian yang belum mereka lihat”.

Sementara itu, Duta Besar Palestina untuk PBB, Riyad Mansour mengatakan, komentar Haley itu telah menghina sekutu-sekutu AS “dengan cara yang arogan.”

Berdasarkan laporan kantor berita kemanusiaan, IRIN, UAE dan Kuwait, dua negara yang disebut oleh Haley tidak banyak berkontribusi untuk Palestina, justru berada di peringkat lima besar donor bantuan dengan sumbangan paling besar dengan perbandingan pendapatan nasional. Amerika Sendidi berada di peringkat 16 dalam laporan tersebut. *

 

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

ekstremis yahudi di palestina

Kerusuhan Pecah di Yerusalem Setelah Pawai Ekstremis Yahudi Anti-Palestina

Selama Penjajahan, Zionis Penjarakan 900 Ribu Rakyat Palestina

Selama Penjajahan, Zionis Penjarakan 900 Ribu Rakyat Palestina

Zionis-Yahudi akan Bangun Makam di  Atas al-Quds

Zionis-Yahudi akan Bangun Makam di Atas al-Quds

Menteri Perang Israel sebut Hamas Miliki Kemampuan Intelijen setingkat Negara

Menteri Perang Israel sebut Hamas Miliki Kemampuan Intelijen setingkat Negara

perjuangan

Penjajah Zionis Manipulasi Kurikulum Pendidikan di Al-Quds

Baca Juga

Berita Lainnya